October 5, 2015

Tahun 2020 Jepang Punya Armada Taksi Tanpa Awak

Penulis: Eko Lannueardy
Tahun 2020 Jepang Punya Armada Taksi Tanpa Awak  

MOBITEKNO – Tak perlu kaget ketika Anda berwisata ke Jepang dan berkendara dengan taksi, namun yang mengoperasikannya adalah robot. Ya, pemerintah Jepan ingin membbuat sebuah gebrakan dengan memanfaatkan teknologi robot ke dalam sebuah kendaraan yang akan dijadikan armada taksi. Masih dalam tahap ujicoba, mereka menamakannya Robot Taxi.

Nantinya, Jepang siap menghadirkan taksi tanpa awak dan ujicoba Robot Taxi ini akan segera mereka jalankan pada tahun depan. Kanagawa sebuah kota kecil yang terletak di selatan Tokyo akan menjadi lokasi pertama yang diberi kesempatan untuk ujicoba Robot Taxi tersebut.

Nantinya, Robot Taxi diminta mengantar orang-orang yang ada di kota itu, terutama para lansia yang ingin bepergian ke sejumlah lokasi. Untuk pengoperasiannya, mobil ini akan berkeliling sejauh tiga kilometer dan dalam tahap ujicoba, tetap ada pengemudi sebagai pendamping di jalanan utama.

Tak hanya di Kanagawa, Robot Taxi juga nantinya akan diujicoba di banyak lokasi di Jepang. Jika tak ada kendala, rencananya angkutan umum ini bakal beroperasi penuh untuk mengangkut lebih banyak orang. Tak berhenti sampai di situ, pemerintah Jepang juga memiliki agenda bahwa Robot Taxi ini bakal hadir secara komersil di tahun 2020 untuk tujuan wisata.

 

Sumber: Engadget

 

 

Tags: , ,


COMMENTS