June 13, 2023

Zoho Corp: UKM Butuh Platform SaaS yang Tepat untuk Dukung Digitalisasi Proses Bisnisnya

Penulis: Iwan RS
Zoho Corp: UKM Butuh Platform SaaS yang Tepat untuk Dukung Digitalisasi Proses Bisnisnya  

Mobitekno – Transformasi digital di kawasan Asia Tenggara diprediksi akan mendorong ekonomi digital mencapai nilai USD 360 miliar pada tahun 2025. Kawasan ini menjadi saksi munculnya berbagai tren digital, baik di tempat kerja (hybrid dan jarak jauh), program upskilling dan reskilling, hingga munculnya adopsi Perangkat Lunak sebagai Layanan SaaS (Software-as-a-Service) dalam upaya membangun ketahanan dan mempersiapkan kelangsungan bisnis.

Gibu Mathew, VP and GM Manager in Asia-Pacific at Zoho Corp., mengatakan bahwa sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) perlu menyadari bahwa ada biaya-biaya tersembunyi pada upaya digitalisasi ini.

“Di antara biaya-biaya tersebut adalah biaya untuk meningkatkan dan melatih kembali karyawan yang tidak dapat dijangkau oleh banyak bisnis kecil. Akibatnya, produktivitas kerja melambat dan pengembalian investasi yang lebih rendah dari investasi digital,” tambahnya,

Zoho SaaS 01 1

Pada saat yang sama, sepertiga atau 150 juta orang di Asia Tenggara memiliki keterbatasan akses ke teknologi. Ini mempersulit bisnis dalam proses digitalisasi dan menghasilkan pertumbuhan yang tidak merata. Hal ini membuat bisnis, khususnya UKM, berusaha keras, bahkan sebelum kemampuan digital terkini seperti teknologi otomasi, mulai digunakan.

Dengan berbagai tantangan tersebut, lalu bagaimana UKM dapat memahami SaaS, mendigitalkan bisnis secara memadai, menjaga kelangsungan bisnis tanpa harus membangun kembali bisnis mereka dari awal? Platform SaaS, yang membuat karyawan Anda selaras dengan tujuan bisnis , akan memastikan tenggat waktu internal terpenuhi serta menginspirasi tempat kerja kolaboratif, baik itu hybrid atau jarak jauh.

Pertama, platform SaaS tersebut seharusnya memiliki proses onboarding yang dipandu oleh tim ahli. Tujuannya adalah membantu karyawan menyiapkan platform agar mendapatkan praktik terbaik untuk perangkat lunak tersebut, serta menyesuaikan dengan mudah agar dapat memenuhi kebutuhan bisnis tertentu.

Misalnya, tim marketing, yang mengadopsi platform pemasaran terpadu yang baru, akan dapat segera menggunakan perangkat lunak tanpa kesulitan berkat proses onboarding atau pengenalan yang baik ke dalam platform. Ini sangat membantu mengurangi waktu pelatihan yang diperlukan serta waktu adopsi perangkat lunak baru, memungkinkan bisnis mendapat manfaat dari teknologi itu sendiri dalam jangka waktu yang lebih singkat.

Kedua, perusahaan harus mempertimbangkan bagaimana platform menyatukan bisnis mereka. Apakah mereka memiliki informasi menyeluruh terkait bisnis mereka dalam satu layar? Meskipun sebagian besar platform menampilkan dasbor, banyak juga yang menampilkan pekerjaan secara terpisah-pisah sehingga memaksa orang masuk ke dalam sistem yang terpisah, alih-alih mendorong upaya kolaboratif.

Dengan bisnis digital yang tersedia di aliran omni-channel, kemampuan untuk mengidentifikasi pelanggan di sepanjang perjalanan pelanggan mereka sangat penting. Tidak hanya untuk melibatkan mereka dalam komunikasi yang bermakna, tetapi juga untuk menciptakan peluang terbentuknya loyalitas, mendorong pendapatan, serta memicu penjualan berulang.

Ketika perusahaan dapat memanfaatkan data, mereka dapat membuka kemampuan lainnya, seperti kemampuan analisis prediktif, analitik kognitif, dan kemampuan untuk meramalkan perilaku pelanggan di masa depan serta bertindak sebagai antisipasi untuk memuaskan pelanggan.

Zoho SaaS 02 1

Sebagian besar beban kerja ini akan dibantu oleh sistem otomatisasi, yang memungkinkan perusahaan memasukkan pesan komunikasi yang tepat untuk mendorong perilaku konsumen tertentu pada frekuensi siklus berdasarkan kebutuhan bisnis Anda. Mampu mengelola hubungan pelanggan Anda dengan lebih baik di era digital akan menghasilkan keuntungan yang lebih baik dan mendorong pengembalian investasi yang lebih tinggi.

Saat konsumen bertransaksi secara online, brand (jenama) yang disokong oleh data dan mampu menghadirkan pengalaman otomatis serta personal ke pelanggannya akan memiliki ketahanan dan kegigihan untuk menghadapi setiap perubahan perilaku konsumen.

Platform Pemasaran Terpadu akan tetap ada, dan bisnis yang dapat memecahkan masalah pelanggan dapat menavigasi ketidakpastian dengan lebih baik. Lebih jauh lagi, mereka mampu membangun hubungan yang lebih dalam dengan pelanggan mereka.

Zoho adalah platform SaaS yang terjangkau, mudah digunakan, dan mendapat penghargaan tinggi untuk membantu bisnis meningkatkan produktivitas di era digital ini.

Plaform SaaS Zoho menawarkan 50 lebih aplikasinya untuk memenuhi kebutuhan bisnis, mulai dari penjualan, pemasaran, dukungan pelanggan, akuntansi, dan operasi back-office. Saat ini produk Zoho telah digunakan oleh lebih dari 80 juta pengguna di seluruh dunia. Saat teknologi dan manusia bekerjasama, hasilnya adalah pertumbuhan yang lebih baik.

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS