January 14, 2024

Gak Pake Lama! Sikat Gigit Pintar Y-Brush Janjikan Gosok Gigi Hanya 10 Detik

Penulis: Iwan RS
Gak Pake Lama! Sikat Gigit Pintar Y-Brush Janjikan Gosok Gigi Hanya 10 Detik  

Mobitekno – Sikat gigi pintar (smart toothbrush) terbaru Y-Brush diperkenalkan di CES 2024, Las Vegas, Amerika Serikat. Salah satu daya tarik utama Y-Brush yang dbuat oleh perusahaan Prancis FasTeesH adalah kemampuannya membersihkan gigi hanya dalam waktu 10 hingga 20 detik.

Sebagai salah satu pameran elektronik konsumen awal tahun terbesar di dunia, CES 2024 menarik rasa ingin tahu dengan berbagai inovasi pada produk yang dipamerkan di sana, termasuk smart toothbrush Y-Brush.

Y Brush smart tootbrush 02

Y-Brush pertama kali muncul di CES pada tahun 2017. Selama bertahun-tahun, produk ini menerima beragam respons, namun seiring dengan berkembangnya teknologi, respons yang diterima semakin positif, termasuk inovasi terbaru yang dipamerkan di CES 2024.

Cukup 10 detik gigi pun bersih dan cemerlang

Y-Brush terbaru diklaim FasTeesH dapat membersihkan gigi hanya dalam hitungan detik, jauh lebih singkat daripda menggosok gigi secara manual yang biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 atau 3 menit.

Kecepatannya menggosok gigi dan bersih secara klinis membuat smart toothbrush ini menarik bagi siapa saya yang tidak inigin berlama-lama menggosok gigi, misalnya karena terburu-buru berangkat kerja atau terlanjur mengantuk di malam hari.

Y Brush smart tootbrush 01

Sikat gigi pintar ini terlihat seperti pelindung mulut dengan bulu nilon yang menutupi gigi atas dan bawah. Selain terhubung ke aplikasi smartphone via koneksi Bluetooth, sikat gigi ini menggunakan getaran sonik untuk menghilangkan plak dan bakteri dari gigi Anda.

Kalim bisa menyikat gigi secara bersih hanya dalam waktu 10-20 detik, dua kali sehari tentu menarik konsumen. Pengguna pun tidak perlu lagi menggosok gigi dengan cermat, tidak perlu lagi malas melakukan tugas pagi, sore atau malam hari.

Y-Brush vs sikat gigi konvensional

Apakah menggunakan Y-Brush selama 10 detik sama efektif dan higiensinya dibandingkan menggosok gigi konvensional/tradisional dengan sikat gigi biasa selama 2 menit?

Menurut FasTeesH, Y-Brush menggusung teknologi yang menjamin kebersihan gigi yang sama bahkan lebih efektif dibandingkan metode menyikat gigi konvensional.

Y Brush smart tootbrush 05

Rahasianya terletak pada 35.000 bulu nilon, masing-masing bergetar pada frekuensi sonik 30.000 per menit. Tindakan berdenyut ini mengganggu plak dan menghilangkan bakteri dengan sangat teliti, bahkan menjangkau sudut-sudut yang sulit dijangkau dan sering diabaikan.

Y-Brush bukan hanya cepat dan efisien tapi juga dilengkapi dengan fitur cerdas yang menjadikan perawatan mulut Anda lebih personal. Aplikasi yang terhubung melalui koneksi Bluetooth ini memungkinkan Anda melacak kebiasaan menyikat gigi, mengatur pengingat, hingga memilih berbagai mode pembersihan seperti “lembut” atau “memutihkan”.

Aplikasi ini juga menganalisis cara Anda dalam menyikat gigi, menawarkan rekomendasi untuk membantu Anda dalam meningkatkan kebersihan dan kesehatan bagian mulut Anda.

Tersedia model untuk anak-anak

Namun bagaimana dengan mereka yang memiliki mulut lebih kecil atau anak-anak yang membutuhkan sentuhan lebih lembut? FasTeesH menyebutkan jika sikat gigi mereka juga dapat dipersonalisasi. Sikat ini hadir dalam dua ukuran, dewasa dan anak-anak, memastikan kenyamanan dan efektif untuk semua orang.

Y Brush smart tootbrush 03

Dan bagi mereka yang merindukan sensasi menyikat gigi secara manual, Y-Brush juga menawarkan mode “guided brushing” atau menggosok gigi dengan dipandu yang meniru gerakan maju mundur sikat gigi konvensional.

Y-Brush bukan menarik konsumen dengan cara barunya menggosok gigi tapi juga mendapat perhatian para dokter gigi dan ahli kebersihan mulut. Y-Brush dianggap bisa mendukung program peningkatan kesehatan gigi masyarakat, terutama bagi mereka yang kurang rajin menggosok gigi dengan metode konvensional.

Harga masih belum terjangkau untuk konsumen luas

Kekurangannya seperti halnya produk baru yang belum diproduksi secaa massal adalah masalah harga. Y-Brush hadir dengan harga yang lebih tinggi (sektiar US$ 125) daripada sikat gigi rata-rata, dan kepala sikat pengganti perlu diganti setiap empat bulan. Selain itu, beberapa pengguna mungkin menganggap desainnya yang berbentuk U tidak lazim dan agak besar.

Namun terlepas dari kendala kecil ini, Y-Brush telah menawarkan inovasi penting dalam teknologi perawatan mulut. Kemampuannya untuk membersihkan gigi secara efektif hanya dalam 10 detik merupakan terobosan baru bagi individu yang sibuk dan mereka yang menganggap menyikat gigi secara rutin dengan metode konvensioanl terlalu membosankan.

Dengan fitur-fitur cerdas dan pendekatan yang dipersonalisasi, Y-Brush dianggapo berpotensi merevolusi cara konsumen dalam merawat gigi. Hanya waktu yang akan menentukan apakah produk ini mendisrupsi konsumen dalam merawat gigi. Satu hal yang pasti, sikat gigi inovatif Y-Brush telah menawarkan metode merawat kesehatan gigi dan mulut yang lebih cepat, efisien, dan lebih menyenangkan.

Tags: , , , , ,


COMMENTS