December 7, 2023

Sharp Aquos R8s Series Resmi Hadir di Indonesia. Unggulkan Snapdragon 8 Gen 2 dan Sensor Kamera 1 Inci

Penulis: Iwan RS
Sharp Aquos R8s Series Resmi Hadir di Indonesia. Unggulkan Snapdragon 8 Gen 2 dan Sensor Kamera 1 Inci  

Mobitekno – Sharp, produsen elektronik asal Jepang kembali meluncurkan smartphone premium terbarunya, Aquos R8s Series di Indonesia. Kehadirannya terbilang cukup cepat. Pasalnya Sharp Indonesia baru saja meluncurkan smartphone premium Aquos R7s empat bulan lalu (Juli 2023).

Ada dua model Aquos R8 Series yang dihadirkan di pasar tanah air, yakni Aquos R8s Pro & Aquos R8s. Keduanya datang dengan spesifikasi dan fitur serupa dengan yang diluncurkan di negara asalnya Jepang.

Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia menyatkan bahwa setelah sukses mencuri perhatian di pasar Jepang, Sharp akhirnya memboyong Aquos R8s series ke pasar Indonesia di penghujung tahun 2023.

Aquos r8s series 01
Sharp Aquos R8s Series dihadirkan untuk menjawab kebutuhan konsumen di Indonesia akan sebuah smartphone yang memiliki performa tinggi, fitur cerdas, dan kualitas Jepang yang terkenal kokoh dan tahan lama.

“Kami memboyong produk ini ke Indonesia karena kami melihat tingginya minat penduduk Indonesia terhadap dunia fotografi dan videografi”, ujar Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia.

Meski Aquos R7s sebelumnya belum mendapatkan sambutan besar konsumen ponsel Indonesia, Sharp masih percaya diri dan melihat bahwa pasar smartphone segmen premium/high-end di tanah air masih menyisakan ruang bagi produsen lain, termasuk Sharp.

Sharp optimis Aquos R8s Series disambut positif pasar

Dengan produk yang canggih dan strategi branding serta pemasaran yang konsisten dan terus berkembang ke depan, Sharp meyakini ponsel Aquos R8 Series mereka akan menuai sukses di pasaran. Misalnya, pemasaran Aquos R8s series kali ini, Sharp juga merangkul Erajaya Group dengan jaringan ritelnya yang luas.

Optimisme Sharp sangatlah wajar, dua opsi smartphone premium selam ini (Apple iPhone dan Samsung Galaxy) dianggap masih kurang cukup untuk memenuhi selera konsumen pengguna ponsel tingkat atas di Indonesia yang sangat beragam. Baik yang membutuhkan fitur canggih ataupun untuk menghasilkan konten foto dan video.

Aquos r8s series 13 pro

Aquos r8s series 12 reg warna

Ada banyak keunggulan yang dikedepankan Sharp untuk ponsel flagship Aquos R8s series agar dapat bersaing di pasar smartphone premium. Namun dari sederet keungguan tersebut, Aquos R8s series rata mengunggulkan kemampuan chipset gahar (Snapdragon 8 Gen 2), kamera mumpuni (ukuran sensor 1 inci), dan layar yang ‘kinclong’ (IGZO OLED).

Sharp Aquos R8s Pro

Model terbaik, Aquos R8s Pro mengandalkan spesifikasi tinggi untuk chipset, layar dan modeul kameranya. Untuk panel layar, Aquos R8s Pro datang dengan layar berukuran 6,6 inci (Pro IGZO OLED) dengan resolusi tinggi (2.730x 12.60 piksel, WUXGA+).

Yang juga penting adalah mata pengguna dijamin akan jauh lebih aman dari sinar biru karena Sharp mengkalim layarnya sanggup memfilter separuh (50%) pancaran blue light.

Sesuai targetnya ke konumen fotografi dan videografi, satu andalan Aquos R8s Pro adala kamera. Modul kameranya yang didukung Leica (tidak resmi dinyatakan Sharp karena alasan lisensi) dengan sensor kamera berukuran 1 inci (47MP F/1.9).

Dengan sensor spectrum 14ch yang dapat menangkap 600 titik sumber cahaya, spectrum warnanya menjadi lebih luas sehinggga warna yang ditangkap kamera terlihat lebih natural dan mendekati kondisi asli di lingkungan.

 

Aquos r8s series 11 pro

Selain itu kamera perangkat ini juga dilengkapi dengan depth sensor 1,9MP, menghadirkan pengalaman fotografi portrait dan bokeh. Kamera selfie-nya menggunakan sensor 12MP. Untuk menambah pengalaman fotografi pengguna, Sharp menghadirkan lensa filter berbentuk fisik, yang dipasangkan dengan casing mounting khusus.

Dapur pacu Aquos R8s Pro mengandalkan chipset yang umum dipakai ponsel flagship, yaitu Snapdragon 8 Gen 2 yang didukung RAM 12GB (LPDDR5X) dan media storage 256 GB (UFS 4.0) yang dapat diperluas hingga 1TB.

Sharp juga peduli akan kestabilan Aquos R8s Pro saat digunakan untuk menjalankan tugas berat dan lama, seperti merekam video dan memotret di kondisi ekstrem. Untuk itu, ponsel ini dipasangkan dengan cincin logam kamera di bodi belakang dibuat menggunakan material logam yang dapat menyerap dan mengantarkan panas lebih baik.

Aquos R8s Pro mengandalkan baterainya berkapasitas 5000mAh (pengisian daya 27W) dan mendukung fitur Wireless Charging. Ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan sertifikasi IP68 sehingga aman di gunakan dikondisi basah (bahkan di dalam air) dan berdebu.

Sharp Aquos R8s

Aquos R8s datang dengan layar berukuran 6,39 inci dengan teknologi panel besutan Sharp, IGZO OLED (Full-HD+, refresh rate 240Hz). Panel IGZO OLED diklaim menawarkan kecerahan yang tinggi (hingga 1300nits) dan warna yang lebih kaya. Layar ini ideal untuk penggunaan outdoor.

Panel OLED IGZO diketahui menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan teknologi panel OLED umumnya, seperti konsumsi daya, waktu respons, kerapatan piksel, sensitivitas sentuhan, dan masa pakai yang lebih lama.

Seiring dengan semakin matangnya teknologi dan biaya produksi, Sharp berharap panel OLED IGZO akan semakin populer untuk diaplikasikan ke berbagai produk elektronik.

Aquos r8s series 11 reg

Kamera Aquos R8s mengandalkan sensor kamera utama 50 MP, bersanding dengan Ultra Wide 13 MP. Sementara kamera selfie 8MP menjamin hasil foto berkualitas tinggi.

Chipset Aquos R8s juga menggunakan Snapdragon 8 Gen 2 meski dengan RAM lebih kecil (8GB LPDDR5X. Untuk media storage, juga berkapasitas sama dengan model Pro, yaitu 256GB (UFS 4.0) yang juga dapat diperluas hingga 1TB via MicroSD.

Kapasitas baterainya lebi kecil dari model Pro (4.750mAh) tapi sudah memadai penggunaan standar seharian. Untuk pengisian daya, Aquos R8s mengandalkan charger 15W. Seperti juga model Pro, ponsel ini juga dilengkapi cincin berbahan logan yang dapat menyerap dan mengantarkan panas lebih baik.

Ponsel ini juga sudah mengusung sensor fingerprint dan menariknya sudah bersertifikasi IP68 untuk ketahanan terhadap air dan debu. Desain Aquos R8s terlihat elegan dan klasik yang mengingatkan kita akan desain ponsel Jepang lainnya yaitu Sony Xperia.

Spesifikasi menarik lainnya dari Aquos R8s adalah standar MIL-STD. MIL-STD yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DoD) memastikan bahwa produk tersebut telah layak digunakan oleh militer karena memiliki kualitas terbaik dan tahan terhadap pengujian pada kondisi keras dan ekstrem, seperti drop tests, vibration tests, temperature tests, humidity tests, salt fog tests, sand & dust tests, dan high altitude tests.

Harga dan Ketersediaan Sharp AQUOS R8s Series

Sharp Aquos R8s Series sudah dapat dibeli oleh konsumen di tanah air mulai tanggal 12 Desember 2023. Aquos R8s Pro yang hanya tersedia dalam satu pilihan warna (hitam) akan dijual seharga Rp15.999.000. Adapun Aquos R8s yang tersedia dalam dua opsi warna (biru dan krem) akan dijual seharga Rp12.999.000.

Pembelian secara pre-order Aquos R8s Series dapat dilakukan mulai tanggal 6 Des – 12 Desember 2023. Selama masa pre-order Sharp Indonesia memberikan penawaran menarik bagi konsumen.

Aquos r8s series 10

Aquos r8s series 09

Setiap pembelian Sharp Aquos R8s Pro di Erafone ataupun toko resmi akan mendapatkan voucher Traveloka senilai Rp3.000.000 ditambah voucher gopay senilai Rp1.000.000 dan mendapatkan clear case dan filter lensa untuk 100 pembeli pertama sedangkan pembelian melalui Cocoro life atau e-commerce lain akan mendapatkan voucher Traveloka senilai Rp 3.000.000 dan voucher Gopay senilai Rp500.000 dan cashback senilai Rp 500.000

Sedangkan untuk pembelian Sharp Aquos R8s di Erafone ataupun toko resmi akan mendapatkan voucher Traveloka senilai Rp2.000.000 ditambah dengan voucher Gopay senilai Rp500.0000 sedangkan pembelian melalui Cocoro life atau Ecommerce lain akan mendapatkan voucher gopay senilai Rp300.000 dan cashback sejumlah Rp200.000.

Aquos r8s series 14

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS