July 12, 2023

Hadir di Indonesia, Deel Bawa Solusi Kelola Perekrutan dan Penggajian SDM Global Hingga Compliance dalam Satu Platform

Penulis: Iwan RS
Hadir di Indonesia, Deel Bawa Solusi Kelola Perekrutan dan Penggajian SDM Global Hingga Compliance dalam Satu Platform  

Mobitekno – Deel, perusahaan teknologi informasi asal Amerika Serikat, resmi hadir di Indonesia. Globalisasi tenaga kerja dan SDM (sumber daya manusia) di perusahaan tanah air menjadikan banyak bisnis mempekerjakan tim yang terdiri dari tenaga kerja yang bersal dari seluruh dunia.

Deel yang juga bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) melihat perlunya peningkatan kesadaran tentang perekrutan kerja lintas batas negara termasuk di Indonesia.

deel platform kelola sdm
Platform deel menyediakan solusi SaaS untuk bantu perusahaan dalam mengelola tim global dengan SDM dari seluruh dunia.

Pada prinsipnya, startup deel menyediakan penggajian global dan platform perekrutan yang sesuai untuk tim jarak jauh. Ini memungkinkan perusahaan untuk mempekerjakan karyawan penuh waktu atau kontraktor independen di seluruh dunia secara legal, dalam hitungan menit.

Bantu bisnis kelola tim global dengan SDM lintas negara

Deel mengklaim dapat membantu perusahaan atau bisnis menjadi lebih fokus pada operasional bisnisnya. Solusi Software as A Service (SaaS) yang ditawarkannya disebut dapat menyederhanakan setiap aspek pengelolaan tim global, mulai dari integrasi budaya dan proses onboarding, hingga penggajian lokal dan kepatuhan hukum (compliance).

Deel sendiri memungkinkan perusahaan untuk membangun dan menjalankan tim global secara lebih sederhana dari sebelumnya. Deel mendukung berbagai perusahaan dalam proses onboarding karyawan sesuai dengan regulasi setempat, mensponsori visa, dan mengatur sistem gaji melalui entitas milik Deel di seluruh dunia.

deel platform kelola sdm
Deel menyediakan platform SDM bermodelkan B2B yang menyederhanakan pengelolaan tim global, sistem penggajian, hingga kepatuhan hukum (compliance).

Deel dapat menangani semua kebutuhan SDM global dalam satu tempat, dengan kontrak sesuai peraturan lokal yang terdapat pada platform, pemeriksaan latar belakang, pengiriman peralatan ke karyawan yang bekerja dari jarak jauh (remote), serta pengaturan manfaat yang diterima karyawan di mana pun karyawan tersebut berada.

Deel menyediakan infrastruktur SDM global kepada para pelanggannya dan menawarkan layanan konsultasi untuk mendukung dan membimbing bisnis dalam pertumbuhan mereka di luar negeri.

Dengannya, perusahaan dapat mempekerjakan, mengelola, dan membayar tim global dengan efisien melalui satu platform. Hingga saat ini, Deel telah memiliki lebih dari 15.000 pelanggan di lebih dari 150 negara.

Fokus pada SDM di bidang digital dan teknologi

Kehadiran Deel di Indonesia bertepatan dengan momentum tingginya permintaan akan SDM ahli, terutama dalam keterampilan digital dan teknologi. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memperkirakan akan terjadi kekurangan sekitar 47 juta tenaga digital terampil di Indonesia pada tahun 2030.

Pada saat yang sama, penelitian yang dilakukan oleh PwC mengungkapkan bahwa sekitar 53% pekerja Indonesia merasakan adanya kekurangan kesempatan untuk berkolaborasi atau belajar dari rekan-rekan yang memiliki keterampilan teknis atau digital yang tinggi.

Melalui pemanfaatan solusi Deel dalam memfasilitasi proses perekrutan SDM di negara lain, perusahaan-perusahaan di Indonesia dapat melebarkan jangkauan perekrutannya, mencari individu-individu terampil di luar negeri sehingga memungkinkan perusahaan untuk memperluas pencarian individu terampil.

deel platform
Platform deel telah hadir untuk bantu perusahaan di Indonesia dalam mengelola SDM dan tim global.

Hal ini dapat menjadi solusi jangka pendek bagi perusahaan, dengan tujuan memperoleh SDM ahli yang dapat mendukung perusahaan lokal melalui keterampilan mereka, sambil memfasilitasi peningkatan keterampilan bakat SDM lokal melalui transfer ilmu.

Berdiri sejak tahun 2019, Deel berkembang pesat dengan lebih dari 2.000 karyawan di lebih dari 100 negara. Pada Januari 2023, Deel mengumumkan telah mencapai EBITDA positif, dengan pendapatan tahunan yang berulang sebesar USD $295 juta. Valuasi startup ini mencapai US$12 miliar, dengan dukungan investor, seperti Andreessen Horowitz, Coatue, dan Emerson Collective.

Sejauh ini deel telah melayani lebih dari 4.500 pelanggan di seluruh dunia. Tercatat beberapa persuahaa, seperti Coinbase, Interkom, dan Shopify di lebih dari 150 negara. Bagi perusahaan yang ingin mengadopsi lingkungan kerja hybrid atau remote sepenuhnya atau SDM/talenta dari seluruh dunia, platform deel dapat diandalkan untuk sistem penggajian, SDM, kepatuhan (compliance), tunjangan, hingga kemampuan lainnya yang diperlukan perusahaan untuk merekrut dan mengelola tim global.

Dengan Deel, perusahaan dapat mempekerjakan karyawan dan kontraktor dengan aman tanpa memerlukan entitas lokal dalam waktu kurang dari 5 menit. Perusahaan juga dapat melakukan pembayaran internal yang mendukung lebih dari 120 mata uang hanya dengan sekali klik via platform deel.

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS