February 11, 2023

Tidak Mau Kalah, Browser Opera Dikabarkan Bakal Integrasikan ChatGPT

Penulis: Iwan RS
Tidak Mau Kalah, Browser Opera Dikabarkan Bakal Integrasikan ChatGPT  

Mobitekno – Teknologi generative AI menjadi bahasan hangat saat ini setelah layanan chatbot ChatGPT yang dibuat oleh OpenAI mengalami lonjakan pengguna. Google bahkan tidak mau ketinggalan di bidang ini dengan mengumumkan pesaing ChatGPT bernama Bard yang bakal diintegrasikan di mesin pencarinya (search engine).

Microsoft yang menjadi salah satu investor utama proyek OpenAI juga sudah memastikan akan memuat fungsi cerdas ChatGPT pada search engine Bing miliknya. Di luar Amerika Serikat, perusahan China Baidu dan Alibaba juga menyatakan sedang mengembangkan chatbot AI cerdas sejenis.

Tidak mau ketinggalan, Opera yang kini berada di bawah naungan perusahaan Tiongkok, Kunlun Tech, juga mengungkapkan rencananya menggabungkan fungsionalitas ChatGPT pada produknya.

Meskipun belum diketahui apa saja produk apa yang dimaksud oleh mereka, namun beberapa rumor mengatakan bahwa produk tersebut adalah Opera browser.

Opera 01

Dibandingkan Google Chrome atau Microsoft Edge, jumlah pengguna browser Opera terbilang masih jauh lebih rendah. Menurut data Statcounter (Januari 2023), Opera menempati urutan keenam di pasar browser dunia dengan pangsa pasar 2.4%. Jauh di bawah browsr Chrome (65,4%) dan Edge (4,5%). Meski demikian, Opera tergolong memilki pengguna yang relatif loyal dan inovatif dalam menghadirkan fitur-fitur baru.

Mengenai bagaimana integrasi ChatGPT ke browser Opera masih belum diketahui dengan pasti dan belum diketahui juga apakah pihak Opera melakukan kesepakatan formal dengan pembuat ChatGPT, yaitu OpenAI.

Adapun chatbot ChatGPT masih tersedia gratis untuk siapa saja yang membuat akun di sana. Pengguna cukup menggunakan browser web dan koneksi internet untuk mengajukan pertanyaan kompleks chatbot dan siap menerima jawaban-jawaban cerdasnya darinya.

Selain pembuat browser, banyak pihak tertarik mengintegrasikan generative AI ala ChatGPT ke dalam produknya. Salah satu alasannya adalah membantu mereka menghilangkan ketergantungannya dari search engine Google unutk mencari informasi. Awal pekan ini, unduhan browser Bing melonjak karena banyak pengguna yang ingin menguji ChatGPT yang diklaim Microsoft lebih up-to-date dari layanan aslinya.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS