July 4, 2023

Punya Ketahanan Tinggi, Goodyear Flight Radial Jadi Ban Resmi Pesawat Airbus A321XLR

Penulis: Iwan RS
Punya Ketahanan Tinggi, Goodyear Flight Radial Jadi Ban Resmi Pesawat Airbus A321XLR  

Mobitekno – Dalam acara Paris AirShow 2023 lalu, Goodyear mengumumkan telah dipilih oleh Airbus untuk memasok ban pesawat Airbus terbaru dengan jangkauan jauh, yaitu A321XLR (Xtra Long Range).

Pesawat Airbus ini akan mulai mengangkut penumpang mulai tahun 2024 melalui produk tercanggih Goodyear untuk industri aviasi, Goodyear Flight Radial.

Goodyear Flight Radial ini digadang memiliki teknologi dan fitur yang mendukung stabilitas konstruksi ban untuk masa pakai yang lebih lama, dan meningkatkan ketahanan ban Flight Radial terhadap gesekan atau sayatan.

Ban yang sangat ringan ini telah mendapatkan sertifikasi system part dari Airbus, yang merupakan produsen pesawat terkemuka dan telah menjadi pionir di dunia internasional dalam mengoptimalkan efisiensi dan pengurangan total berat pesawat.

Ban Goodyear untuk A321XLR 03

Teknologi Featherweight Aluminum Core Bead menggunakan benang aluminium lentur yang berkontribusi pada penghematan berat per ban dengan tetap mempertahankan geometri ban dan manik-manik, juga kekuatan dan daya tahan.

Selanjutnya, teknologi Merged Cord menggabungkan benang karet DuPont Kevlar dengan nilon, menciptakan kombinasi yang meningkatkan kekuatan dan mengurangi berat ban.

Teknologi ini juga mengurangi pertumbuhan casing ban untuk meningkatkan ketahanan terhadap kerusakan akibat benda asing, sambil menawarkan ketahanan aus yang luar biasa untuk usia pemakaian yang lebih panjang.

Teknologi DiamondWeave Belt didesain untuk mengoptimalkan kinerja ban dengan penempatan benang karet khusus yang dioptimalkan untuk keausan pada tapak ban. Hal ini membantu meningkatkan performa ban dan memberikan ketahanan usia pada tapak ban.

“Kami senang telah terpilih oleh Airbus untuk menyediakan ban untuk pesawat baru mereka, A321XLR,” kata Octavian Velcan, Managing Director OTR & Aviation EMEA.

Baginya Goodyear akan terus mengembangkan produk yang mengakomodir kebutuhan konsumen dengan menyeimbangkan kakuatan dan keentengan ban yang akan mendukung performanya dalam mendukung indutri aviasi.

“Objektif utama kami dalam merancang produk ini adalah mencari keseimbangan antara kekuatan yang dibutuhkan dan menjaga ban tetap ringan. Dengan kolaborasi yang kuat dengan Airbus, kami berhasil memberikan desain bead yang optimal dan material luar angkasa yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan bisnis mereka.”

Ban Goodyear untuk A321XLR 01

Meskipun saat ini Goodyear Indonesia tidak secara langsung bergerak dalam industri aviasi di tanah air, tetapi menurut Wicaksono Soebroto, Head of Communciations PT Goodyear Indonesia Tbk, saat ini, perkembangan produksi ban untuk pesawat terbang di tanah air semakin berkembang pesat.

Selain pasar ban mobil, sepeda dan motor, industri ban pesawat terbang masih sangat menjanjikan di Indonesia. Di kawasan ASEAN, Goodyear memiliki pabriknya Thailand termasuk juga untuk fasilitas retread.

“Terpilihnya Flight Radial sebagai OE untuk Airbus A321XLR menjadi pembuktian bahwa teknologi mutakhir dari Goodyear selalu terdepan. Hal ini sejalan dengan dinamika dan konsep Goodyear terbaru untuk eksplorasi semua perkembangan teknologi demi peningkatan kualitas dan format mobilitas dalam kondisi apapun,” tutup Wicaksono.

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS