December 12, 2023

Pure Storage Ungkap Tren Cloud Computing 2024, Siap-siap akan Terjadi Perubahan Besar!

Penulis: Rizki R
Pure Storage Ungkap Tren Cloud Computing 2024, Siap-siap akan Terjadi Perubahan Besar!  

Mobitekno – Tahun 2024 bakal jadi tahun yang penuh perubahan bagi industri cloud computing. Salah satu perubahan yang paling signifikan adalah munculnya penyedia cloud yang terspesialisasi pada layanan AI. Pure Storage memprediksi, penyedia cloud jenis baru ini akan menggunakan chip GPU untuk mempercepat proses pelatihan dan inferensi AI.

Penyedia cloud yang sudah ada sebelumnya, seperti Amazon Web Services dan Azure, juga akan menawarkan layanan AI. Tapi, mereka bakal menghadapi persaingan yang semakin ketat dari penyedia cloud yang terspesialisasi.

Tiga Hal yang Mengubah Industri Cloud Computing Semakin Berkembang

Cloud Computing

Kedaulatan Cloud

Kedaulatan cloud juga bakal jadi tren yang penting pada tahun 2024. Banyak organisasi, terutama yang berada di industri keuangan, bakal mulai menyimpan data mereka di cloud yang berada di dalam yurisdiksi mereka sendiri. Hal ini untuk mematuhi peraturan pemerintah dan untuk meningkatkan keamanan data.

“Negara-negara seperti Australia, New Zealand, Jepang, dan Indonesia bakal menjadi pemimpin dalam tren kedaulatan cloud,” sebut perwakilan Pure Storage dalam media briefing di Jakarta, Selasa (12/12).

Keberlanjutan Cloud

Departemen TI juga bakal diminta berkontribusi lebih banyak dalam mendukung tujuan keberlanjutan lingkungan di perusahaan. Mereka bakal diminta untuk melakukan efisiensi energi dan untuk menggunakan sumber daya cloud secara berkelanjutan.

Cloud computing_Alibaba

Salah satu area di mana TI dapat menunjukkan dampak langsung adalah dengan membuat standarisasi perangkat lunak. Perangkat lunak yang tidak efisien dapat menghabiskan banyak energi.

“Kita akan mulai melihat kolaborasi yang lebih luas antara Chief Technology Officer, Chief Digital Officer dan Head of Sustainability untuk memastikan peran TI dalam mencapai tujuan keberlanjutan makin besar,” ungkap Pure Storage. 

Satu area di mana TI dapat menunjukkan dampak langsung adalah dengan membuat standardisasi perangkat lunak. Beberapa pihak memperkirakan jika 90% energi terbuang percuma untuk perangkat lunak yang tidak efisien.

Kekurangan Sumber Daya Manusia

Kekurangan sumber daya manusia (SDM) juga bakal jadi tren yang penting pada tahun 2024. Permintaan akan SDM di bidang-bidang penting seperti cloud computing, Kubernetes, arsitektur data, dan cybersecurity akan meningkat.

Computing

Perebutan SDM bakal terjadi bahkan di industri yang secara tradisional kurang dimotori oleh teknologi. Para profesional di bidang IoT, analitik data, AI, dan teknologi lingkungan akan semakin dicari. Kekurangan SDM bakal menjadi salah satu penghambat terbesar untuk memperluas adopsi AI.

Tren cloud computing pada tahun 2024 bakal ditandai dengan perubahan, kedaulatan, dan keberlanjutan. Perubahan ini bakal berdampak pada cara organisasi mengadopsi dan mengimplementasikan cloud computing, dan bakal membutuhkan penyesuaian dari semua pihak yang terlibat.

Tags: , , ,


COMMENTS