December 29, 2015

Setelah Lombok dan Bali, XL Perkenalkan mFish untuk Nelayan di Madura

Penulis: Eko Lannueardy
Setelah Lombok dan Bali, XL Perkenalkan mFish untuk Nelayan di Madura  

MOBITEKNO – Layanan mFish yang dikembangkan oleh PT XL Axiata Tbk. (XL) terus disosialisasikan kepada sejumlah nelayan di Tanah Air. Kali ini, XL memperkenalkan layanannya tersebut untuk para nelayan di Kabupaten Pamekasan, Madura. Untuk langkah pertama, 110 nelayan memperoleh bantuan paket aplikasi “mFish” dipakai sebagai pemandu menjalani profesinya.

Program kerjasama ini juga menggandeng langsung Bupati Pamekasan, Drs. Achmad Syafii, MSi yang turut menandatangani MoU bertajuk "Sinergi mFish dan Perikanan yang Berkelanjutan", (23/12) bersama dengan Desy Sari Dewi, Vice President East Region XL. Rencananya, kerjasama serupa juga akan segera dilaksanakan di dua Kabupaten lainnya di Madura.

"XL terus mendukung masyarakat nelayan di Tanah Air lewat implementasi teknologi digital, seperti mFish contohnya. Harapannya, para pengguna aplikasi ini mampu meningkatkan hasil tangkapannya. Pada akhirnya, aplikasi ini juga membantu para nelayan untuk meningkatkan kualitas hidupnya," ujar Desy.

Seiring visi pemerintah menyediakan "Desa Broadband" di berbagai penjuru Tanah Air, aplikasi mFish yang diracik oleh XL kini telah bermanfaat bagi nelayan di Lombok dan Bali. Dalam program ini, lanjut Desy, nelayan pengguna mFish akan memperolegh gratis biaya paket data selama 6 bulan, termasuk handset plus aplikasi mFish, paket data 1 GB/bulan dan charger tenaga surya.

Rencananya, XL juga akan menandatangai kerjasama mFish dengan Pemkab Bangkalan dan Pemkab Sumenep. Total sekitar 350 paket mFish bakal diaplikasikan di Madura. Selain fitur informasi cuaca dan lokasi keberadaan plankton, mFish juga menyediakan informasi arah dan kecepatan angin, posisi di laut, serta waktu air pasang. Lewat aplikasi ini, nelayan juga bisa saling berkomunikasi.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS