April 19, 2024

Elektrifikasi Produk Berlanjut. Honda Pamerkan 3 Model Baru Mobil Listrik Ye Series di Auto China 2024

Penulis: Iwan RS
Elektrifikasi Produk Berlanjut. Honda Pamerkan 3 Model Baru Mobil Listrik Ye Series di Auto China 2024  

Mobitekno – Honda memperkenalkan lini model mobil listrik terbarunya yang dilabeli Honda Ye Series untuk pasar Tiongkok pada ajang pameran 18th Beijing International Automotive Exhibition (Auto China 2024) yang akan berlangsung pada tanggal 25 April hingga 4 Mei 2024.

Pada pameran Auto China 2024 ini, Honda akan menampilkan secara perdana tiga model pertama dari Yè Series yaitu Honda Ye P7, Honda Ye S7, dan Honda Ye GT CONCEPT. Adapun seluruh lini Seri Ye akan diperkenalkan di pasar Tiongkok pada tahun 2027.

Honda Ye P7 01
Honda Ye P7 adalah salah satu model mobil listrik pertama dari lini Ye series.

Seri kendaraan listrik baru Honda ini diberi nama (Ye) yang memiliki arti bersinar cemerlang, arti kata ini mewakili keinginan Honda untuk memungkinkan setiap orang yang mengendarai model Ye Series untuk mengekspresikan diri mereka melalui kegembiraan berkendara, dengan setiap individu bersinar dalam keunikannya masing-masing.

Mobil listrik Honda Ye series melengkapi e:N series

Ye Series yang sgera masuk pasar Tiongkok merupakan lini terbaru baru dalam upaya Honda untuk elektrifikasi produk mobilnya di Tiongkok. Sebelumnya, Honda telah memperkenalkan lini mobil listriknya dari e:N series.

Lini model Ye Series akan mengusung logo H baru yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik terbaru dimana model Yè Series telah dirancang untuk memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Seri terbaru ini dikembangkan untuk berfokus pada pengalaman pengemudi dimana seri ini menawarkan performa berkendara yang disempurnakan, platform EV khusus yang baru, dan teknologi elektrifikasi terkini.

Dengan penerapan teknologi kecerdasan buatan (AI), Ye Series menghadirkan ruang bagi semua penumpang dapat menikmati mobilitas dengan nyaman.

Honda Ye S7 01
Honda Ye S7 adalah model mobil listrik lainnya dari lini Ye series.

Honda Ye P7 dan Ye S7 akan hadir dalam variasi penggerak roda belakang menggunakan satu motor listrik, menggunakan dua motor, serta penggerak empat roda. Variasi penggerak roda belakang dirancang untuk menawarkan pengalaman yang sporty dan tajam. Kemudian untuk variasi penggerak empat roda dirancang untuk menawarkan tenaga tinggi dan pengendalian yang sangat responsif untuk mewujudkan berkendara sesuai keinginan pengemudi.

Model ini menawarkan kabin yang luas sehingga memungkinkan penumpang kursi depan dan belakang menikmati kenyamanan berkendara. Desain kendaraan mencerminkan gaya dan citra masing-masing yang ingin diciptakan oleh setiap model.

Desain Honda model Ye P7 mengekspresikan gambaran masa depan yang mulus, canggih, dan cerdas, sedangkan Ye S7 mengekspresikan perasaan masa depan yang lebih emosional yang menstimulasi orang yang melihat kendaraan tersebut.

Kedua model telah siap diproduksi massal untuk dijual pasar Tiongkok pada akhir tahun 2024.

Menarik untuk dilihat seperti apa respons konsumennya mengingat Tiongkok merupakan salah satu pasar mobil listrik yang paling kompetitif di dunia.

Kemudian untuk model Honda Ye GT CONCEPT mengusung desain konsep rendah dan lebar yang sesuai dengan nama GT (Grand Tourer). Model konsep ini mengusung desain kursi pengemudi serendah mungkin untuk membenamkan pengemudi dalam pengalaman berkendara, layaknya seorang pembalap.

Honda Ye Gt Concept 02
Honda Ye GT CONCEPT mengusung desain konsep rendah dan lebar sesuai namanya GT (Grand Tourer). Model ini mulai dipasarkan di Tiongkok sebelum akhir 2025.

Honda Ye Gt Concept 03

Selain itu, performa dinamis telah disempurnakan untuk memberikan pengalaman berkendara terbaik di mana pengemudi menikmati rasa menyatu dengan kendaraannya. Honda Ye GT CONCEPT direncanakan akan mulai dijual sebelum akhir tahun 2025.

Honda telah menetapkan tujuan global untuk mewujudkan netralitas karbon untuk semua produk dan aktivitas perusahaan yang melibatkan Honda pada tahun 2050.

Untuk mencapai tujuan ini, dimulai dengan pengenalan model e:NS1 dan e:NP1 pada tahun 2022, Honda berencana untuk memperkenalkan total dari 10 model kendaraan listrik merek Honda di Tiongkok pada tahun 2027, dan berupaya menjadikan kendaraan listrik mewakili 100% penjualan mobilnya di Tiongkok pada tahun 2035.

Honda melakukan program elektrifikasi sejak 2021

Honda memulai program elektrifikasi lini mobilnya pada tahun 2012 dengan peluncuran Honda Fit EV. Selanjutnya, Honda kembali meluncurkan Honda Clarity Electric, mobil listrik pertamanya yang diproduksi secara massal pada tahun 2018. Sejak itu, Honda telah memperkenalkan beberapa mobil listrik lainnya, termasuk Honda e, Honda CR-V Hybrid, dan Honda Insight Hybrid.

ye s7 gt concept p7 2024 001

Pada tahun 2021, Honda mengumumkan rencana untuk meluncurkan 30 model mobil listrik baru secara global hingga tahun 2030. Honda juga berencana untuk menginvestasikan sekitar ¥8 triliun (sekitar US$70 miliar) dalam penelitian dan pengembangan elektrifikasi selama 10 tahun ke depan.

Di Indonesia sendiri, Honda melalui PT Honda Prospect Motor (HPM) telah memperkenalkan Honda Jazz Hybrid pada tahun 2020 dan dua mobil hybrid-nya untuk lini Honda CR-V dan Accord. Ke depan, Honda juga telah menyiapkan beberapa produk mobil model hybrid lainnya di pasar tanah air.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS