September 19, 2017

Goodyear dan Anak Perusahaan Tesla Bekerjasama untuk Percobaan Ban Cerdas Kendaraan Semi Otonom

Penulis: Desmal Andi
Goodyear dan Anak Perusahaan Tesla Bekerjasama untuk Percobaan Ban Cerdas Kendaraan Semi Otonom  

MOBITEKNO – The Goodyear Tire & Rubber Company melakukan kerjasama dengan Tesloop, startup layanan transportasi logistik yang juga anak perusahaan Tesla, untuk melakukan percobaan penggunaan ban cerdas milik Goodyear pada kendaraan-kendaraan semi otonom. Percobaan ini menggunakan sensor nirkabel yang terhubung dengan algoritme cloud milik Goodyear.

Ban pintar dari Goodyear memang memiliki sensor yang memungkinkan pengemudi untuk aktif memantau keadaan ban dalam pemeliharaan yang benar, seperti untuk melihat tingkat keausan dan tekanan angin pada ban. Selain itu, teknologi yang ada juga dapat membuat efisiensi bahan bakar serta mencegah kerusakan tidak terduga pada ban. Informasi dari ban ini selanjutnya disampaikan secara langsung ke sistem manajeman armada pengemudi dan dapat diakses melalui aplikasi mobile.

“Seiring ekosistem mobilitas yang terus berkembang, Kami mengambil langkah menyesuaikan laju perubahan teknis di industri transportasi dan mengembangkan inovasi ban yang memenuhi kecerdasan kendaraan yang menggunakannya. Karena, kami tidak hanya ingin membaca masa depan, tetapi kami ingin membangun masa depan tersebut,” kata Chris Helsel, Chief Technology Officer Goodyear.

Upaya percobaan ini mulai dilakukan kedua perusahaan sejak Januari 2017. Percobaan juga dilakukan berdasarkan pada keberhasilan Goodyear Proactive Solutions dalam menjawab permasalahan yang dihadapi oleh pelaku bisnis transportasi dengan mengombinasikan keahlian manajemen armada, produk pintar, dan jaringan layanan yang luas.

“Biaya pemeliharaan ban pada armada angkutan darat merupakan pengeluaran terbesar kedua setelah bahan bakar. Sementara pemilik dan pengelola selalu mencari upaya menurunkan biaya perkilometer setiap ban sehingga teknologi sensor ini seyogyanya membantu pengendara untuk mencegah kerusakan ban di jalan yang berdampak langsung pada total biaya operasional,” ujar Wicaksono Soebroto, General Manager Corporate and Marketing Communication Goodyear Indonesia.

Dengan percobaan ban pintar Goodyear ini, diharapkan hasilnya bisa membantu para pengusaha angkutan dalam mengatur keuangan untuk masalah ban kendaraan operasionalnya. Teknologi yang ada pada ban ini juga merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap para pemilik armada truk dan logistik.

Tags: , , , ,


COMMENTS