April 17, 2023

Review Galaxy A34 5G, A-Series yang Kini Miliki Fitur-Fitur Lebih Awesome

Penulis: Desmal Andi
Review Galaxy A34 5G, A-Series yang Kini Miliki Fitur-Fitur Lebih Awesome  

Mobitekno – Samsung Galaxy A34 5G ini hadir di Indonesia pada pertengahan Maret 2023. Perangkat ini hadir sebagai smartphone inovatif karena membawa beberapa teknologi dan update baru di segmen Samsung A Series. Peningkatan baru ini tentunya bisa membantu pengguna dalam banyak hal, seperti merekam video dengan lebih tajam. Bisa dikatakan Galaxy A34 5G ini hadir dengan membawa pengalaman Awesome yang baru untuk pengguna setia A series.

Beberapa peningkatan baru yang ditanamkan pada perangkat ini, selain tentunya layar yang lebih lega dari versi sebelumnya, juga membawa kamera dengan fitur yang lebih awesome. Apalagi di dalamnya juga disediakan tools untuk proses editing yang semakin mudah dan nyaman. Tidak hanya itu, fitur Nightography yang sebelumnya ada di S series dan Z series, kini hadir di Galaxy A34 5G. Jadi, foto malam hari pun menjadi lebih menarik.

Hadir dengan empat pilihan warna, yaitu Awesome Lime , Awesome Graphite, Awesome Violet, dan Awesome Silver, Mobitekno mendapatkan kesempatan untuk menguji perangkat ini dengan opsi warna awesome silver. Penasaran dengan hasilnya? Berikut ini ulasannya.

20230415 100928

Kelengkapan

Sama seperti produk-produk smartphone kelas menengah dan flagship Samsung dalam dua tahun belakangan ini, Galaxy A34 5G hadir dengan kemasan sangat kompak. Hal ini karena Samsung tidak menyediakan charger di dalamnya. Jadi di dalam paket pembeliannya terdapat:

  1.       Satu unit Samsung Galaxy A34 5G
  2.       Kabel USB type C
  3.       SIM Card Ejector
  4.       Buku panduan singkat dan kartu garansi.

Desain

Samsung Galaxy A34 5G memiliki desain yang menarik dan modern dengan konstruksi yang kuat dan kokoh. Dimensinya memang sedikit lebih besar dari versi sebelumnya. Dimensinya berukuran 161.3 x 78.1 x 8.2 mm dengan bobot sekitar 199 gram. Desain ini bisa memudahkan penggunaan sehari-hari. Di bagian depan, terdapat layar Super AMOLED berukuran 6,6 inci dengan resolusi Full HD+ beresolusi 1080 x 2340 piksel. Desain layar Infinity-V juga memastikan pengalaman visual yang lebih luas dan nyaman untuk menonton video dan memainkan game.

20230415 101052

Layar Samsung Galaxy A34 5G juga sudah dilengkapi fitur yang meningkatkan visibilitas saat beraktivitas di outdoor. Dengan level brightness 1.000 nits dan teknologi Vision Booster, layar akan menyesuaikan dengan pencahayaan di sekitar.

Masih di bagian layar, Samsung melekatkan proteksi Gorilla Glass 5 untuk perlindungan dari benturan. Menariknya lagi, layar Galaxy A34 5G ini juga sudah mendukung refresh rate hingga 120Hz. Ini membuat mata lebih nyaman saat menikmati konten-konten di dalamnya. Bezel pada smartphone ini terlihat begitu menonjol walau tetap tipis, sehingga screen to body rationya tetap besar, yaitu sekitar 84,9%. Kamera depannya memiliki kemampuan 13MP dengan dukungan AI.

Mari kita lihat sisi-sisinya. Di sisi kanan terdapat tombol power dan volume. Ini berbeda dengan sisi sebaliknya yang tampil polos. Sementara sisi atas terdapat slot untuk penempatan SIM Card dan terdapat juga lubang mikrofon. Sisi bawah terdapat lubang mikrofon, port USB type C, dan lubang speaker. Tidak ada port audio 3,5mm sehingga pengguna bisa memanfaatkan headset bluetooth atau menggunakan konektor tambahan agar headset dengan jack audio 3,5mm tetap bisa digunakan.

Pada bagian belakang, terdapat modul kamera yang terletak di sudut kiri atas. Modul ini menampung tiga kamera dengan resolusi 48MP, 8MP, dan 5MP, serta dukungan fitur Night Mode yang memungkinkan pengambilan gambar yang tajam dan jernih bahkan di kondisi minim cahaya. Pemindai sidik jari terintegrasi dengan tombol daya di sisi kanan dan mudah dijangkau oleh jari. Desain bodi ramping dan ergonomis membuat Galaxy A34 5G nyaman digenggam dan mudah dioperasikan dengan satu tangan.

20230415 101044
kamera belakang

Desain Samsung Galaxy A34 5G ini sepertinya memadukan kekuatan dan estetika untuk memberikan pengalaman pengguna yang optimal. Desain yang ringkas, kokoh, dan ergonomis membuatnya mudah dioperasikan sehari-hari, sementara pilihan warna yang beragam memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan gaya sesuai preferensi mereka. Dengan spesifikasi yang kuat dan desain yang menarik, Galaxy A34 5G adalah pilihan smartphone yang tepat untuk pengguna yang mencari perangkat yang dapat diandalkan dan bergaya.

Fitur dan performa

Galaxy A34 5G memiliki beberapa fitur yang menarik dan berguna bagi pengguna sehari-hari. Smartphone ini dilengkapi dengan prosesor MediaTek Dimensity 1080 yang kuat dan efisien. Prosesor ini dibuat dengan fabrikasi 6nm sehingga dapat meningkatkan kinerja dari versi sebelumnya Prosesor yang kencang ini juga masih didukung dengan memori besar. Samsung menyediakan dua varian memori, yaitu 8GB + 128GB dan 8GB + 256GB. Ini pun masih ada slot kartu micro SD yang bisa mendukung storage tambahan hingga 1TB.

prosesor 1
Dimensity 1080

Fitur lainnya dari Galaxy A34 5G adalah kamera utamanya yang memiliki resolusi 48MP, yang dapat menghasilkan foto yang jernih dan tajam. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur PDAF (Phase Detection Autofocus) yang memastikan pengambilan gambar yang cepat dan akurat. Selain itu, terdapat juga kamera ultra-wide 8MP dan kamera makro 5MP yang memungkinkan pengguna untuk menangkap foto dengan sudut pandang yang lebih luas atau objek yang lebih dekat. Fitur-fitur kamera lainnya seperti Nightography juga memberikan pengalaman fotografi yang lebih kreatif dan berkualitas.

Samsung juga menggunakan One UI 5.1 berbasis Android 13 dalam perangkat ini. Sistem operasi ini menawarkan kestabilan navigasi dan konektivitas yang lebih lancar dengan ekosistem Samsung. Menariknya, Samsung memberikan jaminan OS upgrade hingga empat generasi dan pembaruan keamanan selama lima tahun. Fitur-fitur ini memungkinkan pengguna mengakses software dan keamanan terbaru untuk memaksimalkan siklus hidup smartphone. Galaxy A34 5G juga kompatibel dengan ekosistem Samsung Galaxy untuk menyediakan konektivitas yang seamless antar perangkat Galaxy.

Dukungan teknologi 5G juga menjadi hal menarik di perangkat ini dan menjadi salah satu keunggulannya. Dengan dukungan teknologi 5G, saat pengguna di lokasi yang sudah tersedia 5G, mereka bisa menikmati kecepatan internet yang lebih cepat dan stabil saat menggunakan aplikasi mulai dari streaming YouTube, Netflix, Spotify sampai gaming selama ngabuburit.

Keunggulan prosesor 5G tidak hanya menawarkan pengalaman bermain game yang makin seru, namun juga multitasking yang lebih cepat, grafik yang lebih detail dan tajam, hingga AI yang lebih cerdas di lebih banyak aspek mulai dari konsumsi daya hingga kemampuan digital kamera.

20230415 100952
desain tipis

Bagaimana dengan durasi penggunaannya? Tenang saja karena Galaxy A34 5G sudah menggunakan baterai berkapasitas 5000mAh. Dipadukan dengan kemampuan prosesor, bisa membuat ponsel bertahan cukup lama. Didukung juga dengan pengisian cepat 25W, tentunya proses pengisian daya menjadi lebih mudah dan cepat.

Bagaimana untuk gaming? Perangkat ini sudah jelas mendukung game-game terkini. Galaxy A34 5G sudah dilengkapi dengan fitur Game Booster yang terdapat di aplikasi Game Launcher. Gamers bisa memilih berbagai setting yang ada. Misalnya untuk mengejar performa, mereka tinggal atur ke setting performa. Sistem akan menyesuaikan dengan pilihan tersebut. Di sini gamers juga bisa mengatur berbagai gangguan yang biasanya masuk seperti telpon atau pesan yang masuk di tengah permainan. Pilih saja mode Prioritas untuk menonaktifkan notifikasi dari aplikasi lain.

20230411 101347 1
Baterai besar gaming lancar

Untuk mengetahui kemampuannya, kami pun mengujinya dengan aplikasi-aplikasi benchmark. Berikut hasilnya.

Dan ini adalah foto-foto hasil jepretan kamera Galaxy A34 5G:

Spesifikasi:

  

Samsung Galaxy A34
Layar Ukuran 6.6” FHD + SAMOLED 120Hz 1000nits
Layar Infinity-U
Kamera Belakang 48MP (OIS) + 8MP + 5MP
Depan 13MP
Prosesor Dimensity 1080
Memori RAM/ROM 8GB/128GB, 8GB/256GB
Micro SD Up to 1TB
Baterai Kapasitas (Tipikal) 5.000 mAh
Charging 25W Fast Charging (opsi)
Dimensi 161,3 x 78,1 x 8,2mm
Warna Graphite, Violet, Silver
Lainnya 5G, FOD, IP67

 Kesimpulan

Galaxy A34 5G merupakan smartphone yang menawarkan kinerja yang kuat dan desain yang menarik. Dengan prosesor yang efisien, RAM yang cukup besar, dan penyimpanan yang dapat diperluas, smartphone ini dapat mengatasi tugas-tugas sehari-hari dan bahkan dapat digunakan untuk bermain game dan menonton video. Desain yang kokoh dan ergonomis dengan layar Super AMOLED yang luas juga membuat penggunaan Galaxy A34 5G lebih nyaman dan menyenangkan.

20230415 101301
Galaxy A34 5G

Selain itu, fitur-fitur kamera yang berkualitas dan sistem operasi yang mudah dipelajari dan diperbarui membuat Galaxy A34 5G menjadi pilihan smartphone yang sangat menarik bagi pengguna yang mencari perangkat yang dapat diandalkan dan bergaya. Dengan harga yang terjangkau dan dukungan 5G, Galaxy A34 5G juga dapat menjadi pilihan tepat bagi pengguna yang ingin merasakan kecepatan internet yang lebih cepat dan stabil di masa depan.

 

Tags: , , ,


COMMENTS