September 2, 2024

Dorong Inovasi Startup, Amazon Web Services Gelontorkan US$230 Juta untuk Proyek AI Generatif

Penulis: Rizki R
Dorong Inovasi Startup, Amazon Web Services Gelontorkan US$230 Juta untuk Proyek AI Generatif 

MobiteknoAmazon Web Services (AWS) belum lama ini mengumumkan komitmen investasi sebesar US$230 juta dalam upaya mendukung startup untuk menciptakan solusi inovatif menggunakan AI generatif. Langkah ini bertujuan untuk membantu startup di seluruh dunia mengembangkan aplikasi berbasis AI generatif yang dapat menghadirkan perubahan signifikan di berbagai industri.

Salah satu program unggulan dari Amazon Web Services, yakni AWS Generative AI Accelerator, akan diperluas untuk mendukung 80 pendiri startup di seluruh dunia, termasuk 20 pendiri dari wilayah Asia Pasifik dan Jepang (APJ). Program ini memberikan akses ke pemrograman teknis dan bisnis yang disesuaikan untuk mendorong pertumbuhan startup.

Selain mendukung startup, Amazon Web Services juga meluncurkan Inisiatif Dampak AI Generatif dengan dana sebesar US$50 juta. Inisiatif ini ditujukan untuk organisasi sektor publik yang memiliki misi kritis, guna mempercepat inovasi dengan memanfaatkan layanan dan infrastruktur AI generatif dari AWS. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk memberdayakan organisasi-organisasi di sektor publik dalam menghadapi tantangan global melalui solusi teknologi yang canggih.

Amazon Web Services

Amazon Web Services juga berkomitmen untuk mendemokratisasi akses ke karir di bidang teknologi cloud, seperti pengembang perangkat lunak, melalui program pelatihan dan pendidikan keterampilan AI dan ML yang mudah diakses oleh semua orang. AWS menawarkan lebih dari 100 kursus dan sumber belajar gratis dan berbiaya rendah mengenai AI, ML, dan AI generatif melalui AWS Skill Builder dan AWS Educate. Kedua platform ini merupakan pusat pembelajaran digital yang dirancang untuk peserta didik dari berbagai latar belakang dan pengalaman.

Untuk mencapai potensi penuh AI dan mengatasi tantangan global, pendidikan AI harus dapat diakses oleh siapa saja yang berminat. Melalui komitmen ‘AI Ready’, Amazon Web Services bertujuan untuk menyediakan pelatihan keterampilan AI secara gratis kepada 2 juta orang pada tahun 2025.

Klinik Pintar Gunakan Amazon Web Services untuk Meningkatkan Layanan Kesehatan

IMG 20240827 104730 scaled

Sebagai bagian dari komitmen globalnya, Amazon Web Services juga memperkenalkan AWS Generative AI Spotlight, sebuah program akselerator selama empat minggu yang dirancang khusus untuk mendukung 150 startup pemula di wilayah Asia Pasifik dan Jepang (APJ). Program ini mencakup 25 startup dari Australia dan Selandia Baru, 40 dari India, 15 dari Korea Selatan, 15 dari Jepang, dan 25 dari ASEAN, termasuk 11 startup dari Indonesia. Melalui program ini, para startup akan mendapatkan bimbingan untuk mempercepat pemahaman dan penguasaan mereka terhadap alat dan layanan AI generatif dari AWS.

Peserta program ini akan mendapatkan akses ke pengetahuan bisnis dan teknis, serta keahlian dari pakar industri, pendiri startup sukses, dan investor. Mereka juga akan mendapatkan dukungan dari komunitas inovator lainnya di wilayah tersebut, serta akses ke program AWS Activate yang menawarkan hingga US$100.000 dalam bentuk Kredit AWS.

Program ini bekerja sama dengan berbagai perusahaan modal ventura dan organisasi di kota-kota utama di wilayah APJ, termasuk Granite Asia (ASEAN), MashUp Ventures (Korea Selatan), Accel (India), Stone & Chalk (Australia), dan Build Club (Australia).

Salah satu contoh sukses dari program AWS Generative AI Spotlight adalah Klinik Pintar, sebuah startup teknologi kesehatan terkemuka di Indonesia. Klinik Pintar menggunakan layanan Amazon Web Services untuk mengembangkan solusi inovatif yang mengoptimalkan alur kerja klinis dan meningkatkan perawatan pasien. Dengan memanfaatkan layanan AWS seperti EC2, AWS Transcribe, dan solusi GenAI seperti Amazon Bedrock, Klinik Pintar berhasil membangun ekosistem alat medis cerdas yang digunakan oleh lebih dari 300 pengguna di Indonesia.

IMG 20240827 105045 scaled

Kemitraan ini memungkinkan Klinik Pintar untuk mengembangkan fitur “Speech to EMR” yang mencapai tingkat akurasi 90% selama konsultasi tatap muka. Fitur ini membantu para klinisi untuk memberikan perawatan yang lebih personal dan memungkinkan mereka menghabiskan lebih banyak waktu dengan pasien. Keberhasilan ini menunjukkan bagaimana dukungan AWS dapat memberdayakan startup untuk menciptakan inovasi yang berdampak nyata di dunia nyata. Melalui berbagai program dan inisiatif ini, AWS terus memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam mendukung inovasi berbasis AI generatif, memberdayakan startup, dan membuka akses ke pendidikan teknologi yang lebih luas.

Tags: , , , ,


COMMENTS