July 10, 2019

Kembangkan Usaha Rintisan Emak-emak, Mapan Perluas Kategori di Aplikasinya

Penulis: Rizki Romdoni
Kembangkan Usaha Rintisan Emak-emak, Mapan Perluas Kategori di Aplikasinya  

Mobitekno – Inovasi teknologi berbasis komunitas merupakan kunci penting dalam mengembangkan layanan yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Sebagaimana upaya yang dilakukan Mapan, platform android yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat Indonesia, baru-baru ini menggelar acara bersama komunitas Arisan Mapan di gedung Smesco, Jakarta.

Berdasarkan data internal Mapan, saat ini pengguna aplikasi Arisan Mapan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, akan tetapi juga membeli peralatan untuk mendukung usaha rumahan yang mereka rintis.

“Kami melihat anggota arisan berpotensi untuk meningkatkan keterampilan dan mengembangkan usaha. Kami melihat adanya kemauan yang keras dari anggota kami untuk bisa semakin mandiri,” terang Hendra Tjanaka, Chief Executive Officer Mapan kepada awak media, Minggu (7/7).

Selain menyediakan peralatan pendukung usaha yang semakin beragam, Mapan juga berkomitmen bersama dengan sejumlah partner dari berbagai industri untuk memfasilitasi para anggota yang ingin membuka usaha dengan rangkaian kegiatan, salah satunya melalui program pelatihan agar mereka bisa mengasah keterampilan untuk mengembangkan usahanya.

Hendra menambahkan bahwa saat ini Arisan Mapan memiliki 2 kategori besar untuk mengembangkan usaha rintisan ’emak-emak’, yaitu Memasak dan Menjahit. Tetapi, kategori Kecantikan juga turut menyumbang porsi yang cukup besar didalamnya. Maka dari itu, Mapan akan fokus juga ke kategori Kecantikan.

“Saat ini kami menargetkan semua level keluarga. Menengah ke bawah juga bisa mengakses Mapan. Kita bersama-sama merencanakan keuangan kita,” jelasnya.

Gelaran Arisan Mapan

Setelah sebelumnya sukses digelar pada Januari 2019 dan dihadiri oleh ribuan masyarakat dari berbagai daerah, Gelar Arisan MAPAN kembali menyapa masyarakat untuk mengenal komunitas Arisan MAPAN lebih dekat dan bertemu dengan setiap bagian dari ekosistem MAPAN secara langsung. Acara yang digelar pada tanggal 7 Juli 2019 di Gedung Smesco ini mempertemukan ribuan rekan usaha dan anggota masyarakat umum, UMKM, dan supplier, untuk bersama-sama berbagi ilmu dan informasi mengenai barang Arisan MAPAN, talkshow inspiratif, workshop keterampilan hingga cara memulai usaha guna memajukan perekonomian mikro.

Salah satu usaha mikro dan menengah yang sukses tumbuh bersama MAPAN sejak 2015 adalah komunitas konveksi asal Soreang yang berkembang menjadi usaha dengan omset lebih dari Rp 5 miliar dalam 1 tahunnya. Dengan jaringan anggota yang luas, MAPAN ingin membantu partner UMKM di dalam ekosistemnya dalam melakukan promosi dan pemasaran produk berkualitas dengan harga yang terjangkau.

MAPAN berkomitmen untuk terus berinovasi guna menyejahterakan masyarakat Indonesia melalui teknologi. Sehingga, kedepannya masyarakat bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan mudah, aman, dan terjangkau, serta bisa mendapatkan penghasilan tambahan di saat yang bersamaan.

“Mimpi kami adalah mendorong semakin banyak anggota arisan untuk bisa juga menjadi rekan usaha hingga pada akhirnya bisa berkontribusi menjadi salah satu pemasok kebutuhan untuk anggota lainnya,” tutup Hendra.

Tags: , , , , ,


COMMENTS