February 1, 2017

Akhirnya Browser Chrome versi iOS Masuk Kategori Open Source. Mengapa?

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Akhirnya Browser Chrome versi iOS Masuk Kategori Open Source. Mengapa?  

MOBITEKNO – Google telah memutuskan untuk menjadikan mobile bowser Chrome di platform iOS berstatus open source. Ini artinya, kode-kode rogram Chrome iOS akan menjadi bagian dari Chromium open source project. 

Khusus untuk platform iOS, sesuai 'sabda' Apple, browser Chrome harus menggunakan rendering engine Apple WebKit dan bukan engine yang biasanya digunakan untuk platform lainnya, yaitu Blink. Sebagai konsekuensinya, Google pun tidak menyertakan kode Chrome versi iOS ke dalam basis kode Chromium project selama ini.

Penggunaan dua rendering engine untuk basis kode program yang sama sepertinya cukup merepokan bagi Google sehingga akhirnya memutuskan untuk membuka kode Chrome iOS. Tentunya dengan bantuan para komunitas open surce, Google berharap pengembangan Chrome versi iOS akan lebih cepat lagi.

Dengan dibukanya kode program Chrome iOS untuk disertakan dalam Chromium open source project akan berdampak pada munculnya browser pihak ketiga (thrid-party browser) lainnya di platform iOS yang ekosistem software-nya cukup ketat dikontrol oleh Apple.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS