August 14, 2015

GMIC Jakarta 2015: Seluk Beluk dan Peluang Bisnis Industri Mobile Internet Ada di Sini

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
GMIC Jakarta 2015: Seluk Beluk dan Peluang Bisnis Industri Mobile Internet Ada di Sini  

MOBITEKNO – Berangkat sebagai ajang dialog tahunan antara berbagai perusahaan Internet mobile di Cina dan Jepang pada tahun 2009, GMIC (Global Mobile Internet Conference) saat ini telah menjelma menjadi konferensi global yang mempertemukan para eksekutif, pengusaha, developer (pengembang), dan investor industri selular dan Internet dari seluruh dunia.

Kini, di awal paruh kedua tahun ini, GMIC untuk pertama kalinya diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 10-11 Agustus. Dipilihnya Indonesia sebagai negara pertama di Asia Tenggara yang menjadi tuan rumah GMIC 2015 bukanlah tanpa alasan.

Salah satu alasan utamanya adalah pengakuan dunia terhadap Indonesia sebagai negara dengan pasar teknologi mobile yang berkembang sangat pesat. Laporan Ericsson Mobility belum lama ini juga menyebut Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan Internet tertinggi keempat di dunia setelah India, Cina, dan Myanmar.

Indonesia pun diharapkan menjadi gerbang pembuka bagi negara-negara Asia Tenggara lainnya dalam mengembangkan teknolgi industri mobile-nya di seluruh negara di Asia Tenggara.

Seperti diketahui, Jakarta merupakan kota keempat yang menjadi tuan rumah terselenggaranya GMIC tahun ini setelah Beijing, New York, dan Tokyo. Setelah di Jakarta, GMIC 2015 juga akan hadir di kota lainnya di dunia, seperti di Bangalore, Silicon Valley, Sao Paulo, dan Taipei.

GMIC 2015 di Jakarta yang mengambil tema "Bringing the Best of the Mobile Internet World to Southeast Asia and Vice Versa” akan diisi dengan berbagai topik diskusi, seperti Thought Leadership, Mobile Marketing and Monetization, Internet of Things, Global Game Summit, dan AppAttack.

Wen Chu, pendiri dan CEO GWC yang merupakan penggagas GMIC sejak tahun 2009 lalu berkata, "Kami percaya bahwa Asia Tenggara memiliki pemain-pemain yang potensial di industri teknologi mobile, khususnya di Indonesia. Dengan hadirnya GMIC, GWC berharap terjadi adanya pengembangan pengetahuan, wawasan, pasar, jaringan, dan meningkatnya pemahanan akan industri teknologi mobile.”

Beberapa tokoh yang akan hadir untuk memberikan pandangannya mengenai teknologi mobile dan dampaknya bagi dunia antara lain, Wen Chu (Founder dan CEO GWC), Wang Gaofei (CEO Weibo), dan Sonny Vu (Founder dan CEO Misfit). Topik-topik yang mereka sampaikan tersebut akan lebih dititikberatkan pada pasar di Indonesia pada khususnya dan Asia Tenggara pada umumnya.

Menutup sambutannya, Wen Chu menyampaikan harapannya agar GMIC di Jakarta bisa menjadi ajang yang bermanfaat bagi para pengunjung dalam memahami situasi dan kondisi industri teknologi mobile di Asia Tenggara.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS