January 29, 2024

Kamera Cadangan Bermasalah, Tesla Recall 200.000 Kendaraan di AS

Penulis: Rizki R
Kamera Cadangan Bermasalah, Tesla Recall 200.000 Kendaraan di AS  

Mobitekno – Tesla melakukan penarikan kembali (recall) 200.000 kendaraan di Amerika Serikat. Aktivitas ini dilakukan karena kamera cadangan pada kendaraan tidak berfungsi saat mobil mundur. Tentunya, ini merupakan masalah serius yang dapat memengaruhi keselamatan pengemudi dan penumpang.

Mengutip laman Autoblog dari Reuters, beberapa orang telah melaporkan bahwa kamera cadangan pada kendaraan Tesla tidak berfungsi dengan baik saat mobil dalam keadaan mundur. Kamera cadangan ini adalah elemen kunci dalam sistem keselamatan saat berpindah arah.

Tesla telah mengidentifikasi kerusakan pada kamera cadangan dan segera mengambil langkah-langkah untuk mengatasi potensi risiko. Hingga saat ini, tidak ada laporan kecelakaan, cedera, atau kematian yang terkait dengan masalah ini.

Kamera cadangan_Tesla

Penarikan kembali melibatkan sejumlah model Tesla, termasuk Model Y, Model S, dan Model X, yang diproduksi mulai tahun 2023. Penarikan ini mencakup lebih dari 10 persen dari total produksi tahunan Tesla, dengan 200.000 kendaraan yang terkena dampak. Langkah ini mencerminkan komitmen Tesla terhadap keselamatan pengguna jalan.

Penyebab Kerusakan Kamera Cadangan dan Tindakan Perbaikan

20171023150242 Tesla akan Buka Fasiltas Manufaktur di Cina Untuk Buat Apa

National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) AS telah mengeluarkan pernyataan menyatakan bahwa penyebab masalah ini adalah masalah perangkat lunak. Dilaporkan, Tesla telah memproses 81 klaim garansi yang terkait dengan masalah kamera ini.

Perusahaan telah merilis pembaruan perangkat lunak over-the-air (OTA) untuk memperbaiki masalah ini, memberikan solusi yang efektif dan cepat kepada pemilik kendaraan Tesla.

Tesla telah mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah ini setelah menyadari potensi risiko pada bulan Desember. Pengumuman penarikan kembali dilakukan pada tanggal 12 Januari, dan surat peringatan dikirimkan kepada pelanggan pada tanggal 22 Maret.

Tesla menegaskan bahwa keselamatan pelanggan adalah prioritas utama mereka, dan langkah-langkah ini diambil sebagai tindakan preventif.

Melalui pembaruan perangkat lunak over-the-air (OTA), Tesla memberikan solusi cepat dan efektif untuk mengatasi masalah ini tanpa memerlukan kunjungan fisik ke bengkel. Pemilik kendaraan dapat memeriksa versi perangkat lunak mereka dan memastikan bahwa mereka menjalankan versi yang telah diperbarui untuk meminimalkan risiko.

Tesla_kamera cadangan

Pada akhir tahun lalu, Tesla juga melakukan recall sebanyak 120.000 unit Model S dan Model X. Penarikan ini dilakukan karena adanya kemungkinan pintu tidak terkunci alias terbuka saat terjadi kecelakaan. Recall ini merupakan masalah keamanan yang serius. Pemilik Tesla Model S dan Model X tahun 2021-2023 harus segera membawa kendaraan mereka ke dealer Tesla untuk mendapatkan perbaikan.

Tesla tetap berkomitmen untuk memberikan pengalaman berkendara yang aman dan inovatif kepada pelanggan mereka, dan tindakan penarikan kembali ini mencerminkan responsifitas perusahaan terhadap isu keselamatan yang muncul.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS