May 31, 2017

Bantu Operator, Nokia Luncurkan Jajaran Software untuk Tingkatkan Layanan Pelanggan

Penulis: Desmal Andi
Bantu Operator, Nokia Luncurkan Jajaran Software untuk Tingkatkan Layanan Pelanggan  

MOBITEKNO – Roda bisnis di operator sangat bergantung dengan para pelanggannya. Oleh sebab itu, layanan ke pelanggan selalu menjadi prioritas utama bagi operator di beberapa negara. Nokia mengerti akan hal itu sehingga belum lama ini merilis jajaran software baru yang dapat meningkatkan layanan pelanggan secara digital serta dapat menciptakan sumber pendapatan baru untuk operator.

Salah satu software yang dirilis adalah Nokia Autonomous Customer Care yang sudah ditunjang dengan bots layanan interaktif dengan machine learning. Dengan software ini, operator dapat memprediksi dan menyelesaikan masalah di layanan perumahan hingga 70 persen lebih cepat.

Nokia Autonomous Customer Care dibangun dengan keahlian dan pengalaman dalam jaringan digital layanan Nokia. Bots interaktifnya memiliki kemampuan untuk melakukan proses bahasi alami dan algoritma machine learning Nokia Bell Labs. Bisa dikatakan, software ini merupakan solusi layanan autonomous pertama yang dikembangkan berdasarkan pengetahuan lusa dalam industri telekomunikasi.

“Sebagai langkah strategis berikutnya untuk memperkuat lini bisnis perangkat lunak Nokia, kami berinvestasi secara besar-besaran di perangkat lunak yang akan bermanfaat untuk pelanggan kami dalam  membangun bisnis digital mereka,” ujar Bhaskar Gorti, president of Applications & Analytics Nokia. “Kami akan berupaya untuk menghilangkan kebutuhan untuk menelepon customer service jika terjadi issue/masalah, dengan menghilangkan  masalah tersebut dari awal. Kami juga ingin menghadirkan kemampuan bagi operator layanan agar lebih bisa memahami, mengerti, secara konteks yang benar mengenai kebutuhan dari konsumen mereka,” tambah Bhaskar.

Selain Nokia Autonomous Customer Care, Nokia juga memperkenalkan dua peranti lunak lainnya, yaitu Nokia Cognitive Analytics for Crowd Insight dan Nokia Analytic Office. Berbeda dengan peranti lunak pertama, Nokia Cognitive for Crowd Insight ini dapat melacak, menganalisis, dan memahami perilaku kumpulan orang sehingga operator dapat memonetasi data mereka.

Sementara itu, Nokia Analytic Office dihadirkan untuk mendukung operator dalam mengatur data analitik. Peranti lunak ini bisa diandalkan untuk membantu para operator meningkatkan pengalaman pelanggan, monetasi data, service peration center, data science, hingga otomatisasi jaringan.

 

Tags: , ,


COMMENTS