October 16, 2015

Ulang Tahun Ke-19, XL Terus Berkomitmen Bangun Indonesia Lewat Telekomunikasi

Penulis: Eko Lannueardy
Ulang Tahun Ke-19, XL Terus Berkomitmen Bangun Indonesia Lewat Telekomunikasi  

MOBITEKNO – Bulan Oktober tahun ini, XL merayakan hari jadinya ke-19 tahun. Dirayakan penuh dengan kesederhanaan bersama mitra, pengguna dan media di Grha XL, Jakarta, (16/10) Dian Siswarini selaku Presiden Direktur XL menegaskan komitmennya untuk ikut membangun Indonesia melalui bidang telekomunikasi.

"Kami akan terus memperbesar kontribusi kepada masyarakat, baik melalui aktivitas bisnis, juga dengan berbagai program sosial langsung kepada berbagai komunitas di seluruh penjuru Tanah Air. Oleh karena itu, kami mohon dukungan seterusnya dari segenap elemen masyarakat, pemerintah pusat dan daerah, mitra, pelanggan dan juga media massa," ujar Dian.

Selama 19 tahun beroperasi, XL telah melakukan cukup banyak kontribusi membangun dan mengembangkan industri telekomunikasi Indonesia. Tercatat, XL menjadi pelopor untuk tarif murah layanan voice dan SMS. XL juga mempelopori konsolidasi industri telko dengan melakukan merger dan akuisisi AXIS.

Sejak akhir 2014, XL telah meluncurkan layanan 4G di Yogyakarta, Bogor dan Medan. Tahun ini, XL juga menjadi operator pertama yang melakukan komersialisasi layanan 4G LTE di Jawa dan Bali, tepatnya di Surabaya dan Denpasar. Sebelumnya, layanan serupa juga sudah bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat yang ada di Lombok.

"Untuk pengembangan layanan 4G LTE tentunya XL tidak main-main. Mulai pertengahan Oktober 2015, XL telah meluncurkan kartu Sim Card 4G REady yang bisa dibeli oleh pelanggan di mana saja. Dengan begitu, pelanggan baru tidak perlu lagi ribet untuk mengganti Sim Card di XL Center," ujar Dian.

Inovasi lainnya yang juga dikembangkan oleh XL adalah memperkenalkan layanan aplikasi digital yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat menengah ke bawah. Sebagai contoh layanan aplikasi digital yang belum lama ini diperkenalkan adalah mFish, XL Tunai dan Sisternet.

"Tak berhenti sampai di situ, XL juga mengembangkan sejumlah aplikasi inovatif bekerja sama dengan sejumlah pemerintah daerah. Setidaknya ada dua program inovatif yang sudah kami perkenalkan, yakni XmartCity dan XmartVillage. Program ini sengaja kami kembangkan untuk menjawab problem sosial yang dihadapi masyarakat kebanyakan," tambah Dian.

Layanan XL kini telah menjangkau sebagian besar populasi Indonesia. XL melayani masyarakat di 33 provinsi, dengan didukung oleh lebih dari 55 ribu BTS dan jaringan fober optik yang tersebar lebih dari 31 Km menghubungkan Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Sulawesi, dan Kalimantan.

"Tak hanya hadir di kota-kota besar di Indonesia, jaringan XL juga menjangkau daerah terpencil, perbatasan dan pulau-pulau terluar. Selain itu, jaringan XL juga tersambung dengan koneksi internasional melalui jaringan Axiata di Malaysia. Tercatat, hingga saat ini tidak kurang dari 270 ribu outlet XL hadir di tengah masyarakat Indonesia," tutup Dian.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS