December 19, 2016

Lewat Waymo, Teknologi Mobil Otonom Google Kini Hadir di Minivan

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Lewat Waymo, Teknologi Mobil Otonom Google Kini Hadir di Minivan  

MOBITEKNO – Waymo atau unit self-driving car Google yang kini berdiri sebagai entitas sendiri di bawah payung Alfabet Inc baru saja memperkenalkan mobil otonom (self-driving) terbaru yang merupakan modifikasi dari minivan Chrysler Pacifica.

Waymo yang namanya diambil berdasarkan misinya menemukan cara baru dalam bermobilitas diketahui telah bekerjasa sama dengan produsen multinasional Italia, FCA (Fiat Chrysler Automobiles) untuk memujudkan ambisinya menciptakan mobil otonom bagi berbagai jenis kendaraan.

Sebelum, Googel/Alfabet telah menyematkan teknologi self-driving yang sama pada mobil lainnya, seperti SUV Lexus. Beberapa pengamat menilai bahwa kerja sama Alfabet dengan Fiat Chrysler berpotensi ke kerjasama berikutnya, yaitu joint venture untuk menghadirkan layanan ridesharing seperti Uber dan Lyft.

Beberapa perusahaan otomotif dan teknologi belakangan ini saling bekerjasa untuk mengambil peluang besar di bisnis trasnsportasi masa depan. Misalnya saja produsen Honda yang belum lama menamam modalnya di layanan Uber atau Toyata da VW yang bermitra dengan perusahaan ride sharing Uber.

John Krafcik, CEO Waymo, melalui pernyataan di blog menyampaikan bahwa dengan minivan baru untuk diujicoba di jalanan, mereak dapat mempelajari lebih jauh bagaimana semua pihak bisa mengalami (experience) teknologi yang sepenuhnya otonom (self-driving) tersebut.

Sebagai tahap awal uji coba, Google akan melepas setidaknya 100 unit mobil monivan Chrysler Pacifica untuk berkeliaran di jalanan dengan teknologi self-driving Google tersebut.
 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS