January 26, 2024

Nvidia dan NSF Kolaborasi Luncurkan Program NAIRR untuk AI yang Aman dan Berkelanjutan

Penulis: Iwan RS
Nvidia dan NSF Kolaborasi Luncurkan Program NAIRR untuk AI yang Aman dan Berkelanjutan  

Mobitekno – Nvidia dan National Science Foundation (NSF) mengumumkan kerja sama untuk mengembangkan program strategis terkait AI yang dinamakan Artificial Intelligence Research for Robust and Reliable Systems (NAIRR).

Program NAIRR bertujuan untuk mengembangkan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang lebih tangguh dan andal untuk diaplikasikan ke berbagai bidang kehidupan, seperti kesehatan, keselamatan, dan lingkungan.

NAIRR akan memberikan pendanaan penelitian untuk proyek-proyek yang berfokus pada pengembangan AI yang lebih tahan terhadap gangguan, lebih aman, dan lebih berkelanjutan.

Nvidia ai 01

Pendanaan akan diberikan untuk proyek-proyek yang bersifat fundamental maupun terapan, dan akan mencakup berbagai bidang, termasuk AI yang tangguh terhadap gangguan, seperti AI yang bisa beroperasi dalam kondisi yang tidak ideal, seperti lingkungan yang bising atau gangguan jaringan.

Bidang lainnya, yaitu menciptakan AI yang aman sehingga dapat diandalkan untuk melindungi data dan sistem dari serangan dan AI yang berkelanjutan yang dapat mengurangi konsumsi energi dan sumber daya alam.

Kolaborasi Nvidia dan NSF untuk Masa Depan AI di Amerika

Kolaborasi antara Nvidia dan NSF menandai titik penting dalam pengembangan sumber daya penelitian AI yang bertanggung jawab dan inovatif. Dengan dukungan US$30 juta dari Nvidia dalam bentuk teknologi selama dua tahun, program percontohan NAIRR diharapkan dapat meningkatkan skala percontohan, mempercepat potensi dampak yang lebih luas, dan membangun momentum menuju implementasi skala penuh.

Sethuraman Panchanathan, direktur NSF, menekankan pentingnya mengembangkan Sumber Daya Penelitian AI Nasional untuk masa depan AI di Amerika. Dengan berinvestasi dalam penelitian AI melalui uji coba NAIRR, AS mewujudkan penemuan dan dampak serta meningkatkan daya saing globalnya.

Nvidia ai 02

Jensen Huang, pendiri dan CEO Nvidia, menyatakan bahwa AI akan semakin mendefinisikan kehidupan di era saat ini dan potensinya akan semakin luas dengan memberikan akses luas terhadap kemampuan transformatifnya.

Program percontohan NAIRR, yang didukung oleh kemitraan antara pemerintah, industri, organisasi nirlaba, dan filantropi, berjanji untuk meningkatkan literasi AI dan pengembangan keterampilan di seluruh komunitas ilmiah.

Dengan memanfaatkan wawasan para peneliti yang menggunakan platformnya, Nvidia menawarkan peluang untuk menyempurnakan dan meningkatkan efektivitas teknologinya dalam bidang sains, sehingga mendukung kemajuan berkelanjutan dalam berbagai aplikasi AI.

Mempercepat akses terhadap AI

Kontribusi Nvidia, termasuk sumber daya superkomputer AI NVIDIA DGX Cloud dan perangkat lunak NVIDIA AI Enterprise, diharapkan dapat mempercepat penelitian dan pengembangan AI, termasuk penelitian dan pengembangan yang dilakukan dengan AI sendiri.

AI NVIDIA DGX Cloud adalah layanan cloud computing berbasis GPU yang disediakan oleh produsen berlogo warna hijau ini untuk membantu para peneliti, ilmuwan data, dan perusahaan dalam melakukan pembelajaran mesin dan deep learning. Sedangkan NVIDIA AI Enterprise merupakan platform end-to-end yang dikembangkan NVIDIA untuk membantu perusahaan mengimplementasikan artificial intelligence (AI) secara enterprise-scale.

NVIDIA AI, yang menawarkan komputasi akselerasi penuh dari sistem hingga perangkat lunak, memberikan landasan bagi AI generatif, dengan adopsi yang signifikan di seluruh penelitian dan industri.

Secara keseluruhan, peluncuran program percontohan NAIRR oleh Nvidia dan NSF berjanji untuk mendorong inovasi di berbagai sektor, mulai dari kesehatan hingga ilmu lingkungan, sehingga menempatkan AS di garis depan kemajuan AI global.

Nvidia ai 03

Dengan menyediakan akses terhadap komputasi tingkat lanjut, kumpulan data, model, perangkat lunak, pelatihan, dan dukungan pengguna bagi para peneliti dan pendidik yang berbasis di AS, NAIRR membuka jalan bagi investasi masa depan dalam inovasi AI dan mendukung upaya penting dalam mengembangkan AI yang dapat dipercaya.

Proyek-proyek kejasa sama keduanya akan mulai dilaksanakan pada tahun 2024 dan akan berlangsung selama lima tahun. Kerja sama Nvidia dan NSF dalam program NAIRR merupakan langkah penting untuk pengembangan AI yang lebih tangguh dan andal.

Program NAIRR akan menyediakan sumber daya riset AI yang sangat diperlukan bagi para peneliti dan pendidik AI yang berbasis di Amerika Serikat. Diantaranya akses ke komputasi canggih, dataset, model, perangkat lunak, pelatihan, dan dukungan pengguna yang diperlukan untuk mendorong penemuan dan inovasi AI yang bertanggung jawab.

Seperti halnya di banyak negara maju, program litbang AI akan memiliki dampak signifikan dalam meningkatkan daya saing suatu negara di tengah perlombaan teknologi. Secara umum, kemajuan di bidang AI ini juga akan memberikan manfaat bagi masyarakat umumnya.

Tags: , , , , ,


COMMENTS