January 5, 2016

Polaris: Arsitektur GPU Pertama dari AMD dengan Pabrikasi 14 nm

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Polaris: Arsitektur GPU Pertama dari AMD dengan Pabrikasi 14 nm  

MOBITEKNO – Tahun baru, harapan baru. Di awal tahun 2016 ini, AMD juga punya harapan baru berkaitan dengan bisnisnya di sektor graphics di bawah payung Radeon Technologies Group (RTG). Harapan baru yang akan disampaikan AMD di ajang CES 2016, Las Vegas, AS ini menyangkut kehadiran arsitektur GPU terbarunya yang pertama dibuat dengan proses produksi 14 nm.

Peralihan ke proses produksi 14 nm begitu pentingnya bagi AMD karena sebaik apapun desain arsitekturnya suatu GPU akan menjadi kurang optimal jika tidak dibuat dengan proses produksi yang kalah canggih dan efisien dibandingkan produk kompetitor.

AMD pernah merasakan bagaimana ‘susahnya’ mendesain suatu chip, dalam hal ini CPU dan GPU baru yang lebih efisien dengan limitasi pada proses produksi yang tidak mengalami modernisasi. Contohnya pada chip CPU terbarunya Carrizo atau beberapa lini produk GPU-nya selama ini.

Tidak seperti Intel yang memiliki keunggulan pada dua aspek (desain dan produksi chip), AMD sejauh ini hanya berlaku sebagai fabless chip maker yang mengandalkan keahliannya dalam mendesain arsitektur chip baru dan mengandalkan pabrikan semikonduktor lain, seperti GlobalFoundries, TSMC, atau mungkin Samsung untuk melakukan proses manufaktur chip.

Arsitektur GPU terbaru AMD yang disebutnya Polaris bukan datang dengan proses produksi terbaru 14 nm, tapi juga mengusung sejumlah penyempurnaan lainnya, di antaranya dukungan HDR monitor dan peningkatan performance-per-watt.

Selain peningkatan efisiensi yang signifikan, GPU AMD Polaris dengan proses produksi FinFET 14 nm ini juga dirancang untuk dapat menghadirkan frame rate ideal di berbagai aplikasi graphics, gaming, VR (Virtual Reality), dan multimedia di PC desktor dan sederet produk smal form factor PC lainnya.

Polaris sebagai arsitektur Graphics Core Next (GCN) generasi ke-4 AMD akan mendukung standar HDMI 2.0a, DisplayPort 1.3, serta proses encoding-decoding video format 4K H.265 (HEVC).

Lisa Su, Presiden dan CEO AMD, menegaskan kehadiran arsitektur dengan menyatakan, “Arsitektur Polaris terbaru kami menunjukkan peningkatan signifikan dalam aspek performa, efisiensi daya, dan fitur.”

“2016 akan menjadi tahun yang menarik bagi pengguna produk Radeon dengan hadirnay Polaris, update Radeon Software Crimson Edition, dan berbagai inovasi lainnya dari Radeon Technologies Group”, janji Lisa.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS