October 18, 2016

Dua USB Flash Drive Kingston Ini Diklaim Bebas dari Aksi Pencurian Data dan Malware

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Dua USB Flash Drive Kingston Ini Diklaim Bebas dari Aksi Pencurian Data dan Malware  

MOBITEKNO – Setelah mengakuisisi IronKey dari Imation Corp pada Februari 2016 lalu, Kingston (Kingston Technology) akhirnya merilis produk secured USB flash drive (UFD) yang ditujukan bagi konsumen yang membutuhkan media penyimpanan data yang super aman dan bebas dari usaha pencurian data dan malware.

Kedua produk secured UFD yang dirilis Kingston, IronKey D300 dan IronKey D300 Managed, dijamin super aman karena telah mendapatkan sertifikasi resmi FIPS 140-2 Level 3 dan diekripsi secara hardware (AES 256-bit) dalam XTS mode.

Meski fitur keamanannya cenderung overkill bagi konsumen biasa, siapa saja yang menggangap kemanan data sebagai prioritas utama bisa memilikinya. Meskipun Kingston sendiri mungkin lebih menargetkan pengguna dari kalangan pemerintahan, bisnis, atau perusahaan.

Sertifikat "FIPS 140-2 Level N" mengindikasikan bahwa produk UFD tersebut telah melewati proses menyeluruh dan kompleks di laboratorium pengujian resmi. Kebanyakan vendor secured UFD memilih standar FIPS 140-2 Level 3 karena suda memadai melindung data dari berbagai usaha penjebolan enkripsi pada modul cryptographic-nya.

Nilai atau strata N berkisar mulai dari 1 hingga 4, dimana 4 menunjukkan ketahanan Secured UFD terhadap kondisi lingkungan ekstrem, seperti suhu dan tegangan tinggi, untuk menjebol modul proteksinya.

Selain proteksi di sisi software, kedua UFD tersebut juga memiliki casing berbahan zinc, anti-air (waterproof) hingga kedalaman 1,2 meter, dan berlapiskan pelindung epoxy pada komponen modul crypto didalamnya.

IronKey D300 dengan firmware yang terdaftar secara digital (digitally signed) membuatnya lebih imun (kebal) dari serangan malware BadUSB. Selain akses ke UFD diperketat dengan menerapkan protokol password yang kompleks (jumlah minimum karakter), proses encryption dan decryption dilakukan langsung pada flash drive tanpa meninggalkan jejak digital pada sistem (host system).

Apabila seseorang mencoba melakukan serangan brute force, IronKey D300 akan secara otomatis mengunci proses reformat setelah 10 kali salah dalam memasukkan password.

Ironkey D300 Managed berbeda dari Ironkey D300  karena mengharuskan penggunaan IronKey EMS dari DataLocker agar pengguna dapat menggunakan flash drive tersebut. IronKey EMS adalah solusi fleksibel dengan memanfaatkan sistem cloud atau sistem lokal (on premise).

Label ‘Managed’ menunjukkan penerapan password dan ret limits agar administrator dapat menonaktifkan UFD yang hilang atau dicuri dari jauh (remote), me-recovery password, dan lain sebagainya.

Kedua UFD IronKey ini tersedia mulai dari kapasitas 4 GB, 8 GB, 16 GB, 32 GB, 64 GB, dan 128 GB. Semuanya mendapat jaminan garansi selama lima tahun dari Kingstn, termasuk dukungan teknis gratis.
 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS