October 31, 2023

Percepat Transformasi Digital, UnionBank Gunakan Layanan Red Hat OpenShift di AWS

Penulis: Rizki R
Percepat Transformasi Digital, UnionBank Gunakan Layanan Red Hat OpenShift di AWS  

Mobitekno – UnionBank, salah satu bank terbesar di Filipina, menggunakan Layanan Red Hat OpenShift di Amazon Web Services (AWS) untuk mempercepat transformasi digitalnya. Dengan menggunakan platform cloud native ini, UnionBank dapat meluncurkan layanan keuangan yang inovatif dengan lebih cepat dan mudah.

Pertumbuhan ekonomi Filipina diproyeksikan akan bangkit kembali sebelum akhir tahun ke angka 5,3 persen dan 6 persen di tahun 2024. Bersamaan dengan berita yang menggembirakan ini muncul tantangan menarik bagi semua bank di Filipina untuk terus mengembangkan produk yang lincah dan disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang terus berkembang.

Dennis D. Omila, Chief Technology and Operations Officer, Union Bank of the Philippines, mengungkapkan, “Layanan Red Hat OpenShift di AWS memberikan tim kami otonomi dan fleksibilitas yang lebih besar untuk memberikan fitur dan update terbaru demi memenuhi kebutuhan pasar. Integrasi antara Red Hat dan AWS memungkinkan kami untuk lebih berfokus dalam menyediakan produk yang sesuai dengan tujuan Tech Up Pilipinas – atau memungkinkan nasabah menikmati hidup terbaik melalui inovasi keuangan terbaru,”

Red Hat OpenShift

Layanan Red Hat yang Dipergunakan UnionBank

UnionBank menggunakan Layanan Red Hat OpenShift di AWS untuk:

* Membangun aplikasi cloud native yang aman dan skalabel

* Menerapkan layanan digital baru, seperti dompet digital dan asisten keuangan

* Menyederhanakan operasional dan meningkatkan kolaborasi

Layanan Red Hat OpenShift Service di AWS menawarkan fondasi untuk membangun aplikasi cloud native dalam framework Kubernetes. Dengan Layanan Red Hat OpenShift di AWS, organisasi seperti UnionBank bisa memanfaatkan luasnya jajaran komputasi, database, analitik, machine learning (ML), jaringan, mobile, dan layanan AWS lainnya,

Red Hat Ilustrasi 4

Layanan Red Hat OpenShift di AWS memungkinkan bank secara mulus mengalihkan beban kerja ke cloud seiring kebutuhan bisnis yang berkembang. Layanan ini telah membantu menyederhanakan operasional di UnionBank sehingga tim bisa bergerak lebih cepat sekaligus mengembangkan aplikasi dengan kelincahan dan akurasi yang lebih besar, mengurangi rata-rata waktu deployment aplikasi sebesar 95 persen.

Layanan Red Hat OpenShift di AWS juga membebaskan bandwidth tim dari sekadar mengelola infrastruktur sehari-hari dan memberikan mereka fleksibilitas yang lebih besar untuk berfokus pada inovasi jangka panjang. Ini bisa termasuk mengembangkan aplikasi microfinance dan simpanan mikro, yang menyediakan layanan keuangan skala kecil bagi mereka yang mungkin tidak memiliki akses ke layanan perbankan tradisional.

Setelah melalui fase konsultasi yang mendalam selama enam minggu dengan Open Innovation Lab Red Hat, UnionBank mengidentifikasi terjadinya efisiensi dalam proses pengembangan aplikasi dan telah meningkatkan kolaborasi antara tim produk, pengembang dan operasionalnya.

Pencapaian ini sudah membantu menyederhanakan proses internal, menghemat waktu pengembangan, dan mendorong praktik DevOps yang lebih kuat seperti membuka cara-cara dalam bekerja dan alur kerja yang lincah. Sebagai hasilnya, tim-tim tersebut secara efisien dan kolektif bisa mengirimkan produk yang lebih terpersonalisasi untuk memenuhi kebutuhan manajemen keuangan nasabah, termasuk pembayaran, peminjaman, investasi dan asuransi.

UnionBank

Layanan Red Hat OpenShift di AWS telah membantu UnionBank untuk:

* Meningkatkan efisiensi dalam proses pengembangan aplikasi

* Meningkatkan kolaborasi antara tim produk, pengembang, dan operasional

* Menyederhanakan proses internal

* Menyelamatkan waktu pengembangan

* Mendorong praktik DevOps yang lebih kuat

Berkat pendekatan teknologi digital yang berwawasan ke depan ini, UnionBank meraih penghargaan Red Hat APAC Innovation Award 2023 untuk kategori Digital Transformation and Cloud-Native Development.

UnionBank adalah pemenang pertama penghargaan ini di Filipina, dan mendapatkan pujian atas usahanya membuka jalan untuk menyediakan solusi bisnis online yang real time demi memenuhi kebutuhan nasabah yang berubah dan beragam di negara tersebut.

Prem Pavan, Vice President and General Manager, Southeast Asia and Korea, Red Hat, menerangkan bahwa sebanyak 60 juta orang di Asia Tenggara jadi konsumen online untuk pertama kalinya selama COVID. Ini menunjukkan peluang perdagangan digital yang signifikan bagi bisnis, semua dengan dukungan dari layanan keuangan.

“UnionBank, digital-forward bank yang secara pesat meningkatkan dan berinovasi dengan produknya untuk memenuhi kebutuhan nasabah digital-native dan kasus-kasus bisnis baru, adalah contoh sempurna dari hal tersebut. Dengan menggunakan Layanan Red Hat OpenShift di AWS, organisasi seperti UnionBank bisa mendorong speed to market, keekonomian scale on cost, dan fleksibilitas yang lebih besar untuk berfokus pada transformasi digital,” pungkas Pavan.



COMMENTS