July 29, 2023

Indosat Catatkan Laba Bersih Rp1,9 Triliun

Penulis: Desmal Andi
Indosat Catatkan Laba Bersih Rp1,9 Triliun  

Mobitekno – Pada kuartal kedua tahun 2023, Indosat Ooredoo Hutchison melaporkan hasil keuangan yang kokoh. Perseroan berhasil mencatatkan laba bersih selama sepuluh kuartal berturut-turut dan mengalami pertumbuhan pendapatan yang terus meningkat dalam lima semester terakhir.

Pada semester I tahun 2023, Indosat mencatat total pendapatan sebesar Rp24,7 triliun, mengalami peningkatan sebesar 10% dibandingkan tahun sebelumnya (Year-on-Year, YoY). Pertumbuhan pendapatan yang signifikan ini terjadi berkat kinerja positif dari seluruh lini bisnis Perusahaan. Pendapatan dari layanan seluler naik 8,4%, sementara pendapatan dari bisnis Multimedia, Data Communication, dan Internet (MIDI) meningkat 15,7%. Layanan Telekomunikasi Tetap juga tumbuh sebesar 25,9% YoY. Selain itu, pertumbuhan kinerja top-line yang solid menghasilkan peningkatan EBITDA yang kuat sebesar 24% YoY, mencapai Rp11,4 triliun, dengan marjin EBITDA mencapai 46,1% pada semester pertama 2023. Laba Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk mencapai Rp1,9 triliun.

Indosat
Indosat

Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison, , menyatakan kegembiraannya, “Kami dengan senang hati melaporkan hasil positif kinerja perusahaan selama semester I tahun 2023. Pencapaian ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh karyawan yang didukung oleh para mitra dan pemegang saham kami, dalam mencapai tujuan bersama yaitu memberdayakan Indonesia.”

Indosat
Vikram Sinha (tengah)

Indosat catat pertumbuhan pelanggan berkualitas

Proses integrasi jaringan dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN) mulai menunjukkan hasilnya. Indosat mencatat pertumbuhan jumlah pelanggan berkualitas sebesar 4% atau 3,8 juta YoY, mencapai 100 juta pelanggan, dengan peningkatan Average Revenue Per User (ARPU) menjadi Rp35.800 pada kuartal kedua. Trafik data juga meningkat sebesar 16,8% YoY atau lebih dari 7.000 Petabyte. Peningkatan layanan ini didukung oleh lebih dari 215 ribu total BTS pada semester I tahun 2023, yang mengalami kenaikan sebesar 8,5% YoY, dengan 167 ribu di antaranya merupakan BTS 4G.

Vikram menutup pernyataannya dengan mengatakan, “Percepatan integrasi MOCN yang dikombinasikan dengan strategi Go-to-Market yang tepat telah membawa kami pada jalur yang benar untuk memberikan pengalaman terbaik kepada seluruh pelanggan. IOH berkomitmen untuk terus menjadi mitra utama dalam mempercepat transformasi digital Indonesia, membuka peluang tanpa batas, dan memaksimalkan potensi yang ada di masyarakat.”

Tags: ,


COMMENTS