May 20, 2016

Uber Mulai Uji Mobil Otonom untuk Kurangi Angka Kecelakaan

Penulis: Desmal Andi
Uber Mulai Uji Mobil Otonom untuk Kurangi Angka Kecelakaan  

MOBITEKNO – Teknologi otonom terus dikembangkan dan diujicoba di berbagai kendaraan. Uber pun tidak mau tertinggal dengan teknologi otonom ini. Sebuah Ford Fusion yang sudah dilengkapi dengan teknologi self driving terlihat di jalanan kota Pitsburgh. Ya, Uber tampaknya sedang mengujicoba mobil otonom untuk meningkatkan kualitas layanannya.

Dijuluki Uber ACT, mobil ini dilengkapi dengan radar, kamera resolusi tinggi, dan scanner laser yang dapat memetakan lingkungan di sekitarnya. Namun, pengemudi juga tetap dilatih dan tetap duduk di belakang kemudi untuk mengawasi pengoperasian mobil otonom ini.

“Dengan teknologi masa depan di mobil otonom, perusahaan ride sharing juga ingin meningkatkan kualitas hidup orang-orang di seluruh dunia,” seperti ditulis dalam blog Uber.  Uber tampaknya akan fokus kepada transportasi yang lebih mudah terjangkau dan mudah diakses. Selain itu, Uber juga menginginkan untuk mengurangi kecelakaan dimana 1,3 juta orang kehilangan nyawanya dalam setiap tahun dan 94 persen diantaranya justru akibat faktor manusianya.

“Kami sangat senang Uber memilih kota ini untuk mengeksplorasi teknologi baru yang dapat meningkatkan kualitas banyak orang dengan meningkatkan faktor keamanan di jalan, mengurangi kemacetan, dan membuat kota-kota terlihat lebih efisien dan cerdas,” kata William Peduto, Walikota Pitshburg yang mendukung ujicoba Uber ini.

Untuk mobil otonom ini, Uber memang masih dalam tahap awal. Namun, jika ini berjalan lancar, mungkin 100 ribu kendaraan otonom akan  beredar di jalan raya dalam 10-15 tahun ke depan. Hal ini tentunya dapat meningkatkan keuntungan Uber karena pengemudi merupakan salah satu faktor yang membuat biaya tinggi.

Sumber: carscoops

Tags: , , ,


COMMENTS