November 9, 2016

Fujitsu Ujicoba Sistem Belajar Berbasis Digital di SMA Negeri 74 Jakarta

Penulis: Eko Lannueardy
Fujitsu Ujicoba Sistem Belajar Berbasis Digital di SMA Negeri 74 Jakarta  

MOBITEKNO – Fujitsu Limited dan PT. Fujitsu Indonesia mengumumkan digelarnya ujicoba penerapan Education Support System di salah satu sekolah tingkat menengah di Jakarta, tepatnya di SMA Negeri 74 dengan memanfaatkan tablet. Ujicoba ini efektif mulai berjalan pada tanggal 7 November hingga 23 Desember 2016.

Lewat rilis yang dikirim ke Mobitekno.com, Achmad S Sofwan, President Director, Fujitsu Indonesia menegaskan bahwa program ini selaras dengan visi Fujitsu, yakni mewujudkan Human-Centric Intelligent Society di mana inovasi bisnis dan sosial dapat berhasil terwujud berkat pemanfaatan teknologi informasi yang cerdas, bijak dan tepat. 

"Melalui metode ini, kami berharap siswa yang saat ini merupakan bagian dari generasi digital mampu mendorong mereka untuk memahami filosofi teknologi bagi peningkatan kualitas kehidupan, meningkatkan kualitas belajarnya, termasuk belajar membangun karakter diri, serta meningkatkan kreativitas dan berinteraksi dengan lingkungannya," ujar Sofwan.

Dalam pelaksanaan ujicoba ini tablet Fujitsu, ARROWS Tab Q704/H akan digunakan sebagai peranti pendukung di kelas bagi pengajar maupun siswa, berikut Fujitsu Education Solution K-12 Learning Information Utilization System V1 Chietama. Solusi Chietama ini akan memudahkan pengajar dalam menyiapkan bahan ajar dengan memanfaatkan sumber daya teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

""

Selain itu, sistem ini juga memungkinkan siswa untuk mengumpulkan semua tugas dan hasil karyanya melalu tablet. Dengan begitu, program ini dapat mendukung tingkat partisipasi siswa dalam setiap mata pelajaran serta membantu mereka untuk aktif dalam kerja kelompok. 

Dari rangkaian program ujicoba yang dilaksanakan di lini pendidikan di Indonesia tersebut, Fujitsu selanjutnya akan melakukan validasi pada tingkat efektivitas dari sistem pembelajaran tersebut. Sistem atau solusi ini sendiri telah berhasil diterapkan oleh Fujitsu di Jepang dan Thailand dengan hasil memuaskan.

Tak hanya berjalan sendiri, inisiatif ini diprakarsai oleh Fujitsu Indonesia juga menggandeng atau bekerja sama dengan Global Peace Foundation (GPF) Indonesia, sebuah lembaga swadaya masyarakat yang fokus dalam mendukung peningkatan kapabilitas siswa di Indonesia.

Sejak tahun 2014, Fujitsu telah merilis solusi Chietama ini di Jepang, dan pada 2015 mereka mulai menerapkannya di Thailand. Melalui proses ujicoba Chietama di Indonesia, diharapkan efektivitas pendidikan melalui pendayagunaan TIK akan meningkat. Ini sekaligus wujud kontribusi dan andil nyata Fujitsu dalam turut meningkatkan kemampuan akademik siswa di Indonesia.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS