October 18, 2016

Rusia Berencana Letakkan Missile Jammer di Menara BTS

Penulis: Desmal Andi
Rusia Berencana Letakkan Missile Jammer di Menara BTS  

MOBITEKNO – Missile Jammer yang dapat mendeteksi dan menangkal rudal-rudal balistik bukanlah teknologi baru yang ada di dunia militer. Namun, meletakkan perangkat jammer tersebut dengan memanfaatkan fasilitas komunikasi publik tentu bisa jadi sesuatu yang baru. Inilah yang sedang dipertimbangkan Rusia untuk mempertahankan negaranya dari serangan-serangan musuh.

Menara telekomuniasi yang jumlahnya begitu banyak bisa menjadi alat pertahanan bagi militer. Pihak Russia pun sudah melakukan uji coba di beberapa menara telokomunikasi di negaranya.

“Saat ini, pengujian-pengujian untuk hal tersebut sudah selesai dan sistem sudah ada dalam persediaan kami,” ujar Menteri Pertahanan Russia seperti dikutip Mobitekno dari UberGizmo.

Dubbed Pole-21, nama yang diberikan untuk perangkat missile jammer ini yang akan ditanaman pada menara-menara telekomunikasi. Jammer ini akan bekerja sebagai sistem pertahanan negara dan akan melindungi area di sekitarnya dari ancaman-ancaman seperti sinyal satelit navigasi.

Namun, perlu diketahui juga bahwa Amerika Serikat sendiri tlah memiliki rudal jelajah seperti Tomahawk yang telah diracancang khusus dapat melawan jammer-jammer GPS. Dengan demikian, apakah sistem yang akan dibangun Russia ini akan efektif atau tidak. Pihak Russia sendiri tetap berpikir cara ini merupakan cara yang cukup baik untuk melindungi negaranya.

Tags: , , , ,


COMMENTS