October 16, 2015

Passenger Information System, Solusi IoT Racikan XL untuk Pantau Perjalanan Bis DAMRI

Penulis: Eko Lannueardy
Passenger Information System, Solusi IoT Racikan XL untuk Pantau Perjalanan Bis DAMRI  

MOBITEKNO – Di sela-sela perayaan ulang tahun ke-19, XL juga menandatangani kerjasama (MoU) dengan Perum DAMRI. Penadatanganan kerjasama yang dilakukan pada tanggal 16 Oktober 2015 ini dalam hal penyediaan sistem pemantau "Passenger Information System" yang akan digunakan bagi layanan transportasi publik yang digelar oleh DAMRI.

Dian Siswarini, Presiden Direktur XL menegaskan bahwa XL terus berusaha untuk jeli melihat permasalahan yang dihadapi masyarakat kebanyakan di berbagai sektor, salah satunya dalam hal transportasi publik. Harapannya, sistem baru ini bisa membantu meningkatkan kinerja DAMRI.

"Transportasi selalu menjadi kebutuhan yang mendasar bagi masyarakat Indonesia. Berbagai jenis transportasi yang hadir pun semakin beragam. Begitu juga tuntutan kualitas layanan dari pengguna yang semakin tinggi. XL melihat, ini sebagai potensi mengembangkan solusi berbasis IoT yang bisa dimanfaatkan oleh penyelenggara jasa angkutan publik, seperti DAMRI," ujar Dian.

Bagaiamana "Passenger Information System" ini bekerja? Dijelaskan oleh Agus S. Subrata, Direktur Utama Perum DAMRI bahwa sistem ini bermanfaat bagi penumpang, pengemudi dan DAMRI. Bagi penumpang, keberadaan sistem ini memungkinkan mereka mengetahui waktu kedatangan bis, mempermudah pembelian tiket dan memonitor anggota keluarga yang ada di dalam perjalanan.

"Bagi kami, sistem ini akan mempermudah memantau lokasi keberadaan armada bis, kondisi bis dan score card awak bis yang sedang beroperasi. Dengan begitu, kami bisa mengoptimalkan kegiatan operasional, meningkatkan pelayanan, dan sekaligus menurunkan biaya operasional," ujar Agus.

Untuk tahap awal, "Passenger Information System" ini akan diaplikasikan pada 260 armada bis jalur Bandara Soekarno Hatta yang menuju ke beberapa wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat. Tak hanya sistem transportasi untuk DAMRI, XL juga mengembangkan IoT lainnya, seperti PayPoint bersama PLN, YuBox, MCA 3G Access dan Aplikasi Sales Management.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS