October 2, 2018

Dua iPhone Terbaru Bukan Hanya Bermasalah pada Proses Charging. Apa Lagi?

Penulis: Iwan RS
Dua iPhone Terbaru Bukan Hanya Bermasalah pada Proses Charging. Apa Lagi?  

Mobitekno – Beberapa hari ini para pengguna pengguna ada yang mengeluhkan iPhone terbaru Max tidak melakukan proses charging otomatis saat diisi menggunakan charger. Dari laporan awal, masalah ini umumnya terjadi pada iPhone Xs (5,8 inci) dan Xs Max (6,5 inci). Laporan berikutnya, mengindikasikan adanya masalah yang sama pada iPad dan iPhone versi sebelumnya.

Problem charging yang tidak otomatis ini menimbulkan kecurigaan masalahnya berawal dari update iOS 12 terbaru. Disini dijalaskan, beberapa model iPhone tersebut tidak melakuakn charging otomatis saat dihubungkan ke charger sebelum layar iPhone diaktifkan kembali (woken from sleep).

Ada juga kasus lainnya, selain harus mengaktifkan (membuka) layar, pengguna juga harus mencabut, lalu mencolok kabel charger kembali ke Lighting port agar proses charging dimulai/aktif.

Beberapa laporan bahkan menunjukkan masalah ‘ngambek’ charging otomatis ini juga terjadi melalui proses wireless charging (di atas Qi charging pad).

Agar Anda dapat memahami permasalahan charging iPhone ini, ada baiknya menyimak video penjelasan dari UnboxTherapy di bawah ini.

Menurut 9to5Mac, beberapa pihak menyalahkan fitur ‘USB Restricted Mode’ sebagai biang keladinya. Menurut mereka, fitur sekuriti untuk mencegah data ini tidak seharusnya diaktifkan saat iPhone dihubungkan (plug-in) dengan charger.

Kecurigaan ini cukup masuk di akal. Namun, jika masalahnya hanya menyangkut software (masalah iOS 12), seharusnya masalah terjadi pada semua iPhone baru dan dan bukan hanya pada beberapa/sebagian iPhone. Kecuali, iPhone yang tidak terkena dampak tersebut telah dinonaktifkan fitur keamanannya (USB Restricted Mode nonaktif).

Sebelum Apple memberikan jawaban, solusi temporer bagi pengguna iPhone yang terdampak adalah membuka/menghidupkan layar sebelum menghubungkannya dengan kabel charger.

Selain masalah charging, beberapa pengguna juga mengeluhkan lemahnya sinyal Wi-Fi dan seluler sehingga menyebabkan menurunnya kualitas voice call dan kecepatan data iPhone. Keluhan ini diketahui saat pengguna membandingkan iPhone Xs/Xs Max dengan iphone sebelumnya (iPhone 8 dan iPhone X).

Keluhan ini sedikit berbeda dari hasil pengujian PCMag dan Cellular Insights yang membandingkan performa modem LTE pada iPhone Xs dan iPhone X. Seperti diketahui, iPhone Xs menggunakan modem Intel terbaru, Intel XMM7560, dan tidak lagi menggnakan modem LTE dari Qualcomm.

Pada pengujian ini juga diketahui jika performa modem LTE Intel XMM7560 terbaruy pada iPhone Xs/Xs Max masih tetap di bawah kemampuan modem Qualcomm X20 yang digunakan Galaxy Note 9.

Tags: , , , , ,

  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

COMMENTS