February 4, 2017

SAP dan Swiss Re Berkolaborasi untuk Dorong Performa Industri Asuransi

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
SAP dan Swiss Re Berkolaborasi untuk Dorong Performa Industri Asuransi  

MOBITEKNO – SAP (SAP SE) mengumumkan kolaborasi strategisnya dengan Swiss Reinsurance Company Ltd. (Swiss Re), perusahaan penyedia jasa reasuransi, asuransi, dan layanan penanggulangan risiko lainnya belum lama ini (2/2/2017). Keduanya berniat mengembangkan solusi kontrol keuangan dan pelaporan perusahaan asuransi dari berbagai regulator di dunia.

Perusahaan asuransi saat ini harus mengelola dan melaporkan usahanya sesuai dengan berbagai macam penilaian dan standar aturan pelaporan. Untuk memenuhinya secara konsisten bukanlah persolan yang mudah, terutama karena valuasi biasanya dilakukan secara berurutan dan berbelit-belit. Belum lagi dengan adanya peraturan baru, seperti Standar Pelaporan Keuangan Internasional (IFRS) 9 dan 17, juga akan menambah persyaratan yang dibutuhkan.

Kendala ini membuat perusahaan asuransi (insurance) dan reasuransi (reinsurance) kian sukar mengambil informasi keuangan yang bisa dipercaya untuk tujuan pelaporan dan pengambilan keputusan. Pasalnya, mereka harus secara signifikan meningkatkan kompleksitas proses, pelaporan, dan biaya operasional internal.

Swiss Re dan SAP tengah mengembangkan pendekatan baru untuk menghasilkan beberapa penilaian dan menerapkan metode kontrol keuangan berdasarkan platform SAP HANA, agar proses bisa diotomatisasi dan terkontrol dengan cara yang sederhana dan efektif.

Pendekatan baru ini bertujuan untuk:

  • Mengatur kompleksitas peraturan yang kian meningkat dengan kemampuan untuk mempraktekkan valuasi dan standar pelaporan baru (seperti IFRS dan U.S. GAAP) secara teratur
  • Mengurangi beban pelaporan dengan valuasi finansial yang beragam secara simultan
  • Mengurangi waktu yang dihabiskan pada tugas-tugas dan kontrol operasional dengan meningkatkan kapasitas analisis
  • Menciptakan kemampuan untuk mengontrol alokasi sumber daya finansial 

Beberapa tahun terakhir, Swiss Re dan SAP telah menciptakan kemajuan yang signifikan dalam wilayah ini. Swiss Re telah menerapkan pengetahuan industrinya yang mendalam untuk menciptakan sebuah pendekatan akuntansi (accounting) yang bergengsi untuk sukses menghadapi berbagai tantangan regulatory dan operasional.

Dengan menggabungkan kekuatan kedua perusahaan, SAP dan Swiss Re memiliki visi untuk menciptakan sistem yang fleksibel dan canggih di atas SAP HANA untuk menyederhanakan operasi perusahaan dan meningkatkan produktivitas bisnis. Solusi ini, yang didesain khusus untuk industri reasuransi/asuransi, akan menggunakan akuntansi dan kemudi pendekatan sederhana untuk menjalankan beberapa valuasi efisien sekaligus.

"Kami memilih SAP dalam inisiatif ini mengingat pengalamannya dalam bekerjasama bersama perusahaan asuransi global," kata Gerhard Lohmann, CFO Reasuransi di Swiss Re. "Saya benar-benar percaya bahwa bersama kita bisa mencapai visi strategis kami untuk mengaktifkan kemudi terintegrasi dan pelaporan untuk diri kita sendiri dan di seluruh industri."

Luka Mucic, CFO dan anggota Dewan Eksekutif SAP SE, menambahkan, "Kami bangga untuk bekerja dengan Swiss Re untuk mendorong pengembangan solusi baru yang lebih simpel bagi asuransi dan sektor keuangan dalam menjawab kebutuhan mereka yang kian kompleks. Kami yakin,  proyek kerjasama ini akan membawa dan membentuk masa depan industri kami kelak."

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS