July 10, 2016

Komputer Tercepat di Dunia Ternyata Buatan Tiongkok

Penulis: Elizabeth Swanti
Komputer Tercepat di Dunia Ternyata Buatan Tiongkok  

MOBITEKNO – Negeri Tiongkok mulai megejar menjadi negara adidaya. Selain tumbuh pesat dari sisi ekonomi, Tiongkok kini juga mulai mengejar menjadi negara super di bidang teknologi. Dilansir melalui The Independent, Tiongkok dikabarkan telah menciptakan superkomputer tercepat di dunia menggunakan teknologi asli. Super komputer yang dinamakan Sunway TaihuLight tersebut bahkan dapat mencapai kecepatan lebih dari 100 PFLOPS (quadrillions dari kalkulasi per detik). Menariknya, seluruh prosesor super komputer ini dirancang dan diproduksi di Tiongkok. Sunway TaihuLight merupakan rancangan National Supercomputing Center di Wuxi, sebelah barat Shanghai.

Sunway TaihuLight mampu bekerja hingga 93 petaflops, atau quadrillion kalkulasi per detik. Hal ini sangat bermanfaat untuk digunakan dalam rekayasa genetika dan penelitian termasuk iklim, cuaca, sains, manufaktur modern, dan analisis data. Kecepatan ini lima kali lebih cepat dari super komputer buatan Amerika serikat yang dikembangkan oleh Oak Ridge Titan dengan menggunakan Cray, NVIDIA dan teknologi Opteron.

Sunway TaihuLight dijadwalkan akan diperkenalkan Selasa mendatang dalam Konferensi Supercomputing Internasional di Frankfurt oleh direktur pusat Wuxi, Guangwen Yang. Meskipun komputer buatan Tiongkok juga telah menduduki peringkat teratas sebelumnya, namun tahun ini menandai pertama bahwa super komputer yang diciptakan sepenuhnya menggunakan chip buatan Tiongkok.

Superkomputer adalah salah satu dari serangkaian teknologi yang ditargetkan untuk dikembangkan oleh Partai Komunis yang berkuasa di Tiongkok. Pembangunan super komputer bahkan mendapatkan dukungan dana khusus yang besar dengan harapan sistem yang diciptakan mampu  digunakan untuk peramalan cuaca, merancang senjata nuklir, menganalisis ladang minyak dan tujuan khusus lainnya.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS