May 21, 2018

Epson EB-1795F: Proyektor Ultra Portabel yang Fleksibel, Ramah Pengguna, dan Sarat Fitur

Penulis: Iwan RS
Epson EB-1795F: Proyektor Ultra Portabel yang Fleksibel, Ramah Pengguna, dan Sarat Fitur  

Mobitekno – Epson EB-1795F sudah diakui sebagai proyektor ringkas dan ringan yang ideal untuk mendukung berbagai kebutuhan pelaku bisnis dalam melakukan aktivitas presentasi pada berbagai situasi dan kondisi.

Selain ringan dan ringkas (1,83 kg, ketebalan 44 mm) sehingga mudah dibawa pengguna ke masa saja, Epson pun tidak mau berkompromi dengan aspek lainnya, yaitu fleksibilitas, kemudahan pengoperasian (pemakaian), dan fitur (fasilitias) yang diusungnya.

Tidak mudah memang untuk menggabungkan semua aspek tersebut dalam sebuah proyektor yang hanya seukuran notebopok 12 inci atau kertas A4. Realitasnya, teknisi Epson cukup sukses mewujudkannya dalam sebuah proyektor Epson EB-1795F.

Bukan hanya mengusung proyeksi output gambar berkualitas yang superior, proyektor ultra portabel berteknologi 3LCD (3-Chip Technology) ini juga menyediakan pilihan koneksi yang ‘tanpa batas’ atau singkatnya semua jenis koneksi tersedia. Menarik bukan?

Semuanya ini dihadirkan Epson untuk menjawab kebutuhan pengguna, Apa saja? Ayo kita simak berikut ini:

Epson EB-1795F datang dengan banyaknya pilihan konektivitas yang terlihat dari banyaknya jenis port yang ada di sisi belakang Epson EB-1795F.

Pertama adalah port video input berwarna kuning (composite RCA), port VGA berwarna biru (analog RGB input, D-Sub 15Pin) untuk menghubungkan proyektor ke PC atau notebook lama.

Selanjutnya, ada port USB Type-A (untuk USB flash drive, USB Document Camera, Wireless LAN Firmware Update), dan port USB Type-B (untuk USB Display, Mouse, KB, Control, Firmware Update). Terakhir adalah port HDMI dan audio jack 3,5 mm yang berada di sisi paling kanan. Sementara posisi paling kiri terdapat port untuk kabel sumber listrik.

Port HDMI pada Epson EB-1795F kini telah mendukung standar MHL (Mobile High-Definition Link). Ini berarti proyektor ini sudah dapat dihubungkan ke perangkat mobile, seperti smartphone/phablet/tablet yang kompatibel dengan standar MHL. Dengan koneksi kabel MHL ke port HDMI proyektor, tampilan layar mobile device dapat diproyeksikan oleh proyektor sekaligus mengisi kembali daya listriknya.

Epson EB-1795F 06 port

Selain koneksi kabel melalui beragam port, Epson EB-1795F juga mendukung koneksi wireless Wi-Fi, Miracast, dan aplikasi iProjection yang berbasis NFC. Aplikasi iProjection (iOS, Android) untuk menghubungkan perangkat mobile (smartphone) ke proyektor dapat diaktifkan dengan hanya mendekatkan perangkat ke sisi atas proyektor (via metode NFC connectivitiy). Selain transfer data/file, aplikasi iProjection juga menyediakan fungsi remote kontrol proyektor.

Adapun koneksi nirkabel Micracast yang memungkinkan ‘Wireless Mirroring Projection’ berkualitas Full HD. Fitur ini berguna untuk menampilkan presentasi yang ada pada layar smartphone, laptop, atau mobile device lainnya untuk ditampilkan melalui proyektor secara nirkabel dan secara instan

‘Wireless Mirroring Projection’ ini dilakukan tanpa ada koneksi kabel satu pun, termasuk tanpa instalasi software tambahan. Jadi, pengguna dapat lebih mudah dan nyaman melakukan presentasi tanpa harus repot-repot mengatur kabel ke proyektor.

Epson EB-1795F 10 iProjection

Bukan hanya konektivitasnya yang melimpah, Epson EB-1795F juga juga sarat dengan fitur untuk membantu pengguna saat melakukan set-up dan konfigurasi proyektor. Misalnya fitur Auto Keystone Correction’ yang dapat digunakan untuk mengoreksi dan menyesuaikan hasil proyeksi agar gambar tampil akurat dan tepat, baik sisi vertikal dan horizontalnya. Hebatnya, Epson EB-1795F melakukan koreksi vertical/horizontal keystone ini secara otomatis dan real time hanya dalam hitung detik.

Untuk penyesuaian lebih lanjut, Fitur tambahan lainnya yaitu “Quick Corner’ dapat digunakan agar presentasi tampil lebih optimal. Ini berarti, hasil proyeksi maksimum dapat dilakukan pengguna tanpa harus khawatir rasio aspek (aspect ratio) gambarnya berubah.

Bagi Anda yang ingin menampilkan dua presentasi sekaligus (berdampingan/side by side) dalam satu layar proyeksi juga bukan bagi proyektor serbabisa ini. Dengan fitur ‘Split screen’, pengguna dapat menggunakan input dari dua perangkat sumber berbeda untuk ditampilkan sekaligus secara berdampingan di layar. Misalnya diaplikasikan untuk video conference.

Epson EB-1795F 09 split screen

Fitur lainnya yang tidak kalah berguna adalah ‘Gesture Presenter’. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengontrol presentasi melalui sentuhan pada layar proyeksi (di bagian kanan bawah layar). Fitur ini berguna mengurangi penggunaan perangkat clicker saat pengguna melakukan presentasi.

Masih banyak fitur lain yang diusung proyektor Epson EB-1795F ini. Misalnya fitur Home Screen (akses cepat ke fungsi-fungsi penting atau paling sering digunakan), Auto Power On (saat sinyal proyeksi terdeteksi), dan Auto Source Search (deteksi sumber input secara otomatis). Semuanya bertujuan memudahkan berbagai kebutuhan pengguna, khususnya pelaku bisnis saat melakukan presentasi di mana saja dan kapan sana. Tidak ada kata kata lain yang dapat menggambarkan proyektor ini selain “Canggih, Mudah dan Keren!”

Epson EB-1795F 05 fitur

Tags: , , , , , ,

  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    5
    Shares

COMMENTS