April 20, 2024

Sambut Hari Bumi dan Kartini 2024, Tokopedia dan TikTok Berdayakan Perempuan dan Bisnis Hijau Lewat Teknologi

Penulis: Rizki R
Sambut Hari Bumi dan Kartini 2024, Tokopedia dan TikTok Berdayakan Perempuan dan Bisnis Hijau Lewat Teknologi  

Mobitekno – Menyambut Hari Kartini dan Hari Bumi pada April 2024, Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia terus memperkuat peran perempuan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta membantu pelaku usaha yang peduli lingkungan untuk berkembang lebih jauh dengan memanfaatkan teknologi.

Communications Senior Lead Tokopedia, Antonia Adega, menjelaskan bahwa peran perempuan dalam ekonomi semakin penting, terutama di sektor UMKM. Tokopedia dan TikTok mencatat peningkatan signifikan dalam partisipasi perempuan dalam berwirausaha, dengan jumlah perempuan pelaku usaha yang memulai bisnis meningkat 1,5 kali lipat selama pandemi.

“Program seperti Kelas Perempuan Maju Digital dan Modul Perempuan Maju Digital telah berhasil memberikan pelatihan digitalisasi usaha dan literasi keuangan kepada para perempuan pelaku UMKM,” terangnya, Jumat (19/4).

Tokopedia dan TikTok

Selain mendukung perempuan pelaku UMKM, Tokopedia juga berkomitmen untuk membantu pelaku usaha yang bergerak di bisnis ramah lingkungan melalui gerakan Tokopedia Hijau. Melalui Tokopedia Hijau, masyarakat dapat dengan mudah menemukan produk ramah lingkungan yang terkurasi, sementara penjual di platform ini diberdayakan untuk menerapkan praktik bisnis yang lebih berkelanjutan.

Lewat halaman khusus Tokopedia Hijau, masyarakat bisa lebih mudah menemukan berbagai produk ramah lingkungan yang terkurasi dari pelaku usaha lokal, seperti Klandizie dan Serenitree. Masyarakat yang berbelanja melalui halaman khusus Tokopedia Hijau juga dapat berkontribusi langsung untuk mulai mengurangi sampah pasca konsumsi karena barang yang dikirim ke pembeli akan menggunakan kemasan yang lebih ramah lingkungan, seperti paper wrap, kertas cacah, serat nanas dan berbagai alternatif kemasan.

IMG 20240420 165824

Tokopedia dan TikTok Bantu Perluas Jangkauan Bagi Klandizie dan Serenitree

Berangkat dari kesadaran akan isu lingkungan, banyak pelaku usaha seperti Klandizie dan Serenitree telah berhasil memanfaatkan platform Tokopedia dan TikTok untuk mengembangkan bisnis mereka. Klandizie menjual barang ramah lingkungan preloved, sementara Serenitree menawarkan produk sabun organik.

Melalui dukungan fitur-fitur seperti Flash Sale dan Diskon Toko, kedua bisnis ini telah melihat peningkatan signifikan dalam penjualan mereka.

Sadar akan pentingnya platform teknologi di era digital, Klandizie membuka toko di Tokopedia maupun Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok.

“Berkat berbagai inisiatif Tokopedia dan Shop | Tokopedia, antara lain Beli Lokal, Ramadan Ekstra dan Tokopedia Hijau, kami bisa makin memperluas pasar. Kami juga pernah memenangkan kompetisi ‘Hijaukan Toko Tokopedia Hijau’ pada tahun 2022 dan menggunakan hadiah dari kompetisi tersebut untuk mengembangkan bisnis,” ujar Amanda, Co-Founder Klandizie.

Tokopedia dan TikTok

Tokopedia dan TikTok

Sementara itu, Sandra selaku owner Serenitree mengungkapkan, “Berbagai fitur yang ditawarkan Tokopedia, seperti Flash Sale, fitur beriklan TopAds, dan Diskon Toko, penjualan Serenitree terus meningkat. Bahkan saat flash sale, penjualan Serenitree bisa meningkat hingga 3 kali lipat,”

Dengan terus memberdayakan perempuan pelaku UMKM dan mendukung bisnis ramah lingkungan, Tokopedia dan TikTok tidak hanya berperan dalam perkembangan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, tetapi juga membantu menciptakan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan hidup. Dalam menghadapi tantangan masa depan, kolaborasi antara teknologi dan kepedulian lingkungan akan menjadi kunci dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi semua.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS