September 9, 2017

Teknologi Enterprise Mobility Tak Sekadar Mengakomodir Tren BYOD

Penulis: Karyo
Teknologi Enterprise Mobility Tak Sekadar Mengakomodir Tren BYOD  

MOBITEKNO – Tren BYOD saat ini rupanya bukan hanya sekedar tuntutan dunia kerja di era tarnsfprmasi digital yang sangat dinamis. Namun lebih dari itu teknologi enterprise mobility saat ini tidak hanya bicara bagaimana perusahaan memanfaatkan perangkat mobile untuk mengakomodir tren BYOD tersebut,  tapi bagaimana teknology itu  bisa  bermanfaat lebih besar lagi  untuk meningkatkan efisiensi proses bisnis, membantu proses pengambilan keputusan di kantor dan lapangan, dan pengumpulan serta penyampaian informasi yang akurat dan real-time.

Sementara itu di balik berbagai manfaat tersebut, kegiatan berbasis teknologi mobile mendatangkan berbagai tantangan bagi perusahaan, di antaranya masalah keamanan, biaya dan kompleksitas pengelolaan di tengah cepatnya perubahan teknologi.

Gambaran seperti  itulah pembahasan yang diangkat dalam acara  Helios Mobility Day, yang diselenggrakan oleh Helios Informatika Nusantara, penyedia solusi infrastruktur TI dan anak usaha CTI Group, Rabu 06/09/2017 di Jakarta.

 Helios Mobility Day  selain menyelenggarakan seminar  yang mengususng tema  “Maximizing Mobility to Accelerate Growth”, juga mengadakan  pameran di bidang TI . Tema tersebut dimaksudkan untuk membahas inovasi dan adopsi teknologi mobility terbaru untuk meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan bisnis di era transformasi digital saat ini.

Dalam sesi utama event tersebut,  menampilkan Founder Rumah Perubahan Prof. Rhenald Kasali selaku keynote speaker membahas mengenai era disruption yang didorong oleh kehadiran teknologi digital dan menyebabkan perubahan radikal terhadap model bisnis tradisional yang dinilai tidak lagi relevan menjawab kebutuhan konsumen saat ini serta peranan teknologi mobility di dalamnya.

Event ini juga menghadirkan VP Regional Enterprise & Channels Southeast Asia and Oceania Samsung Electronics Joe Chan dan Head of Sales for Asean, India & Greater China for Mobile Iron Chaw Kiang pada sesi utama. Dalam sesi diskusi panel yang dimoderatori Ketua APTIKOM Prof. Richardus Eko Indrajit, tiga panelis dari Grab Indonesia, Bank BTPN dan Adira Finance bertemu untuk sharing success story maupun tantangan yang dialami terkait adopsi mobility di organisasi tempat mereka bernaung.

Helios Mobility Day tidak hanya menampilkan beragam solusi mobility untuk level enterprise namun juga sederet aplikasi mobile terkini hasil kreativitas para pengembang software independen (ISV) yang dapat secara relevan digunakan oleh berbagai jenis industri. Event ini mengumpulkan ratusan peserta yang merupakan stakeholders di bidang TI, termasuk pelaku bisnis dari berbagai industri di Indonesia seperti perbankan, keuangan, ritel, dan transportasi.

Menurut Deddy Sudja, Presiden Direktur Helios Informatika Nusantara, melalui event Helios Mobility Day tersebut, profesional bisnis yang hadir dapat belajar dari para pembicara ahli bagaimana menentukan strategi mobility yang tepat, efektif serta mudah dan aman digunakan bagi semua user.

Ajang  yang didukung berbagai vendor terkemuka seperti Samsung, HPE Aruba, MobileIron dan Microsoft tersebut juga menampilkan sederet aplikasi mobile untuk berbagai sektor industri, di antaranya aplikasi manajemen order dan inventori untuk industri food & beverage dan retail, aplikasi pengelolaan sistem distribusi untuk industri fast-moving consumer goods dan farmasi, aplikasi survey dan collection untuk industri jasa keuangan, pengelolaan klaim untuk industri asuransi, manajemen delivery untuk sektor logistik, serta pengelolaan karyawan untuk divisi human resources.

Tags: , , ,


COMMENTS