October 5, 2015

Ini Alasan Google Abaikan Fitur Wireless Charging di Nexus 5X dan Nexus 6P

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Ini Alasan Google Abaikan Fitur Wireless Charging di Nexus 5X dan Nexus 6P  

MOBITEKNO – Google telah menjelaskan berbagai fitur canggih dari smartphone Nexus terbarunya, LG Nexus 5X dan Huawei Nexus 6P. Berbagai fitur canggit tersebut diantaranya, seperti prosesor dan GPU yang lebih ‘gahar’, kualitas kamera lebih baik (12 MP, laser autofocus, pixel 1.55 µm), sistem operasi Android 6.0 terbaru, hingga adanya konektor bolak-balik USB Type-C 1.0.

Namun, ada satu fitur yang absen diusung kedua Nexus terbaru tesebut yang biasanya sudah ditawarkan pada smartphone flagship terbaru, yaitu teknologi pengisian baterai tanpa kabel (wireless charging). Google dengan pertimbangan tertentu akhirnya memutuskan mengabaikan fitur wireless charging pada LG Nexus 5X dan Huawei Nexus 6P yang akan hadir di pasar akhri bulan ini.

Terlepas dari suka atau tidaknya calon pengguna Nexus dengan absennya fitur wireless charging pada Nexus mendatang ini, Google punya argumen tersendiri. Meski wireless charging sebelumnya sudah diadopsi Nexus seri terdahulu (LG Nexus 4, LG Nexus 5, dan Motorola Nexus 6), hadirnya konektor USB USB Type-C dan fitur fast charging pada Nexus 5X dan 6P membuat Google memutuskan untuk mengabaikan fitur wireless charging.

Hiroshi Lockheimer dari tim Google Nexus menjelaskan, “Kami menambahkan Qi wireless charging sejak N4 (Nexus 4) karena tidak mudah mencolok (kabel) pada USB micro-B! Pada Nexii (redaksi: Nexus) tahun ini, kami mendukung USB Type-C dengan konektor bolak-balik yang mudah”.

“Proses charging juga cepat: 1% hingga 100% dalam 97 menit pada 6P misalnya (sekitar 45 menit pertama bahkan berlangsung singkat). Selain itu, wireless charging juga menambah faktor z (ketebalan). Jadi, faktor kemudahan mencolok, fast charging, dan ketebalan membuat kami condong ke USB Type-C ketimbang wireless!”, tambah Hiroshi.

Penjelasan Hiroshi ini menunjukkan kompromi Google pada faktor yang dianggapnya penting pada perangkat Nexus, seperti juga aturan yang diterapkan pada sistemnya yang sebisa mungkin tidak “tercemar” oleh modifikasi produsen atau operator.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS