September 14, 2018

Yakin Browser Edge Sudah OK, Microsoft Ingatkan Pengguna yang Kedapatan Meng-Install Chrome atau Firefox

Penulis: Iwan RS
Yakin Browser Edge Sudah OK, Microsoft Ingatkan Pengguna yang Kedapatan Meng-Install Chrome atau Firefox  

Mobitekno – Penampakan notifikasi pop-up di build pengujian Windows 10 terbaru cukup mengundang perhatian banyak pihak. Notifikasi ini terjadi jika pengguna terdeteksi meng-install browser Chrome atau Firefox.

Notifiikasi tersebut mengingatkan pengguna bahwa Edge, browser andalan Microsoft, akan lebih aman dan cepat untuk digunakan berselancar di Windows 10 ketimbang kedua browser tersebut (Chrome atau Firefox).

Penampakan notifikasi atau peringatan ini terlihat pada update Windows 10 (Oktober 2018 ) oleh para penguji (tester) yang mencoba meng-install browser selain Edge. Untungnya, menurut beberapa sumber, peringatan ini diketahui hanya terjadi pada masa pengujian dan akan hilang (dihilangkan) pada versi final (final build) Windows Update Oktober 2018.

Sejujurnya, hal seperti ini bukan pertama kalinya dilakukan Microsoft pada sistem operasi andalannya ini. Update Windows 10 sebelumnya juga pernah menyisipkan notifikasi pop-up ke dalam taskbar Windows 10.

Notifikasinya saat itu bukan hanya mempromosikan browser Microsoft Edge tapi juga layanan cloud OneDrive ke pengguna Windows. Notifikasi sejenis juga pernah muncul dalam Windows Explorer untuk beberapa pengguna tertentu.

Penggunaan notifikasi pop-up yang langsung ditampilkan ke hadapan pengguna Windows 10 ini dapat dianggap sebagai ekses dari layanan update, perbaikan bug, keamanan, dan sejenisnya yang relatif cepat dirilis oleh Microsoft.

Semoga masukan atau input dari para beta tester Microsoft ke depan dapat sedikit ‘mengerem’ Microsoft agar tidak terlalu agresif mempromosikan berbagai aplikasi atau solusinya.

Tags: , , , , ,


COMMENTS