October 9, 2018

Buang Label 802.11, Penamaan Standar Wi-Fi akan Lebih Mudah Dipahami

Penulis: Iwan RS
Buang Label 802.11, Penamaan Standar Wi-Fi akan Lebih Mudah Dipahami  

Mobitekno – Mungkin Anda termasuk salah satu yang susah menghafal sistem penamaan (nomenklatur) standar Wi-Fi yang selalu menggunakan susunan angka 802.11.

Wi-Fi Alliance, konsorsium yang bertanggung jawab mengatur berbagai hal seputar teknologi Wi-Fi, akhirnya memutuskan untuk menyederhanakan nomenklatur Wi-Fi dengan membuang 802.11 agar lebih mudah diingat oleh konsumen.

Nantinya, Wi-Fi Alliance akan memberikan penamaan standar teknologi Wi-Fi dengan sistem angka/nomor yang lebih sederhana. Misalnya standar Wi-Fi 802.11n dan 802.22ac berturut-turut akan diberi nama baru menjadi Wi-Fi 4 dan Wi-Fi 5.

Adapun standar Wi-Fi mendatang, 802.11ax akan dinamakan Wi-Fi 6. Khsus untuk penamaan standar Wi-Fi generasi sebelumnya (Wi-Fi 1, 2, dan 3), Wi-Fi Alliance tidak akan merincinya lebih lanjut mengingat standar Wi-Fi tersebut akan ditinggalkan konsumen.

Wi-Fi new nomenclature

Sistem nomenklatr Wi-Fi baru ini diharapkan membantu konsumen membedakan standar Wi-Fi yang lebih baru atau lebih canggih, tanpa harus melihat spesifikasi dan dokumentasi teknis lebih lanjut.

Misalnya, standar Wi-Fi 6 tentunya dapat diketahui konsumen akan lebih baik spesifikasinya dari Wi-Fi 5, dan seterusnya.

Sebagai informasi, Wi-Fi 1 akan menjadi nama baru Wi-Fi 802.11b (1999), sementara Wi-Fi 2 menggantikan nama 802.11a (1999), dan Wi-Fi 3 mengganti Wi-Fi 802.11g (2003). Lebih mudah bukan?

Wi-Fi Alliance juga berencana nomenklatur standar Wi-Fi akan lebih intuitif lagi bagi konsumen dengan mengajak berbagai para produsen perangkat Wi-Fi untuk mendukung sistem baru ini.

Misalnya dengan menampilkan standar Wi-Fi (menampilkan angka numerik) pada interface device pengguna (ponsel, notebook, tablet) saat terhubung ke perangkat Wi-Fi mereka (vendor produk).

Tags: , , , , , , ,

  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

COMMENTS