September 29, 2015

XL Pay Point, Inovasi dari XL untuk Para UKM di Tanah Air

Penulis: Eko Lannueardy
XL Pay Point, Inovasi dari XL untuk Para UKM di Tanah Air  

MOBITEKNO – Melalui solusi IoT (Internet of Things), XL berkomitmen untuk selalu mendukung usaha-usaha yang memajukan perekonomian kecil dan menengah (UKM), serta koperasi. Terkait dengan hal itu, XL telah mengembangkan solusi inovatif yang di beri nama bernama XL Pay Point.

Direktur/Chief Digital Service Officer XL, Ongki Kurniawan lewat rilis yang dikirim ke Mobitekno menegaskan bahwa XL Pay Point akan sangat bermanfaat bagi para Penyedia Jasa Pembayaran Online (Payment Point Online Bank/PPOB). Layanan ini juga bisa menjadi solusi bagi para UKM dalam mempermudah transaksi penjualan dengan para pelanggannya.

"Saat ini, di beberapa kota kecil di Indonesia banyak para pelaku usaha kelas menengah atau UKM yang memanfaatkan transaksi elektronik menggunakan ponsel. Untuk itulah, solusi inovatif ini kami hadirkan dan harapannya bisa lebih mempermudah mereka dalam transaksi penjualan," ujar Ongky.

Solusi ini terdiri dari aplikasi, paket data XL dan perangkat Pay Point berupa mesin penjual otomatis mini vending machine. Alat ini bisa diletakkan di tempat-tempat strategis, yang mudah dijangkau oleh pelanggan atau pasar yang disasar pengusaha terkait.

XL Pay Point dapat dimanfaatkan antara lain untuk menjual jasa dan barang, seperti pengisian pulsa, dompet elektronik, kredit permainan dan pembelian Starter Pack. Tak hanya itu, XL Pay Point juga bisa dimanfaatkan untuk transaksi keuangan lainnya, seperti pembayaran cicilan pinjaman dan tagihan.

Para pelaku UKM bisa memanfaatkan solusi inovatif ini dengan sistem kontrak berlangganan selama setahun. Solusi ini ditawarkan secara bundling yang terdiri dari perangkat mesin elektrik, aplikasi transaksi yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan pelanggan serta layanan paket data XL.

Bertransaksi dengan XL Pay Point sangat mudah. Pembeli atau pelanggan UKM tinggal memasukkan sejumlah uang sesuai dengan ketentuan nominasi yang tertera di mesin. Selanjutnya, pelanggan memilih menu transaksi yang dikehendaki dari layar monitor dan kemudian secara otomatis XL Pay Point akan memproses transaksi tersebut.

Pengujian solusi XL Pay Point ini telah dilakukan di beberapa UKM penyedia jasa telekomunikasi (dealer) yang berlokasi di Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Hasil uji coba menunjukkan potensi besar dari mesin ini, sekaligus optimisme para pelaku UKM atas manfaat yang diterima.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS