July 12, 2016

XL: Jelang Lebaran, Silahturahmi via Media Sosial dan Instant Messaging Meningkat

Penulis: Eko Lannueardy
XL: Jelang Lebaran, Silahturahmi via Media Sosial dan Instant Messaging Meningkat  

MOBITEKNO – PT XL Axiata Tbk (XL) melaporkan bahwa dari total layanan data, pemakaian terbesar adalah untuk melakukan streaming, baik video maupun mendengarkan musik. Tak hanya itu, layanan social media dan instan messaging (IM) juga menjadi sarana utama bagi kebanyakan masyarakat dalam bersilaturahmi pada Lebaran kali ini.

Penggunaan untuk streaming mencapai 40% dari total layanan. Berikutnya adalah berselancar menggunakan aplikasi browser, yakni sebesar 22% dan akses ke media sosial sebesar 21%. Trafik penggunaan media sosial lebih dari 300 TB, yaitu meningkat 32% dibandingkan hari normal tahun ini.

Sementara itu, penggunaan instan messaging mencapai 38 TB, naik 33% dibanding hari normal. Secara keseluruhan, trafik data meningkat sekitar 130% dibanding hari Lebaran tahun sebelumnya. Meningkatnya penggunaan layanan data juga dipengaruhi oleh kecenderungan pelanggan untuk memanfaatkan layanan telepon/percakapan berbasis data, yakni VoIP.

Penggunaan layanan VoIP mencapai 17,5 TB atau mengalami lonjakan sebesar 121% dibandingkan hari biasa tahun ini. Termasuk dalam layanan VoIP ini diantaranya Google Talk, Kakao Talk, WhatsApp Call, BlackBerry Call, Skype dan beberapa layanan lainnya.

Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya mengatakan, “Seperti yang sudah kami prediksi sebelumnya, social media dan instant messaging akan semakin banyak dipakai untuk bersilaturahmi saat Lebaran. Demikian juga, masyarakat termasuk pelanggan XL akan semakin membutuhkan layanan data untuk bisa mengekpresikan dirinya dalam merayakan Lebaran.”

Trafik layanan social media Facebook, Instagram, Path, Twitter, serta Line meningkat cukup signifikan. Trafik Facebook 127,4 TB naik 19% dibandingkan hari biasa. Instagram 123,4 TB meningkat 32%, Path meningkat 53%, Twitter meningkat 40%, serta Line meningkat 32%. Sementara itu IM WhatsApp naik 24% dibanding hari biasa, sedangkan BBM relatif stabil.

Sementara itu, berdasarkan lokasi, kenaikan trafik layanan data tertinggi selama periode Lebaran dibandingkan periode hari-hari biasa, terjadi di wilayah-wilayah yang menjadi tujuan mudik di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Wilayah Tegal dan sekitarnya mengalami kenaikan tertinggi sebesar 53%, disusul daerah Sampang, Sumenep, Pamekasan sebesar 45%.

Data XL juga menunjukkan kenaikan trafik yang tinggi di area-area dalam jalur mudik yang menjadi titik kemacetan. Salah satunya di wilayah Brebes, termasuk exit toll Brebes Timur, dengan kenaikan trafik data mengalami kenaikan sebesar 120%, sementara layanan percakapan meningkat sebesar 100% dibandingkan trafik hari biasa.

Pada layanan SMS, peningkatan trafik terjadi di beberapa wilayah. Kenaikan trafik SMS tertinggi terjadi di wilayah regional Central (Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY) sebesar 26%, wilayah regional West (Sumatra) sebesar 23% serta wilayah regional East (Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat) sebesar 17%.

Selama periode lebaran, XL juga terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, termasuk untuk menangani berbagai keluhan dan pertanyaan yang disampaikan oleh pelanggan. Layanan pelanggan (contact centre), XL Centre dan Xplor tetap beroperasi seperti biasa.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS