December 26, 2023

Tesla Recall 120.000 Model X dan S karena Pintu Terbuka Saat Kecelakaan

Penulis: Rizki R
Tesla Recall 120.000 Model X dan S karena Pintu Terbuka Saat Kecelakaan  

Mobitekno – Tesla lagi-lagi menarik kembali kendaraannya, kali ini sebanyak 120.000 unit Model S dan Model X. Penarikan ini dilakukan karena adanya kemungkinan pintu tidak terkunci dan terbuka saat terjadi kecelakaan.

Penyebab masalah ini adalah pembaruan perangkat lunak over-the-air (OTA) yang dirilis Tesla untuk model tahun 2021-2023. Pembaruan ini tidak sesuai dengan standar keselamatan federal National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) untuk perlindungan benturan samping.

Dalam uji tabrak rutin, Tesla melihat pintu kabin pada Model X terbuka setelah terjadi benturan pada sisi yang tidak terkena benturan. Kendaraan uji tersebut beroperasi tanpa fungsi penguncian, yang secara tidak sengaja dikecualikan dari pembaruan perangkat lunak.

231223092649 restricted tesla model

Visual China Group/Getty Images

Tesla mengatakan pihaknya tidak mengetahui adanya klaim garansi atau cedera terkait masalah ini. Namun, perusahaan tetap mengambil tindakan penarikan untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan.

Tesla akan mulai menghubungi pemilik kendaraan yang terkena dampak penarikan pada tanggal 27 Desember 2023. Pemilik kendaraan akan dijadwalkan untuk membawa kendaraan mereka ke dealer Tesla untuk mendapatkan perbaikan.

Penarikan ini merupakan masalah keamanan yang serius. Pemilik Tesla Model S dan Model X tahun 2021-2023 harus segera membawa kendaraan mereka ke dealer Tesla untuk mendapatkan perbaikan.

Tesla Model X

Tesla Model X dan S

Fitur Autopilot Tesla Model X

Sebelumnya pada minggu lalu, Tesla melakukan recall terhadap hampir 2 juta kendaraannya di Amerika Serikat. Tindakan ini dilakukan untuk membatasi penggunaan fitur Autopilot setelah regulator keselamatan AS melakukan penyelidikan selama dua tahun terhadap sekitar 1.000 kecelakaan yang melibatkan fitur tersebut.

Penarikan kembali ini merupakan respons terhadap temuan NHTSA, yang menyatakan bahwa sistem Autopilot Tesla memberikan ‘rasa aman yang salah’ kepada pengemudi dan dapat disalahgunakan dalam situasi berbahaya. Teknologi Tesla mungkin tidak dapat menavigasi jalan dengan aman.

Tesla segera merespons dengan mengeluarkan pembaruan OTA yang memberikan lebih banyak peringatan kepada pengemudi saat fungsi “Autosteer” Autopilot aktif. Pemberitahuan ini dirancang untuk mengingatkan pengemudi agar tetap memegang kemudi dan memperhatikan jalan.

Penarikan kembali ini menjadi sorotan dua hari setelah Washington Post mempublikasikan hasil penyelidikan mendetail yang menemukan delapan kecelakaan serius, termasuk beberapa kematian, yang seharusnya tidak melibatkan fitur Autopilot.

Tesla

Dalam jangka panjang, Elon Musk, CEO Tesla, melihat potensi besar dengan mengatakan bahwa Tesla memiliki potensi menjadi perusahaan paling berharga di dunia. Namun, seiring dengan penarikan kembali ini, saham Tesla mengalami kenaikan 105% sepanjang tahun 2023, meskipun mengalami penurunan 1,6% dalam enam bulan terakhir.

Tesla bukanlah satu-satunya produsen mobil yang menawarkan fitur driving assistant yang dipasarkan sebagai “self-driving.” Dan ini bukan satu-satunya yang mengalami masalah keselamatan. Sebelumnya, unit Cruise General Motors menghentikan layanan taksi tanpa pengemudi secara nasional setelah pihak berwenang California menyetop pengoperasian sistem di sana usai terjadi kecelakaan.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS