May 10, 2016

Susul Nvidia, AMD Dikabarkan Siap Luncurkan GPU Polaris Akhir Bulan Ini

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Susul Nvidia, AMD Dikabarkan Siap Luncurkan GPU Polaris Akhir Bulan Ini  

MOBITEKNO – Beberapa hari setelah Nvidia mengumumkan GPU terbarunya, GeForce GTX 1080 dan GTX 1070 dengan arsitektur Pascal, rival utamanya AMD dikabarkan bersiap menggelar konferensi pers pada akhir Mei ini. Kuat dugaan dugaan, AMD akan memperkenalkan arsitektur GPU terbarunya, Polaris yang sudah digaung-gaungkan sejak tahu lalu.

Informasi mengenai GPU Polaris sejauh ini menyebutkan AMD akan menghadirkan dua GPU Polaris (Polaris 10 dan 11) tahun ini yang berfokus pada teknologi GPU dengan perbandingan performance/watt yang lebih baik. Apabila Polaris 11 lebih dirancang sebagai GPU untuk laptop dan desktop entry-level desktop, Polaris 10 akan disasar sebagai GPU mainstream desktop dan high-end mobility.

AMD Polaris 10 GPU yang akan menjadi chip GPU flagship AMD akan mengusung arsitektur GCN 4.0 terbaru sebelum kehadiran flagship berikutnya, Vega di tahun 2017.

Pada ajang khusus Capsaicin 2016 belum lama ini, AMD sempat mendemokan performa graphics card berbais GPU Polaris 10 untuk menjalankan game Hitman pada framerate 60 fps stabil dalam mode Graphics API DirectX 12 dan resolusi 1440P. Meski Polaris 10 menyodorkan performa di level GPU Radeon Fury X, AMD akan mengandalkannya sebagai GPU untuk lini graphics card mainstream.

Menurut website Zolkorn, ‘Las Vegas Asia’ Macau akan dipilih AMD sebagai lokasi peluncurkan GPU Polaris 10 dan 11 dengan jadwal agenda antara tanggal 26 hingga 31 Mei ini. Waktu dan lokasi yang berdekatan dengan ajang Computex 2016 di Taipei, Taiwan boleh jadi dimaksudkan AMD untuk memanfaaatkan momentum dari ajang komputer terbesar di Asia tersebut.

Bakal digelarnya acara di Macau ini berkaitan dengan kabar sebelumnya yang mengindikasikan AMD akan meluncurkan dua GPU seri terbaru, yaitu Radeon R9 490 dan Radeon 490x pada bulan Juni nanti.

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS