September 17, 2018

Epson Rilis Jajaran Proyektor Laser 3LCD Terkecil dan Teringan

Penulis: Karyo | Editor: Rizki Romdoni
Epson Rilis Jajaran Proyektor Laser 3LCD Terkecil dan Teringan  

Mobitekno – Kebutuhan proyektor yang memiliki tingkat kecerahan tinggi saat ini semakin meningkat. Pasalnya saat ini model dan desain ruangan kantor semakin mengarah pada konsep ruangan bangunan green bulding. Konsep bangunan dan ruangan kantor ini cenderung lebih terbuka dan lebih terang. Sehingga saat menggunakan proyektor tentu membutuhkan proyektor yang mempunyai teknologi kecerahan yang lebih tinggi, agar tampilan layarnya lebih jelas nampak.

Melihat peluang tersebut, EPSON merilis produk proyektor terbarunya EB L510U, EB L610U dan EB-L610W dengan teknologi laser 3LCD proyektor ini. Teknologi ini dapat memberikan gambar yang lebih hidup dengan  resolusi WUXGA dan dengan tingkat kecerahan hingga  6.000 lumens untuk seri EB-L610W dan EB-L610U dan 5.000 lumens untuk model EB-L510.

Dengan tingkat kecerahan sebesar itu, menurut Head of Product Marketing Visual Instrument Department PT Epson Indonesia, Zanipar Siadari, gambar yang dihasilkan proyektor terbaru tersebut akan tetap jelas meski ditempatkan di ruangan terbuka atau ruangan yang sangat terang sekalipun.

“Proyektor ini dapat memberikan tingkat kecerahan dan output cahaya warna yang lebih tinggi, sehingga  dapat menyajikan  kualitas gambar yang luar biasa untuk presentasi,” kata Zanipar saat presentasi produknya di Jakarta, Jumat (14/9).

Lebih lanjut, Zanipar menjelaskan bahwa produk dengan tingkat kecerahan (Brightness) 6000 lm biasanya memiliki bentuk fisik yang besar dengan bobot yang lebih besar pula. Namun EB L510U, EB L610U dan EB-L610W memiliki dimensi kecil dan bobot yang lebih ringan. Oleh karenanya, produk ini diklaim sebagai proyektor laser 3LCD yang terkecil dan teringan dengan bobot 8.5kg.

Beberapa keunggulan lain dari proyektor terbaru ini diantaranya adalah didukung oleh sumber cahaya laser.  Seri EB-L600 menawarkan umur jam lampu yang sangat panjang hingga 20.000 jam dalam mode normal, dan 30.000 jam dalam mode tambahan tanpa perlu pemeliharaan.

Sehingga hal itu dapat menghemat biaya yang signifikan bagi pengguna. Terlebih lagi, papar Zanipar, produk terbaru ini memiliki harga yang jauh lebih murah dibanding dengan produk sebelumya yang sekelas. Seri EB-L610U dibanderol Rp70 juta, EB-L610W Rp65 juta, dan EB-L510U seharga Rp55 juta. Sementara produk terdahulunya dibanderol dengan harga hingga Rp200 juta.

Oleh karena itu lanjut Zanipar, proyektor ini hadir untuk menjawab kebutuhan perusahaan dan pendidikan. “Dunia pendidikan tinggi saat ini proses belarnya sudah mengarah pada kelas teater, sehingga produk ini juga dapat menyasar untuk dunia pendidikan tinggi,” ujar Zanipar.

Keunggulan lainnya menurut Zanipar, proyektor berbasis teknologi laser ini juga diklaim memiliki kemudahan dalam pemasangan dan penggunaannya. Didukung dengan posisi center  lensa , proyektor ini mampu diposisikan hingga 360 derajat, sehingga sangat memudahkan penempatannya.

Terlebih lagi lanjutnya, produk barunya tersebut diklaim mampu menghadirkan hasil proyeksi hingga 500 inci.tersebut  Proyektor tersebut mendukung berbagai pergeseran lensa optik dan rentang lebar 1,6 kali, dengan rasio tembak yang lebih luas 1,35 hingga 2,20 dibandingkan dengan proyektor lainnya.

“Proyektor ini memiliki resolisi yang tinggi. EB-L610W dengan resolusi 1280 x 800 piksel sedangkan EB-L610U 1920 x 1200 piksel,” tambahnya.  Dengan resolusi tersebut menurutnya, hasil gambar yang ditampilkan terlihat tajam. Selain itu, warna yang dihasilkan sangat terang dan tidak ada gangguan rainbow effect karena menggunakan teknologi LCD.

Selain itu, Seri EB-L600 kompatibel dengan berbagai perangkat eksternal, dan port tambahan termasuk HDMI dan HDBaseT yang dapat membantu menurunkan total biaya pemasangan. Ideal untuk tempat yang lebih besar, konektivitas HDBaseT memungkinkan transmisi video Full HD, audio, dan Ethernet.

EB-L610U menyediakan pencerminan layar dengan transmisi nirkabel video full HD dari telepon genggam dan laptop yang kompatibel, tanpa perlu menginstal perangkat lunak apa pun, menghadirkan kemudahan dan kenyamanan dalam pengaturan.

Sementara itu, produk ini memiliki fitur layar terpisah yang memungkinkan input dari dua sumber yang berbeda untuk ditampilkan berdampingan pada layar yang sama, yang dapat digunakan dalam video konferensi sehingga konten dan peserta dapat  diproyeksikan secara bersamaan.

Dengan aplikasi iProjection, pengguna juga dapat dengan mudah berbagi dan mengirimkan gambar, teks dan file dari telepon genggam dan laptop secara nirkabel. Fungsi kode QR baru memungkinkan koneksi yang mudah dengan memindai kode QR yang diproyeksikan. Fungsi remote control juga dibangun ke dalam iProjection untuk mengontrol fungsi proyektor.

Tags: , , , , ,

  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

COMMENTS