November 21, 2023

Review Galaxy M34 5G, Kembali ke 6.000mAh, Bawa Kenyamanan Lebih Dari Seharian Penuh

Penulis: Desmal Andi
Review Galaxy M34 5G, Kembali ke 6.000mAh, Bawa Kenyamanan Lebih Dari Seharian Penuh  

Mobitekno – Samsung Electronics Indonesia kembali memperkaya ragam produknya dengan meluncurkan Galaxy M34 5G, beberapa waktu lalu. Ini adalah sebuah smartphone terbaru yang diciptakan khusus untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup para digital native di Indonesia. Sebagai perangkat inovatif, Galaxy M34 5G tidak hanya sekadar menyajikan desain yang elegan, tetapi juga menyuguhkan serangkaian fitur unggulan yang menjadikannya pilihan sempurna bagi mereka yang gemar ngonten sepanjang hari.

Dengan layar lebar 6,5 inci dan refresh rate 120Hz, kamera utama 50MP dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS), serta baterai super besar 6.000mAh yang awet, Galaxy M34 5G hadir untuk memaksimalkan pengalaman ngonten Anda.

Salah satu hal menarik adalah kapasitas baterainya yang kini kembali ke 6.000mAh. Hal ini karena pengaruh dari regulasi dunia penerbangan sudah membolehkan baterai berkapasitas 6.000mAh. Tentu saja hal ini membawa keuntungan bagi pemilik Galaxy M34 5G. Mereka bisa mendapatan durabilitas yang lebih lama. Sehingga bisa menunjang aktivitas mereka lebih dari satu hari.

Jadi, Galaxy M34 5G tidak hanya sekadar smartphone, melainkan teman setia yang memahami kebutuhan pengguna dalam menjalani kehidupan digital yang dinamis. Mobitekno pun berkesempatan mengulas produk ini lebih dalam. Bagaimana hasilnya? Ikuti ulasannya berikut ini.

Galaxy M34 5G
Galaxy M34 5G

 

Kelengkapan

Samsung Galaxy M34 5G hadir dengan kotak kemasan yang sama seperti smartphone Samsung di kelas menengah lainnya, dimana tidak lagi menyertakan adapter di dalamnya. Oleh sebab itu, kemasannya menjadi lebih ringkas sehingga mudah dibawa. Adapun paket penjualannya memiliki isi sebagai berikut:

  1. Satu unit Galaxy M34 5G
  2. Kabel USB type C
  3. SIM Card ejector
  4. Buku panduan singkat dan kartu garansi
Galaxy M34 5G
Kelengkapan paket pembelian

 

Desain

Samsung Galaxy M34 5G hadir dengan desain yang memukau, menggabungkan kecanggihan teknologi dengan estetika yang menawan. Mari kita telusuri setiap sisi dari desain luar Galaxy M34 5G ini.

Untuk bagian layar menggunakan jenis Super AMOLED 120Hz yang berukuran 6,5 inci.  Bagian atasnya terdapat lekukan berbentuk U dengan lekukan berbentuk U untuk kamera selfie. Layar ini memiliki kecerahan 1.000 nit dan teknologi Vision Booster.  Layar Galaxy M34 5G ini juga memiliki resolusi 1080 x 2340 piksel FHD+. Dengan begitu, setiap konten yang ditampilkan akan tampak hidup dan jelas. Refresh rate 120Hz juga membuat pengalaman scrolling dan navigasi menjadi lebih mulus. Layarnya ini masih diberi perlindungan ekstra dengan melekatnya Corning Gorilla Glass 5. Ini dapat menjaga layar dari goresan dan kerusakan.

Galaxy M34 5G
Layar Galaxy M34 5G

Layar Samsung Galaxy M34 5G juga memiliki perlindungan dari sinar biru, sehingga membuat pengalaman menonton dan gaming lebih nyaman untuk mata. Tidak masalah lagi utuk menonton film secara marathon atau bermain game dengan waktu yang lama.

Kini beralih ke sisi kanan layar. Seperti biasa ada dua tombol melekat di sisi ini, yaitu tombol daya dan volume. Penempatan tombol daya dirancang ergonomis. Ini memungkinkan pengguna untuk mengakses perangkat dengan satu tangan secara nyaman. Menariknya lagi, tombol daya ini juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Jadi, membuka layar smartphone menjadi lebih mudah dan cepat.

Di sisi kiri perangkat ini menawarkan kepraktisan dengan penempatan slot SIM Card yang mudah dijangkau dan diakses dengan SIM Card Ejector. Walau tidak ada tombol apapum, desain sisi kiri juga  memperlihatkan keindahan estetika dari Galaxy M34 5G.

Hadir dengan tiga pilihan warna, yaitu Midnight Blue, Prism Silver, dan Dark Blue, sisi belakang Galaxy M34 5G juga didesain dengan menonjolkan sisi estetika. Tiga buah kamera belakang disusun lurus secara vertikal di sisi kiri atas dilengkapi dengan lampu flash yang menyembul di sisi kanannya. Susunan kamera belakang pada Galaxy M34 5G tidak hanya memukau secara visual tetapi juga memberikan kinerja tinggi. Dengan modul kamera yang terintegrasi secara mulus, pengguna dapat mengambil foto dan video berkualitas profesional. Desain kamera belakang yang elegan menambah nilai estetika perangkat ini.

Galaxy M34 5G
Sisi kiri hanya untuk slot SIM Card

Kini beralih ke sisi bawah. Di sinilah smartphone menawarkan konektivitas yang lengkap. Sebuah port USB type C di bagian tengah diapit oleh lubang speaker dan mikrofon, serta port jack audio 3,5mm. Ini membuat Galaxy M34 5G masih bisa menggunakan perangkat earphone yang masih menggunakan kabel Desain sisi bawah yang bersih dan teratur menciptakan pengalaman pengguna yang nyaman, baik saat pengisian daya, mendengarkan musik, atau menghubungkan perangkat eksternal.

Galaxy M34 5G
Sisi bawah dengan banyak port untuk konektivitas

 

Fitur dan Performa

Saat kami ingin menguji smartphone ini, tetiba ada notifikasi yang meminta kami untuk mengupdate fitur keamanan di sistem operasi One UI 5.1 yang berbasis Android 13. Jadi, kami lakukan update terlebih dahulu dengan tujuan agar pengujian menjadi lebih maksimal.  Kesan pertama saat mengoperasikan smartphone ini adalah mudah dan nyaman. Ya, ini karena smartphone dapat dipegang satu tangan dengan pemindai sidik jari di bagian tombol daya. Dimensinya sendiri adalah 161.7 x 77.2 x 8.8 mm dengan bobot sekitar 208 gr. Angkat smartphone dengan tangan kanan lalu tempatkan jempol di tombol daya, smartphone siap digunakan.

Layarnya yang berukuran 6,5 inci juga memiliki tingkat kecerahan hingga 1000 nits. Samsung juga memberikan fitur Vision Booster, seperti pada smartphone di segmen atas. Fitur ini memungkinkan kita melihat tampilan layar perangkat galaxy dengan jelas meski di bawah terik matahari sekalipun, dimana vision booster adalah sebuah teknologi yang menyediakan pemetaan nada visual untuk meningkatkan visibilitas terhadap pencahayaan yang kuat di lingkungan luar ruangan seperti halnya sinar matahari.

Galaxy M34 5G
Vision Booster bikin tetap nyaman melihat layar walau di bawah paparan sinar matahari

Navigasinya juga cukup lancar saat ingin berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Semua bisa dilakukan dengan halus, tanpa lag. Usap bagian layar dari atas ke bawah, berbagai icon untuk akses cepat ke berbagai fitur langsung terlihat, misalnya untuk mengaktifkan bluetooth, menyalakan flash light, mematikan mobile data, hingga mengatur fitur nearby share. Ingin menambahkan akses cepat lainnya, silakan tap tanda “+” yang berada di bawahnya.

Salah satu hal menarik adalah smartphone seri M ini sudah mengadopsi fitur NFC. Dengan demikian produk ini bisa membantu pemiliknya yang sudah terbiasa beraktivitas dengan bantuan uang elektronik. Pengguna tinggal meletakkan kartu uang elektronik di bagian belakang untuk mengetahui sisa saldo atau bahkan mengisinya juga melaluibantuan aplikasi mobile banking.

Kinerjanya yang mulus ini sebenarnya tidak lain berkat penggunaan prosesor Exynos 1280. Prosesor ini dibuat dengan fabrikasi 5nm. Jadi tentunya akan lebih banyak fitur yang bisa diterapkan di dalamnya dengan kinerja tinggi. Berkat prosesor Exynos 1280, Galaxy M34 5G dapat menjalankan aplikasi dan game dengan lancar. Selain itu, dukungan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB yang dapat diperluas hingga 1TB melalui kartu memori eksternal memungkinkan pengguna bisa menyimpan lebih banyak konten favorit. Samsung juga memiliki fitur RAM Plus dimana kapasitas memori bisa ditingkatkan lagi dengan memanfaatkan ruang storage yang masih tersisa. RAM Plus ini memiliki opsi tambahan memori mulai dari 2GB, 4GB, 6GB, hingga 8GB.

Galaxy M34 5G
Exynos 1280

Berikut hasil pengujian Galaxy M34 5G dalam beberapa aplikasi benchmark:

Satu hal menarik lainnya dari smartphone ini adalah baterainya yang kini berkapasitas 6.000mAh. Sebelumnya, walau seri M, Samsung masih menerapkan baterai di bawah 6.000mAh. Hal ini karena menyangkut regulasi penerbangan yang tidak memperbolehkan membawa smartphone dengan baterai di atas 5.000mAh. Namun kini regulasi tersebut sudah mengalami perubahan. Baterai besar ini tentunya membawa keuntungan tersendiri karena smartphone bisa digunakan seharian penuh, bahkan lebih. Mendengarkan musik atau menonton film favorit dari YouTube atau aplikasi Video on Demand pun menjadi lebih nyaman. Baterai ini pun mendukung pengisian cepat 25W.

Guna menambah kenyamanan menonton karena baterai yang besar, Samsung juga menyematkan speaker Dolby Atmos yang menghasilkan suara jernih dan bertenaga. Fitur Voice Focus membantu mengurangi noise latar belakang selama panggilan suara atau video call, sementara All Sound memungkinkan Kamu mendengarkan semua suara di sekitar pengguna.

Galaxy M34 5G
Dengan baterai besar dan didukung vision booster, menonton film pun jadi lebih menyenangkan

 

Kamera

Samsung memberikan sisi videografi dan fotografi yang ciamik pada Galaxy M34 5G ini. Tiga kamera belakang bisa digunakan untuk mengabadikan momen-momen istimewa saat sedang baraktivitas. Ketiga kemara tersebut terdiri dari kamera utama 50MP, Kamera ultra-wide 8MP, dan kamera macro 2MP. Jangan khawatir saat mengabadikan momen dengan Galaxy m34 5G, karena kini Samsung menyematkan fitur OIS di smartphone ini. Ini yang pertama di M Series, sehingga membuat hasil tangkapan lebih stabil.

Kamera depan 13MP juga siap untuk merekam foto selfie yang tajam dalam berbagai kondisi pencahayaan. Dengan dukungan dari AI Image Enhancer dan Object Eraser, pengguna dapat meningkatkan kualitas foto dan menghilangkan gangguan pada gambar. Mode kamera yang diberikan juga terbilang banyak, sepertimode Pro, Pro video, single take night, food, panorama, slow motion, hingga hyperlapse.

Galaxy M34 5G
Mode kamera yang ada di Galaxy M34 5G

Untuk membuktikan kemampuan kamera, Mobitekno pun melakukan jeprat-jepret saat sedang beraktivitas dengan Galaxy M34 5G.

Spesifikasi

Samsung Galaxy M34 5G
Layar Ukuran 6.5” FHD + Super AMOLED 120Hz 1000nits
Layar Infinity-U
Kamera Belakang 50MP (OIS) + 8MP + 2MP
Depan 13MP
Prosesor Exynos 1280 (5nm)
Memori RAM/ROM 8GB/128GB
Micro SD Up to 1TB
Baterai Kapasitas (Tipikal) 6.000 mAh
Charging 25W Fast Charging (opsi)
Dimensi 161.7 x 77.2 x 8.8 mm
Warna Midnight Blue, Prism Silver, Dark Blue
Lainnya 5G, NFC, Bluetooth 5.3, USB type C, Dual-SIM

Kesimpulan

Samsung Galaxy M34 5G adalah ponsel pintar terbaru dari Samsung yang menawarkan pengalaman terkini dengan dukungan jaringan 5G, layar luas dan berkualitas, performa tangguh, kamera canggih, baterai tahan lama, desain ergonomis, fitur keamanan dan privasi, serta menjalankan sistem operasi terbaru.

Galaxy M34 5G

Dengan kombinasi fitur-fitur unggulan ini, Galaxy M34 5G menjadi pilihan menarik bagi pengguna yang menginginkan koneksi internet super cepat, kinerja tinggi, dan solusi lengkap untuk kebutuhan sehari-hari mereka.

Menariknya, Samsung juga menawarkan dukungan jangka panjang dengan upgrade OS hingga empat generasi dan security update selama 5 tahun.

Tags: , , ,


COMMENTS