January 4, 2018

Trafik 4G-LTE XL Melonjak 300% Saat Libur Pergantian Tahun

Penulis: Eko Lannueardy
Trafik 4G-LTE XL Melonjak 300% Saat Libur Pergantian Tahun  

Mobitekno – Trafik layanan data PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) pada liburan pergantian tahun 2017/2018 mengalami peningkatan yang melebihi trafik di hari biasa dan trafik di periode yang sama tahun lalu. Peningkatan trafik data terlihat terjadi di sepanjang 28 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018.

Selama 5 hari tersebut, trafik data secara rata-rata meningkat dari hari-hari biasa dan puncaknya pada malam pergantian tahun baru hingga tanggal 1 Januari 2018 yang mencapai sekitar 20%. Jika dibandingkan dengan periode liburan pergantian tahun 2016/2017, kenaikan trafik data mencapai 160% di tanggal 1 Januari 2018, dan trafik layanan 4G LTE mencapai 300%.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya menyebutkan, trend kenaikan trafik akses video melalui layanan YouTube  di liburan Natal, berlanjut pada periode pergantian tahun dan mencapai kenaikan 15 kali lipat. Sementara kenaikan trafik berbagai layanan data terjadi di sebagian besar wilayah layanan XL Axiata.

“Selain akses ke layanan data,video streaming dan social media yang menjadi pendorong utama kenaikan trafik tersebut, kenaikan trafik yang kami raih juga tidak terlepas dengan semakin nyamannya pelanggan menggunakan layanann 4G LTE di berbagai daerah,” ucap Yessie.

Lebih jauh Yessie menjelaskan bahwa hingga akhir Desember 2017, kota/kabupaten yang telah terjangkau layanan internet berkecepatan tinggi dari XL Axiata telah mencapai 360 kota. Dengan 4G LTE, akses ke konten-konten video dan film menjadi semakin baik dan nyaman untuk dinikmati.

Pelanggan XL Axiata juga mengisi liburan panjang Natal dan berlanjut Tahun Baru 2018 dengan beraktivitas melalui beragam sosial media. Facebook, Twitter, Instagram, LINE, dan Youtube masih menjadi tempat masyarakat dan pelanggan XL Axiata untuk menghabiskan aktivitasnya di dunia digital.

Secara rata-rata, akses ke media sosial berbagai platform tersebut naik sebesar 15%, di mana di puncak malam tahun baru kenaikannya mencapai sekitar 60%. Akses ke aplikasi Whatsapp menjadi yang paling tinggi kenaikannya, mencapai 70%, bahkan di malam tahun baru naik sampai dengan 1.000% dibandingkan malam biasanya.

Dari beragam media sosial tersebut, pelanggan mengakses informasi berita yang disediakan media, menyampaikan pesan pribadi, chatting, berbagi video live streaming, bahkan juga melakukan belanja online. Sementara, kaum muda banyak mengakses layanan video di Youtube. Selain itu, mereka juga lebih sering mengakses video on demand atau VoD, seperti iflix.

Terkait area dengan kenaikan trafik tertinggi, wilayah Central Java dan West Java menyumbang kenaikan tertinggi dengan 29% dan 21%. Untuk wilayah kota besar lainnya di luar Jawa, seperti Medan naik sekitar 5%, Makassar 4%, Palembang 21%, Pontianak 22% dan Lampung 22 %. Di daerah tujuan wisata, seperti Bali naik 24%, Yogyakarta 27% dan Bandung 13%.

Strategi antisipasi kenaikan trafik, XL Axiata juga menyesuaikan dengan pergerakan masyarakat sepanjang liburan. Untuk itu, XL Axiata melakukan antisipasi dengan memperkuat jaringan di daerah-daerah yang diprediksi akan terjadi kenaikan secara signifikan, antara lain daerah tujuan wisata popular, seperti Bandung, Yogyakarta, dan Bali.

Tidak lupa, XL Axiata juga menguatkan jaringan di lokasi-lokasi yang berhubungan dengan transportasi publik, seperti terminal bus, stasiun kereta, pelabuhan, dan bandar udara. Penguatan juga dilakukan di sepanjang jalur jalan raya yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota di Jawa yang menjadi tujuan wisata popular.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS