February 19, 2017

Obrolan Pilkada di Medsos Melonjak, XL Pastikan Jaringannya Tidak Terkendala

Penulis: Eko Lannueardy
Obrolan Pilkada di Medsos Melonjak, XL Pastikan Jaringannya Tidak Terkendala  

MOBITEKNO – Pilkada serentak di Indonesia yang berlangsung pada tanggal 15 Februari 2017 lalu jadi pesta demokrasi yang memancing banyak orang untuk ramai berbicara di dunia maya, terutama lewat aplikasi media sosial. PT XL Axiata Tbk. (XL) mencatat bahwa pada hari pencoblosan telah terjadi kenaikan trafik layanan data yang cukup signifikan.

Kenaikan trafik layanan data terutama terjadi di daerah-daerah yang memang menyelenggarakan Pilkada, seperti di Aceh, Kepulauan Bangka Belitung, Jakarta dan Banten. Rata-rata, kenaikan trafik layanan data mencapai 17% dari rata-rata trafik di hari normal. Penggunaan media sosial (medsos) yang intens mendorong kenaikan tersebut mencapai 15%. 

Chief Service Management Officer PT XL Axiata Tbk., Yessie D. Yosetya menegaskan bahwa jaringan yang dimiliki oleh XL tidak mengalami kendala apa pun dalam menyajikan layanan telekomunikasi dan data selama Pilkada. Kenaikan trafik ini pun sudah diantisipasi oleh XL jauh-jauh hari sebelum Pilkada berlangsung.

"Sejak jauh-jauh hari XL sudah menyiapkan penguatan jaringan di semua daerah yang menyelenggarakan Pilkada. Antisipasi yang dilakukan XL antara lain adalah secara khusus memastikan kembali kapasitas jaringan di daerah-daerah yang menyelenggarakan Pilkada, dan hal-hal lain yang bersifat teknis," ujar Yessie.

Terpantau oleh XL, obrolan via Facebook paling tinggi kenaikannya, yaitu masing-masing di Aceh naik 53%, DKI 17%, Banten 14%, dan Bangka Belitung 9%. Sementara itu, dilihat dari lokasi kenaikan trafik, kenaikan paling tinggi terjadi di Aceh, yaitu sebanyak 27% dibanding trafik hari biasa, disusul DKI Jakarta 17%, Banten 17%, dan Bangka Belitung 7%.

Tags: , , , , ,


COMMENTS