June 2, 2017

Review ASUS ZenFone Live: Beautiful Smartphone untuk Para Penggemar Video Live Streaming

Penulis: Desmal Andi
Review ASUS ZenFone Live:  Beautiful Smartphone untuk Para Penggemar Video Live Streaming  

MOBITEKNO – Sosial media menjadi topik yang banyak dibicarakan dalam beberapa tahun belakangan ini. Perkembaangan dan teknologi yang ada di dalamnya pun semakin berkembang. Jika sebelumnya, orang hanya menggunakan foto untuk melakukan aktivitas ini, kini sudah banyak yang menggunakan video untuk bersosialisasi dengan berbagai aplikasi sosial media. Bahkan, ativitas ini sudah menjadi gaya hidup bagi banyak orang guna berinteraksi dengan sesama.

Saat ini, salah satu aktivitas bersosial media yang banyak digemari adalah melakukan video live streaming. Berbagai aplikasi sosial media pun hampir semuanya mendukung aktivitas ini. Dengan begitu, kini tidak hanya para selebitis, pembawa acara televisi, atau presenter kondang saja yang bisa tampil secara langsung dalam bentuk video, tetapi semua kalangan bisa melakukan hal ini. Hanya menggunakan perangkat smartphone, video live streaming bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, tanpa perlu repot serta bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain. Mulai dari YouTube, Instagram, Facebook, hingga Bigo Live, sudah menyediakan fungsi video life streaming untuk penggunanya.

Nah, jika aktivitas video live streaming sudah bisa dilakukan dengan begitu mudahnya, tinggal media perekaman videonya saja, dalam hal ini smartphone, yang menentukan bagus tidaknya dalam membuat video. Fungsi pengambilan video dalam smartphone harus memiliki dukungan yang memadai, mulai dari kamera hingga aplikasinya. ASUS sebagai brand smartphone asal Taiwan memahami tren yang sedang berlangsung ini. ASUS pun menghadirkan ZenFone Live untuk mendukung para pengguna smartphone yang ingin melakukan aktivitas video live streaming.

Smartphone ASUS ZenFone Live dikeluarkan ASUS khusus untuk para pengguna yang gemar melakukan video live streaming. Oleh sebab itu, jika pada smartphone lain, fungsi beautification untuk menyempurnakan tampilan wajah hanya ada pada pengambilan foto, di smartphone ini sudah naik satu level di atasnya, yaitu video. ASUS ZenFone Live memiliki aplikasi canggih bernama “BeautyLive” yang memungkinkan pengguna untuk melakukan aktivitas video live streaming hanya dengan sekali klik. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan mengenai ASUS ZenFone Live.

Desain

Berbicara mengenai penggunaan smartphone untuk melakukan berbagai aktivitas sosial media, tentunya media ini harus memiliki desain yang tidak merepotkan, seperti bentuknya yang ramping dan tidak berat untuk dibawa-bawa kemanapun pemiliknya pergi. Dengan kata lain, smartphone ini harus mobile friendly. Untuk hal ini, ASUS ZenFone Live sudah memenuhi kriteria tadi.

Smartphone ini punya bodi yang tipis dengan ketebalan hanya 7,95 mm. Selain itu, bobotnya juga ringan hanya 120gram. Dua aspek ini amat penting untuk memudahkan pengguna ketika mereka akan membuat konten live streaming. Dengan demikian, tidak ada masalah jika pemiliknya membuat video sambil berlari pagi, di tengah suasana pesta yang padat, hingga saat berada di sebuah café yang bernuansa cantik.

Bodi yang ramping

Smartphone dengan layar 5 inci ini juga memiliki resolusi HD (1280 x 720) dengan layar berfitur 2,5D sehingga berkesan stylish dan premium. Di sekeliling smartphone dilapis bezel tipis yang hanya memiliki ketebalan 2,36 mm. Screen to body rationya juga cukup besar, yaitu 75 persen sehingga nyaman untuk digunakan karena luas layarnya yang cukup lega. ASUS juga membuat perangkat ini memiliki desain yang menyerupai metal dengan menggunakan metallic coating.

Screen to body ratio 75 persen

Fitur 2,5D juga menjadikan Zenfone Live memiliki kontur yang membulat dan sangat halus. Ini dimungkinkan oleh teknik manufaktur yang sangat presisi. Sudut dengan kontur 2.5D itu, tak hanya membuat smarthone tampak lebih cantik, tetapi juga membantu layar kaca berpadu sempurna dengan diamond cut metallic chamfered edge dan menambah kenyamanan saat pengguna sedang menggenggam unitnya.

Sisi kiri terdapat SIM tray

Selanjutnya beralih ke lokasi penempatan tombol-tombol fungsi. ASUS menempatkan tombol power berada di sebelah kanan bersamaan dengan tombol volume. Sementara port audio diletakkan pada bagian atas perangkat. Di sisi kiri ada terdapat akses SIM tray yang bisa dibuka dengan menusukkan jarum ejector ke lubang kecil di sampingnya. Di dalamnya Anda bisa memasukan dua buah kartu SIM atau memilih salah satunya dan menambahkan micro SD sebagai opsi ekspansi ruang penyimpanan data hingga kapasitas 128 GB.

Sisi kanan terdapat tombol power dan volume

Saat diluncurkan, ASUS menghadirkan Zenfone Live untuk pasar Indonesia dengan tiga varian warna berbeda yakni Navy Black, Shimmer Gold, dan Rose Pink.

Speaker dan micro USB untuk proses pengisian daya

Fitur

Kini masuk ke bagian performa ASUS ZenFone Live. Walaupun berharga di bawah RP 2 juta, tetapi bukan berarti smartphone ini memilik performa dan spesifikasi yang biasa-biasa saja. Bahkan, ASUS menyatakan bahwa ZenFone Live adalah smartphone dengan harga terjangkau dengan tiga keunggulan utama di dalamnya, yaitu desain,  audio, dan teknologi BeautyLive untuk melakukan video live streaming dengan satu klik saja.

Fitur BeautyLive sekali klik

Jika melihat jeroannya, ASUS ZenFOne Live sudah dibekali dengan prosesor dari Qualcomm Snapdragon Quad Core 1,4 GHz dengaan GPU Adreno 305. Kemampuan ini masih ditambah dengan memori sebesar 2 GB RAM dan storage internal sebesar 16 GB dan 32 GB. Baterainya yang berkapasitas 2.650 mAh diyakini dapat menunjang kinerja smartphone selama 471 jam untuk waktu talk time.

Dengan spesifikasi tadi, saat diuji membuka berbagai aplikasi, ternyata prosesornya mampu berjalan dengan mulus dengan minim lag sama sekali. Saat melakukan ativitas multitasking, prosesnya juga berjalan cukup lancar, seperti untuk membuka Instagram, Browser, YouTube, dan dibarengi dengaan melihat-lihat galeri foto. Selain untuk kebutuhan sosial media, smartphone ini juga cukup mumpuni saat digunakan bermain game, bahkan pada mode preset high resolution sekalipun.

Sebagai smartphone yang ditujukan untuk para pengguna video live streaming, sudah tentu fitur kamera menjadi salah satu keunggulannya. Kamera belakang berkemampuan 13 MP serta kamera depan 5 MP sudah cukup memberikan hasil yang bagus saat digunakan untuk membuat video atau foto. Untuk kebutuhan fotografi, ASUS tetap membawa fitur unggulannya yaitu PixelMaster. Fitur ini dapat membantu kamera untuk menghasilkan tangkapan gambar yang bersih dan detail. Melalui Pixelmaster, ASUS memberikan ukuran pixel size sebesar 1,4um untuk mengisi eseluruhan sensor pada smartphone.

Kamera belakang 13 MP

Menariknya, kamera belakang pada smartphone ini memiliki sudut pandang yang luas, yaitu 82 derajat. Dengan demikian, cukup leluasa untuk mengambil gambar dengan subjek foto yang banyak. Kemampuan kamera belakang ini juga ditambah dengan berbagai mode pengambilan gambar yang sudah diberikan ASUS, seperti mode Auto, Manual, HDR pro, Beautification, Super Resolution, Low Light, QR Code, Night, Effect, Selfie, Panorama,  dan Time lapse. Sementara untuk amera depan disediakan mode pengambilan gambar Auto, Beautification, HDR pro, Effect, low Light, dan Time Lapse.

Berbagai mode kamera

Sekarang untuk kebutuhan video. Di sinilah terletak keunggulan dari ASUS ZenFone Live. Sebuah aplikasi bernama “BeautyLive” bisa digunakan untuk melakukan pengambilan video melalui kamera deoan yang bisa di share langsung ke berbagai sosial media. Aplikasi ini cukup unik karena memiliki fitur beautification, seperti pada proses selfie pada kamera depan. Saat diaktifkan, aplikasi ini menyigihkan tiga pilihan aplikasi untuk melakukan video live streaming, yaitu YouTube Instagram, dan Facebook. Selanjutnya, di bagian bawah akan muncul opsi pengaturan tingkat beautification dengan level 1 hingga 10. Fitur ini dapat memuluskan wajah saat pengambilan video. Fitur ini diklaim ASUS sebagai fitur video beautification pertama yang dibenamkan ke sebuah smartphone. Saat pengambilan video pun jangan khawatir dengan kualitas suara yang direkamnya karena smartphone ini sudah mengintegrasikan dua mikrofon sehingga daya tangkap suara lebih kuat sekaligus dapat meminimalkan noise dari belakang atau sekeliling pengguna.

10 level yang ada di BeautyLive untuk menghaluskan wajah

Masih berkutat pada aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya. ASUS sudah mengadopsi ZenUI 3.5 untuk mendukung aplikasi-aplikasi terbaru. Ada beberapa perbedaan antara ZenUI 3.5 dengan versi sebelumnya. Salah satunya adalah bentuk icon. Selain ittu, di ZenUI 3.5, fungsi messaging sudah beralih ke Google Messenger dan browser utama menggunakan Chrome, serta email client dari Google Mai. Semuanya sudah berbasis aplikasi Google. Di ZenUI 3.5 ini juga memiliki fitur touch gesture yang dapat membuka aplikasi dengan menggambarkan sebuah huruf di layar.

ZenUI 3.5

Untuk urusan multimedia, ASUS ZenFone Live juga mampu menjalankan berbagai file multimedia dengan lancar. Bahkan, khusus untuk audio, smartphone ini memiliki teknologi audio dengan kualitas yang baik. Beberapa teknologi audio yang dibenamkan ASUS ke dalam smartphone ini adalah dual noise cancellation, enhanced speech clarity, smart amplifier technology, 5 magnet audio, serta ICE power dan Sonic Master. Penggunaan 5 magnet dalam berbagai sisi smartphone membuat smartphone mampu menghantarkan keluaran audio yang lebih emosional. ASUS juga memberikan fitur audio yang mereka ciptakan sendiri, yaitu Sonic Master dan ICE power.

Teknologi 5 magnet untuk kualitas audio yang lebih emosional

Satu lagi fitur yang ada di hampir semua produk ASUS saat ini, yaitu Mobile Manager. Di aplikasi ini, pengguna diberikan beberapa pilihan untuk mengatur kinerja smartphone. Salah satunya adalah Power Saver yang memiliki beberapa opsi untuk menghemat daya baterai. Ada juga Boost untuk dan menutup aplikasi-aplikasi yang terbuka dengan satu klik saja. Mobile manager juga memiliki fitur Cleanup untukk membersihkan file-file yang tidak terpakai. Sementara untuk yang khawatir dengan keamanan data, pengguna bisa memanfaatkan fitur Privacy & Security. Di sini, data bisa diamankan dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Fitur Mobile Manager

Spesifikasi

Dengan kemampuan-kemampuan yang sudah disebutkan tadi, tentunya semuanya tidak akan berjalan jika tidak didukung dengan berbagai hardware yang ada di dalam smartphone ini. Untuk mengetahui apa saja spesifikasi lengkapnya, berikut ini kami sajikan dalam sebuah tabel.

Model ASUS Zenfone Live ZB501KL
CPU Qualcomm Snapdragon @1.40 GHz
GPU Adreno 305
RAM 2GB
Storage 16GB / 32GB + 5GB ASUS Webstorage +  Google Drive 100GB free (2 years)
Micro SD Yes (up to 128GB)
Connectivity 802.11b/g/n, Bluetooth V 4.0 +EDR, Wi-Fi direct
Network 2G Band 850/900/1800/1900, 3G Band 1/5/8, 4G Band 1/3/5/8, TDD Band 40

DC-HSPA+: UL 42 / DL 5.76 Mbps, LTE Cat4:UL 150 / DL 50 Mbps

SIM Card Micro SIM slot + Nano / MicroSD slot
Navigation GPS, AGPS, GLONASS, BDS
Display 5” HD (1280 x 720) IPS display, 75% screen-to-body ratio, 400nits
Video Full HD Video recording 1080p @30 FPS, Take still photo while recording
Battery Lithium-Polimer 2650mAh Li-ion battery (non-removable)
Main Camera 13MP Camera, Fix Focus, Auto Focus, LED flash
Front Camera 5MP
Sensor Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient Light, Fingerprint
OS Android™ 6.0 with brand-new ASUS ZenUI 3.0
Dimension 141.18 x 71.74 x 7.95mm
Weight 120g
Warna Navy Black, Shimmer Gold, dan Rose Pink.

Kesimpulan

Dengan kemapuannya dalam membuat video live streaming untuk berbagai aplikasi sosial media, tampaknya ASUS ZenFone Live cocok sekali digunakan untuk para wanita. Hal ini tidak terlepas dari fitur BeautyLive yang dapat menghaluskan wajah dengan level-level yang sudah disediakan.

Namun, tidak hanya video saja yang menjadi daya tarik smartphone ini, untuk fotografi pun bisa diandalkan dengan baik karena fitur kameranya sudah dibekali dengan berbagai mode. Hal ini masih ditambah dengan teknologi PixelMaster bawaan ASUS yang membuat pixel menjadi lebih rapat sehingga gambar menjadi lebih detail dan cerah. Mode pengambilan gambar pun disediakan cukup banyak, baik untuk kemera belakang maupun kamera depan.

Penggunaan prosesor dari Qualcomm Snapdragon 1.4 GHz Quad Core ditambah memori 2 GB RAM dan storage 16 GB dan 32 GB yang masih ditambah dukungan mocro SD hingga 128 GB, membuat smartphone ini juga fleksibel digunakan untuk kebutuhan lainnya, seperti bermain game atau membuka aplikasi-aplikasi office.

Jadi, dengan harga Rp 1.799.000, ASUS ZenFone Live menawarkan berbagai fitur yang banyak untuk kebutuhan foto selfie dan video selfie. Tidak salah jika ASUS sendiri mengklaim bahwa ASUS ZenFone Live merupakan The Video Selfie Expert Smartphone yang ada di dunia saat ini.

Tags: , , , ,


COMMENTS