November 14, 2023

Sharp Gelar Program Pelatihan Teknisi AC untuk Tingkatkan Kompetensi Masyarakat Masuki Dunia Industri

Penulis: Iwan RS
Sharp Gelar Program Pelatihan Teknisi AC untuk Tingkatkan Kompetensi Masyarakat Masuki Dunia Industri  

Mobitekno – Seiring dengan meningkatnya permintaan produk AC dalam negeri, pada bulan Agusutus 2023 lalu PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) meresmikan pabrik AC yang menjadi pabrik keempatnya di Indonesia guna memenuhi kebutuhan pasar Indonesia akan produk penyejuk udara yang hemat energi dan ramah lingkungan.

Salah satu produsen elektronik besar di Indonesia ini sudah membangun empat pabrik untuk mendukung operasional bisnisnya di Indonesia. Keempat pabrik yang terletak di kawasan Karawang International Industrial City (KIIC), Karawang, Jawa Barat masing-masing membuat produk lemari es, AC, mesin cuci, dan televisi.

053 Foto 3 Bapak Gandhi Satya Mahardika HCM People Development Section Head menjelaskan mengenai kurikulum selama program pelatihan teknisi AC kepada bapak Mu

Pabrik AC Sharp yang didirikan tahun lalu dan mulai beroperasi pada tahun ini diklaim memiliki kapasitas produksi hingga 600.000 unit per tahun. Pembangunan pabrik AC Sharp ini merupakan bagian dari komitmen Sharp Indonesia untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia. Tingginya permintaan akan produk AC di Indonesia tidak terlepas dari posisi geografis Indonesia yang terletak pada garis khatulistiwa.

Selain produksi dan penjualan, Sharp juga fokus pada purna jual produk

Tidak hanya berfokus pada proses produksi dan penjualan, PT SEID pun senantiasa terus meningkatkan layanan purna jualnya sebagai bentuk apresiasi atas loyalitas konsumen setianya agar merasa aman dan nyaman dalam menggunakan produk – produknya.

Dilatar belakangi hal tersebut, sebagai bentuk perhatian Sharp Indonesia terhadap kenyamananan konsumennya, Sharp Indonesia didukung oleh APINDO dan Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Kabupaten Karawang, Jawa Barat menggelar program Pelatihan Teknisi AC untuk masyarakat Karawang dan sekitarnya.

Surya Nusa, ADM Division Head, PT Sharp Electronics Indonesia menyatakan “Kami melihat adanya peningkatan kebutuhan akan teknisi profesional dan handal untuk melayani konsumen setianya kami di masa depan.

Seiring dengan berkembangnya bisnis AC, kami yakin akan semakin banyak konsumen yang memerlukan pendampingan dalam merawat produk AC mereka, oleh karena itu kami harus mempersiapkan armada teknisi AC yang handal”.

053 Foto 4 Ibu Lise Tiasanty Customer Satisfaction Division Head PT Sharp Electronics Indonesia menjelaskan mengenai kurikulum program pelatihan teknsisi AC

Pada tahap awal, pelatihan teknisi AC ini dibuka bagi masyarakat yang berdomilisi di daerah Karawang dan sekitarnya. Kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi Sharp terhadap program pemerintah daerah dalam mengurangi tingkat pengangguran dengan memberikan kesempatan bekerja serta menumbuhkan jiwa wirausaha bagi generasi muda di Karawang.

PLT Bupati Karawang H. Aep Syaepulloh, SE dalam kata sambutannya menyatakan rasa terima kasihnya kepada PT Sharp Electronics atas kolaborasi dengan pemerintah

“Semoga program ini dapat bermanfaat bagi para peserta dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan, kepada para peserta selamat menjalankan pelatihan ini,” ujarnya

Syarat dan Ketentuan mengikuti program pelatihan

Untuk dapat mengikuti program Pelatihan Teknisi AC, peserta harus mendaftarkan diri ke Disnakertrans. Peserta yang memenuhi persyaratan minimum seperti ber KTP Karawang dengan usia minimal 25 tahun, pendidikan minimal SMK, tidak memiliki pekerjaan dan memiliki minat wirausaha.

“Sebanyak 359 orang tercatat telah mendaftar pada program ini namun hanya 26 peserta yang lolos seleksi”, ungkap Surya. Program pelatihan teknisi AC ini akan berlangsung dari tanggal 13 November – 17 November 2023 bertempat di Learning Centre, PT Sharp Electronics Indonesia, Jl . Harapan Raya Lot LL 1 & 2, Telukjambe, Karawang.

053 Foto 1 Bapak Ma Liang Peng Perwakilan Sharp memberikan potongan tumpeng kepada PLT Bupati Karang Bapak H. Aep Syaepuloh
Ma Liang Peng, Business Control GM, PT Sharp Electronics Indonesia memberikan potongan tumpeng kepada H. Aep Syaepuloh selaku PLT Bupati Karawang (114/11/2023).
053 Foto 2 Bapak Gandhi Satya Mahardika HCM People Development Head SEID memaparkan program pelatihan teknisi AC
Gandhi Satya Mahardika, HCM People Development Section Head, PT Sharp Electronics Indonesia memaparkan mengenai maksud dan tujuan dari program pelatihan teknisi AC bagi masyarakat.

H. Abdul Syukur, Ketua DPK APINDO Kabupaten Karawang mengatakan “Kami ucapkan terima kasih kepada PT Sharp Electronics Indonesia yang telah berinisiasi menjalankan program pelatihan teknisi AC. Program ini bertujuan untuk mengurangi tingkat pengangguran di Karawang, tercatat di tahun 2022 – 2023 tingkat pengangguran di Karawang di atas rata rata wilayah Jawa Barat. Sharp merupakan mitra pertama kami dalam menjalankan program pelatihan teknisi. Harapan kami program ini dapat terus berlanjut.”

Selama mengikuti pelatihan para peserta akan dibekali materi seperti pengenalan komponen produk AC, proses perbaikan dan perawatan AC, Sikap dasar seorang teknisi serta pengetahuan berwirausaha.

“Kami harap melalui program ini, akan memacu semangat anak muda Karawang untuk meningkatkan kualitas diri mereka, dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi lingkungan sekitar hingga berkontribusi terhadap pengurangan tingkat penganguran dan meningkatkan pertumbuhan tingkat perekonomian daerah”, jelas Rosmalia Dewi, SH, MH, Kepala Dinas, Disnakertrans Kabupaten Karawang.

Sharp Indonesia telah menyiapkan program lanjutan bagi 3 siswa terbaik program pelatihan ini dengan memberikan pendampingan secara intensif agar para lulusan ini bisa langsung mengaplikasikan pengetahuan mereka. “Kami akan mengevaluasi program dan mempersiapkan untuk membuka program pelatihan di kota-kota lainnya di seluruh Indonesia”, tutup Surya.

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS