October 21, 2019

Perluas Ekosistem, LinkAja Sudah Mendukung Pembayaran Retribusi Pasar di Yogyakarta

Penulis: Iwan RS
Perluas Ekosistem, LinkAja Sudah Mendukung Pembayaran Retribusi Pasar di Yogyakarta  

Mobitekno – Layanan dompet digital (QR Code) LinkAja yang merupakan kolaborasi beberapa BUMN (Bank Mandiri, BRI, dan BNI, Telkom/Telkomsel, BTN, dan Pertamina) terus melebarkan sayap bisnisnya sejak diresmikan awal tahun ini.

Kali ini LinkAja lewat rilis resmi menyatakan telah hadir di kota Yogyakarta, khususnya untuk melakukan transasksi pembayaran retribusi pasar di Kota Yogyakarta.

Dengan mengggandeng pemerintah Kota Yogyakarta yang ditandai dengan penandatanganan MoU tentang Peningkatan Kinerja Perekonomian Daerah Melalui Inovasi Teknologi Digital, LinkAja diharapkan dapat mendorong pembangunan daerah, termasuk mendukung peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

Arman Hazairin, Direktur Teknik LinkAja, mengatakan bahwa kerja sama strategis ini antara lain bertujuan untuk meningkatkan PAD, khususnya sektor retribusi pelayanan pasar, meningkatkan kualitas pelayanan kepada pedagang pasar dengan memberikan kemudahan pembayaran retribusi, dan menyediakan alternatif pembayaran bagi para pedagang pasar dalam memenuhi kepatuhan dalam membayar retribusi.

Selain bermanfaat dalam peningkatan PAD, implementasi digitalisasi, seperti LinkAja juga membantu peningkatan literasi keuangan digital para pedagang pasar. Jadi, LinkAja sekaligus dapat memperluas ekosistem nontunai dalam rangka mewujudkan target keuangan inklusif sebesar 90 persen pada tahun 2023.

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini dihadiri oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Direktur Teknik LinkAja Arman Hazairin, dan Kepala Disperindag Yogyakarta Yunianto Dwisutono, yang mewakili Pemerintah Kota Yogyakarta untuk menandatangani perjanjian ini.

Tamu VIP juga memiliki kesempatan khusus untuk menjadi bagian dari pengalaman bertransaksi menggunakan LinkAja, mulai dari transaksi secara digital di Pasar Beringharjo dan juga transaksi digital di toko tradisional yang juga merupakan agen BNI 46.

Terdapat experience booth LinkAja dengan fasilitas top-up saldo, yang memungkinkan pengunjung merasakan pengalaman bertransaksi nontunai secara langsung di berbagai booth yang ada di tempat berlangsungnya acara.

LinkAka akan terus melakukan kemitraan dengan berbagai pihak. Komitmen LinkAja dalam digitalisasi daerah di seluruh Indonesia akan terus dilakukan secara progresif. Menurut Arman, masih banyak potensi yang dapat digarap dari ekosistem pasar khususnya, dan kota Yogyakarta secara umum, yaitu konversi transaksi tunai menjadi nontunai pada semua pedagang pasar.

Tags: , , , ,


COMMENTS