April 7, 2015

Mengenal Michelin X Tweel, Ban Komersial Tanpa Angin

Penulis: Desmal Andi
Mengenal Michelin X Tweel, Ban Komersial Tanpa Angin  

MOBITEKNO – Setelah dikembangkan oleh para engineer Michelin, tahun lalu Michelin mulai memproduksi Michelin X Tweel, sebuah ban yang diperuntukan untuk kendaraan-kendaraan komersial. Apa istimewanya ban ini? Tidak seperti ban konvensional, Michelin X Tweel ternyata mampu beroperasi tanpa adanya angin di dalamnya. Lalu, bagaimana Michelin Tweel bekerja?

Michelin Tweel yang merupakan jenis ban radial tanpa udara memiliki kekuatan yang sama dengan ban konvensional, bahkan bisa lebih kuat. Ban ini memiliki beam yang fleksibel (Shear Beam). Untuk mengetahui apa itu Shear Beam, Anda bisa menyamakannya dengan beam jenis “I”. Beam ini dilengkapi lapisan baja di atas dan bawah. Bagian tengah disambung dengan karet. Apabila salah satu lapisan (atas atau bawah) mengalami gaya tarik yang besar, lapisan yang satunya akan bekerj sebaliknya. Akibat gaya ini, membuat struktur menjadi lebih kuat. Inilah yang terjadi pada lapisan atas (Shear Beam) pada Michelin X Tweel.

Lalu, bagaimana agar bisa digunakan dalam kendaraan? Shear Beam harus dihubungkan ke dalam sebuah hub yang rigid melalui jari-jari dari karet yang kuat tetapi fleksibel. Jika sebuah beban di aplikasikan ke dalam ban ini, hub akan menekan ke bawah dengan jari-jari sebagai penahan untuk Shear Beam sehingga dapat menimbulkan jejak yang besar seperti saat ban konvensional berputar di jalan. Hub menjadi poros ban untuk dipasangkan ke dalam kendaraan berat. Ban jenis ini, menurut Michelin, bisa menjadi solusi yang baik untuk kendaraan komersial dengan daya tahan yang lama dan minim pemeliharaan.

Tags: ,


COMMENTS